Upaya guru fikih dalam menerapkan model evaluasi pembelajaran daring era pandemi COVID-19

Authors

  • Choirul Anam Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya http://orcid.org/0000-0003-4348-4087
  • Munawir Munawir Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5662

Keywords:

guru fikih, model evaluasi, pembelajaran daring

Abstract

The purpose of this study was to determine the efforts of fiqh teachers in implementing an online learning evaluation model in the era of the covid-19 pandemic at MIN 1 Bojonegoro. The method in this study used a qualitative method with a descriptive study approach. The results in this study are the teacher's efforts when implementing the online learning evaluation model at MIN 1 Bojonegoro at the beginning of its application were still a little disturbed because at the beginning of online learning the teacher modified the evaluation model in fiqh learning so that the evaluation model was following the objectives of learning evaluation and the objectives of the study. education. To carry out all aspects of the evaluation model, the teachers use a variety of useful applications to assist them in evaluating learning using Google Classroom, Google Forms, E-Learning Madrasah KEMENAG and WhatsApp groups. The teachers hope that although learning activities are carried out online, the teachers as much as possible try to be able to apply the learning evaluation model to fiqh lessons even though there are various obstacles and trials.


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru fikih dalam menerapkan model evaluasi pembelajaran daring era pandemi covid-19 di MIN 1 Bojonegoro, Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Hasil pada penelitian ini adalah upaya guru ketika menerapkan model evaluasi pembelajaran daring di MIN 1 Bojonegoro pada awal penerapannya masih sedikit terganggu karena pada awal pembelajaran daring guru melakukan sebuah modifikasi pada model evaluasi pada pembelajaran fikih agar model evaluasi tersebut sesuai dengan tujuan evaluasi pembelajaran serta tujuan dari pendidikan. Untuk melakukan semua aspek pada model evaluasi maka para guru menggunakan berbagai macam aplikasi yang berguna untuk membantu mereka dalam melakukan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom, Google Form, E-Learning Madrasah KEMENAG serta grup WhatsApp. Para guru berharap walaupun kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring namun para guru semaksimal mungkin berusaha agar dapat menerapakan model evaluasi pembelajaran pada pelajaran fiqh walaupun terdapat berbagai halangan serta cobaan.

References

Abdillah, H. T. (2015). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24 (2), 145–151.

Adib, H. S. (2019). EVALUATION OF ISLAM EDUCATION TEACHERS TRAINING IMPLE-MENTATION. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 23 (9), 1689–1699.

Ambarita, J., Jarwati, S. P. K., & Restanti, D. K. (2021). Pembelajaran Luring. Penerbit Adab.

Anam, C. (2020). Berpikir Kritis Dalam Dunia Pendidikan (1 ed.). CV. Madza Media.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. bumi aksara.

Darodjat, D., & Zuchdi, D. (2016). MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN AKIDAH DAN AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pen-didikan, 20 (1), 11–26. https://doi.org/10.21831/pep.v20i1.7517

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Eval-uasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pen-didikan Islam, 10 (1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729

Huemmert, S. H. (2011). Evaluating Evaluators_ An Evaluation of Education in Germa-ny-VS Verlag für Sozialwissenschaften. Dalam Dissertation University of Oxford (Vol. 53). University Of Oxford.

Ismanto, I. (2014). EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9 (2), 211–236. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.773

Jamali, Y. (2018). EVALUASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI PADA SMA NEGERI SE KOTA PANGKALPINANG (Penerapan Model Evaluasi CIPP). Jurnal Ilmiah IS-LAM FUTURA, 53 (9), 1689–1699.

Lubis, R. R., Enita, P., Marpaung, M. A. F., & Harahap, R. (2020). Model Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis Daring Di MTs. Usman Syarif Medan Selama Pandemi Covid-19. el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 3(1), 39-53.

Lubis, R. R., Irwanto, I., & Harahap, M. Y. (2019). Increasing Learning Outcomes and Ability Critical Thinking of Students Through Application Problem Based Learning Strategies. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1 (6), 524–527. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i6.1679

Malik, O. (2011). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30 (1), 1–12.

Noor, K., Mahmudah, L., Muhimmah, I., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2021). Evaluasi Mu-tu Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Tengah Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Pleret Bantul Yogyakarta. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16, 71–82. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4251

Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). PENDEKATAN EVALUASI PROGRAM TY-LER: GOAL-ORIENTED. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18 (1), 137. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644

Ramadhan, S. (2017). Evaluasi Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qayyim Putri Yogyakarta SYAHRI RAMADHAN. Jurnal Al-Thariqah, 2 (1), 39–50.

Rezeki, P. (2020). Teknik Pelaksanaan Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19. at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pen-didikan Islam, 1 (1), 61. https://doi.org/10.31958/atjpi.v1i1.2533

Riadi, A. (2017). Problematika Sistem Evaluasi Pembelajaran. Ittihad: Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15 (27), 1–12.

Ridho, U. (2018). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pen-didikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20 (01), 19. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124

Solichin, M. M. (2017). Pengembangan Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Ranah Afektif. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23 ed.). Alfabeta.

Syafri, Z. (2016). Analisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Rambatan, Tanah Datar. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4 (2), 187. https://doi.org/10.31958/jaf.v4i2.420

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5 (1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Tompong, B. N. K. J., & Jailani, J. (2019). An evaluation of mathematics learning program at primary education using Countenance Stake Evaluation model. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 23 (2), 156–169. https://doi.org/10.21831/pep.v23i2.16473

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Anam, C., & Munawir, M. (2021). Upaya guru fikih dalam menerapkan model evaluasi pembelajaran daring era pandemi COVID-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 512–522. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5662

Issue

Section

Artikel