Pembaharuan pendidikan Islam menurut Muhammad Iqbal

Authors

  • Ridho Riyanto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i4.6401

Keywords:

Muhammad Iqbal, pembaharuan, pendidikan Islam

Abstract

Muhammad Iqbal as a philosopher figure who pays attention to the chaos of Islamic education in his time in his homeland, the renewal of Islamic education that is more constructive, namely Muhammad Iqbal, expressed his criticism in his writings, no matter how inconsistent it is when only western education or only Islamic education is studied individually, by presenting A more comprehensive renewal of Islamic education between the collaboration of western and Islamic education which complements each other. This study uses literature study research, then uses a qualitative descriptive method, which is a thorough research study from data collection to analyzing data descriptively to produce conclusions regarding answers related to Muhammad Iqbal's Islamic education renewal perspective. The results of research on Muhammad Iqbal's thought in Islamic education emphasize individuals who are stressed on the basics of the Koran and Sunnah in living life in realizing a perfect or true human being with a balanced educational process between Western knowledge and traditional Islam, which results in progressive Islamic education.

 

Abstrak

Muhammad Iqbal sebagai filosof muslim sangat memperhatikan kekacauan pendidikan di tanah kelahirannya. Ia menuangkan kritik dalam karya tulisannya mengenai ketidaksesuaian yang terjadi antara pendidikan barat dan pendidikan Islam yang dipelajari secara terpisah. Ia menghadirkan pembaruan pendidikan Islam yang lebih komprehensif, kolaborasi antara pendidikan barat dengan Islam yang saling mengisi, sehingga peserta didik dapat berkembang sesuai dengan jaman yang semakin modern dan canggih. Penelitian ini mengkaji pembaharuan pendidikan Islam perspektif Muhammad Iqbal dengan pendekatan studi pustaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menemukan bahwa pemikiran Muhammad Iqbal dalam pendidikan Islam menekankan pada individu yang menekankan pada dasar-dasar al-Qur'an dan sunnah dalam menjalani kehidupan untuk mewujudkan manusia yang sempurna dengan proses pendidikan yang seimbang antara pengetahuan Barat modern dan Islam tradisional, yang menghasilkan pendidikan Islam yang berkemajuan.

Author Biography

Ridho Riyanto, Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan

References

Ahmad, M. (1995). Metafisika Persia dan Iqbal, Terj: Joebar Ajoeb. Mizan.

Ahmadi, A. S. (2022). Pemikiran Filosofi Pendidikan Islam Muhammad Iqbal. 11(01), 31–44.

al-Nadwi, A. H. (1987). Pendidikan Islam yang mandiri, Terj: Afif Muhammad. Dunia Ilmu.

al-Nadwi, S. (1995). Muhammad Iqbal wa Qadaya al-Tajdid. Studia Islamika, II(1).

Azzam, A. W. (1985). Filsafat dan Puisi Iqbal, terj: Ahmad Rofi'i Utsman. Pustaka.

Bilgrami, H. H. (1982). Iqbal Sekilas Tentang Hidup dan Pikiran-Pikirannya, terj: Djohan Effendi. Bulan Bintang.

Esposito, J. L. (t.t.). Muhammad Iqbal and The Islamic State. Oxford University Press.

Hadi, A. W. M. (1986). Iqbal Pemikir Sosial Islam dalam Syair-Syairnya. HLMT Pantja Simpati.

Hidayatullah, S. (2013). "Perspektif Filosofis Sir Muhammad Iqbal tentang Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam, II(2).

Hidayatullah, S. (2018). Epistemologi Pemikiran Sir Muhammad Iqbal. Epistemologi Pemikiran Sir Muhammad Iqbal, 24(1), 94–118. https://doi.org/10.22146/jf.34761

Iqbal, M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Iqbal, M. (1950). The Secrets of The Self: A Philoshopical Poem, Terj: R.A. Nicolson. Syeikh Mohammad Asraf Kasmiri Bazar.

Iqbal, M. (1981). The Reconstruction of Religious Thought in Islam. Kitab Bhaven.

Iqbal, M. (1982). Sebuah Pengantar: Membangun Kembali Pemikiran Agama dalam Islam, Terj: Ali Audah dkk. Tintamas.

Iqbal, M. (1994). Rekonstruksi Pemikiran Iqbal: Studi Tentang Konstribusi Gagasan Iqbal dalam Pembaruan Islam. Kalam Mulia.

Iqbal, M. (2008). Rekonstruksi Pemikiran Agama dalam Islam. Jalasautra.

Kartono, K. (1989). Pengantar Metodologi Research. ALUMNI.

Lubis, M. I., Hitami, M., & Alpizar. (2022). Pemikiran Muhammad Iqbal: Pengaruh Rekonstruksi Pendidikan Islam pada Dunia Pendidikan Tinjauan Filosofis Antropologis. 3, 99–108.

Munir, M. A. (2017). Rekonstruksi Pendidikan Islam (Studi Kritis Filsafat Pendidikan Islam Muhammad Iqbal). El-Tarbawi, X(1), 1–18.

Muflihin, A. (2012). "Biografi Sir Muhammad Iqbal.” 6 April 2012. https://ihind182.blogspot.com/2012/04/biografi-sir-muhammad=iqbal.html

Nasr, S. H. (1996). Intelektual Islam: Teologi, Filsafat dan Gnosis, Terj: Suharsono (Cet II). Pustaka Pelajar.

Nasution, H. (1990). Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Bulan Bintang.

Nasution, H. (1999). Filsafat Islam. Gaya Media Pratama.

Puspitasari, R. (2018). Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal. 3(2), 284.

Rachman, L. (1992). Obsesi Iqbal Menolak Nasionalisme. SURYA.

Rahmalia. (2009). "Dialog Epitemologi Moh. Iqbal dan Cahrles S. Peirce” (Makalah Bedah Buku). https://nrahmalia.blogspot.com/2009/12/makalah-bedah-buku-dialog-epistemologi.html

Rahman, F. (1985). Islam dan Modernitas: Tentang Transformasi Intelektual, Terj: Ahsin Mohammad. Pustaka.

Saefuddin, D. (2003). Pemikiran Modern dan Postmodern Islam. Gresindo.

Saiyidain, K. G. (1945). Iqbal's Educational Philosophy. Kashmiri Bazaar.

Saiyidain, K. G. (1981). Percikan Filsafat Iqbal Mengenai Pendidikan, Terj: M.I. Soelaeman. Diponegoro.

Salam, A. (2013). "Dialog Epistemologis dalam Filsafat Pengetahuan Muhammad Iqbal.” 15 November 2013. https://lallangsalam.blogspot.com/2013/07/dialog-epistemologis-dalam-filsafat.html

Shiddiqi, N. (1996). Jeram-Jeram Peradaban Muslim (Cet I). Pustaka Pelajar.

Siddik, A. (1984). Islam dan Filsafat. PT. Triputra Masa.

Smith, W. C. (1979). Modern Islam in India, A Social Analysis. Usha Publication.

Sudarsono. (1997). Filsafat Islam. Rineka Cipta.

Suharto, T. (2011). Filsafat Pendidikan Islam. Arryuz Media.

Syahroni. (1987). Konsep Pendidikan Munurut Filsafat Iqbal dan Manfaatnya Bagi Manusia.

Syarif, M. M. (1996). A. History of Muslim Philosophy. Otto Horrossowitz, II, 1614.

Umam, Z. K. (2020). Puisi dan Hidup Muhammad Iqbal, Penyair-Filsuf Pembuka Zaman Baru. 23 April 2020. https://tirto.id/puisi-dan-hidup-muhammad-iqbal-penyair-filsuf-pembuka-zaman-baru-eQdp

Walid, K., & Salik, M. (2022). Rekonstruksi Pemikiran Agama dalam Mencegah Kemunduran Moralitas Pemuda (Telaah Pemikiran Sir Muhammad Iqbal). Jurnal Filsafat Indonesia, 5(1), 47–52.

Zaenal, A., & Taufik, I. M. (2018). Perbandingan tujuan pendidikan untuk membentuk manusia ideal menurut Paulo Freire dan Muhammad Iqbal. Suhuf, 30(1), 1–18.

Zulkarnain. (2016). Filsafat Khudi Mohammad Iqbal Dan Relevansinya Terhadap Masalah Universitas Islam Negeri. 1–110.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Riyanto, R. (2022). Pembaharuan pendidikan Islam menurut Muhammad Iqbal. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 557–573. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i4.6401

Issue

Section

Artikel