Tujuan pendidikan Islam pada hadis-hadis populer dalam Shahihain

Fatkhur Rohman

Abstract


The purpose of education in Islam is the most important element in Islamic education. This is indicated by the significant number of verses in the Qur'an and the Prophet's Hadith relating to education or science. There are many studies related to the goals of education in Islam, but have not comprehensively demonstrated the desired educational goals. This study aims to describe the educational objectives of the Prophet's hadith perspective in the book of Shahihain. By using a library approach, the author concludes that the goals of education in the book of Shahihain are devotion to Allah, making students have noble character, goodness in life in the world and the hereafter and forming a strong believer personality.

 

Abstrak

Tujuan merupakan unsur terpenting dalam pendidikan Islam. Hal ini ditandai dengan jumlah ayat dalam Al-Qur’an dan Hadis Nabi yang berkaitan dengan pendidikan atau ilmu pengetahuan cukup signifikan. Banyak penelitian terkait tujuan pendidikan dalam Islam, namun belum secara komprehensif menunjukkan tujuan pendidikan yang dikehendaki. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tujuan pendidikan perspektif hadis Nabi dalam kitab Shahihain bab iman. Dengan menggunakan pendekatan kepustakaan, penulis mengajukan kesimpulan bahwa tujuan pendidikan dalam kitab Shahihain yaitu pengabdian kepada Allah, menjadikan peserta didik berakhlak mulia, kebaikan hidup di dunia dan akhirat serta membentuk pribadi mukmin yang kuat.


Keywords


Akhlak Mulia, Abdullah, Khalifah, Shahihain, Tujuan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Al-‘Asqalani, A. bin A. bin H. (1379). Fath al-Bari Syarh Sahih al-Bukhari: Vol. jilid I. Dar al-Ma’rifah.

Al-Bukhari, A. A. M. bin I. (2002). Shahih Al-Bukhari, Juz I Bab Iman. Daar Ibn Katsir.

Al-Farabi, M. (2020). Tujuan Pendidikan Dalam Perspektif Hadis”. Tazkiya: Jurnal Pen-didikan Islam, 9(2), 48–73.

Ali, M. D. (2008). Pendidikan Agama Islam. Rajawali Pers.

Al-Munawar, S. A. H., Tambak, S., & Kalsum, U. (2005). Aktualisasi nilai-nilai Qu’rani da-lam sistem pendidikan Islam. Ciputat Press.

Al-Naisaburi, A. H. M. bin al-H. I. M. A. Q. (1998). Shahih Muslim. Baitul Afkar Al Dauli-yah.

Al-Naisaburi, A. H. M. bin al-Hajjaj. (261M). Shahih Muslim. Daral-Kutubal-‘Ilmiyah.

An-Nawawi, Y. bin S. (1392). Al-Minhaj Syarah Sahih Muslim: Vol. Jilid I. Dar Ihya’ at-Turas Al-‘Arabi.

Daradjat, Z. (2005). Ilmu Jiwa Agama. Bulan Bintang.

Daud, W. M. N. W. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. Mizan.

Farida, S. N. (2018). HADIS-HADIS TENTANG PENDIDIKAN (Suatu Telaah Tentang Pentingnya Pendidikan Anak). Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis, 1(1).

Fauziyah, N. L. (2018). Pendidikan Akhlak Peserta Didik dan Pendidik Dalam Perspektif Hadis Nabi. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 51–70. https://doi.org/10.38153/alm.v2i1.14

Jalal, A. F. (1977). Min al-Ushul al-Tarbiyah fi Al-Islam. Mesir.

Katni, M. P. I. (2017). Analisis Hadits Nabi Mengenai Fitrah Manusia Untuk Menemukan Tujuan Pendidikan Islam. Tamaddun, 18(2), 1–19.

Khon, H. A. M. (2015). Hadis Tarbawi: Hadis-hadis Pendidikan. Prenada Media.

Mayangsari, R., & Kartika, G. N. (2017). Pendidikan Aqidah Dalam Perspektif Hadits. Transformatif, 1(1), 48. https://doi.org/10.23971/tf.v1i1.661.

Munirah, M. (2017). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadis. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 19(2), 209–222. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n2a7

Muvid, M. B. (2020). Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Tinjauan Hadits (Studi An-alisis Tentang Hadits-Hadits Pendidikan. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1733.

Nasution, H. (1995). Islam Rasional; Gagasan dan Pemikiran. Mizan.

Rasyidin, A. (2009). Percikan Pemikiran Pendidikan: Dari Filsafat Hingga Praktik Pen-didikan. Citapustaka Media Perintis.

Rusli, R. (2017). Klasifikasi Pendidikan Dalam Sudut Pandang Hadis Nabi. Jurnal Pen-didikan Islam, 8(1), 49–66.

Shihab, M. Q. (1997). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Mizan.

Siddik, H. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Hadis. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10(2), 435–461. https://doi.org/10.32489/al-riwayah.9.

Sulaemang, L. (2015). Tujuan Pendidikan dalam Hadis Nabi Shallallahu’Alaihi Wasallam (Saw. &, 8(1), 155–166.

Suryadi, R. A. (2011). Hadits: Sumber Pemikiran Tujuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim, 9(2), 161–185.

Zaim, M. (2019). Al-Qur’an Dan Hadis ( Isu Dan Strategi Pengembangan Pendidikan Is-lam. Muslim Heritage, 4(2), 250.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.5107

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335

Flag Counter

View My Stats