Pengembangan buku cerita anak menyisipkan budaya keislaman di RA As-Sa'adah Bantur

Authors

  • Siti Saidatus Salamah Universitas islam Malang
  • Ari Ambarwati Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Moh. Badrih Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7148

Keywords:

Buku Cerita Anak, Budaya Setempat, Perilaku Keislaman

Abstract

This study aimed to develop children's storybooks based on the Islamic values and behavior in Islamic culture and its implementation in storytelling learning for RA level. The development of children's storybooks was carried out by inserting the local Islamic culture. This type of this research was research and development by using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The children's storybook development with the tagline "Cerdas Berbudaya” contains 3 themes (Plants, My Environment, and the Universe). The results of the book development contain local Islamic culture such as (the term megengan in welcoming the beginning of the fasting month, fasting Ramadan, ater-ater or charity). After conducting limited trials and further trials in storytelling learning, an evaluation then was carried out until the results showed that the children's storybooks were suitable to be used in storytelling learning at the RA level.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita anak berdasarkan nilai dan perilaku keislaman dalam budaya Islam serta pengimplementasiannya dalam pembelajaran bercerita untuk tingkat RA. Pengembangan buku cerita anak dilakukan dengan menginsersi budaya keislaman daerah setempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan buku cerita anak bertagline "Cerdas Berbudaya” memuat tiga tema (Tanaman, Lingkunganku, dan Alam Semesta). Hasil pengembangan buku tersebut memuat budaya keislaman setempat seperti (istilah megengan dalam menyambut awal bulan puasa, puasa Ramadhan, ater-ater atau bersedekah). Setelah dilakukan uji coba terbatas dan uji coba lanjutan dalam pembelajaran penyampaian cerita, kemudian dilakukan evaluasi sampai didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa buku cerita anak tersebut layak untuk digunakan dalam pembelajaran bercerita tingkat RA.

References

Agustianti, D., & Jazariyah, J. (2021). The Role of Parenting in the Development of Talents and Interest of Children. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 251-261.

Alfin, J., Rosyidi, Z., & Abdillah, H. (2018). Pengembangan kemampuan berbicara bahasa Indonesia anak umur 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media televisi bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(02), 271-280.

Ambarwati, A. (2017). Penguatan Karakter Gemar Membaca Melalui Cerpen Humor untuk Anak Sekolah Dasar. Konferensi Nasional, 1, 1-3.

Anafiah, S. (2014). Pemanfaatan Sastra Anak sebagai Media Penanaman Wawasan Multikultural. Trihayu, 1(1), 259079.

Ashar, E. R. (2017). Pembentukan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Anak Usia TK. QAWWAM, 11(2), 121-132.

Fatimah, E. L., & Yulianingsih, Y. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini dengan Penggunaan Media Film Animasi "Nussa dan Rara”. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 74-83.

Fauzia, S. N. (2015). Perilaku keagamaan islam pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 303-318.

Hapidin, Y. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), November, DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.102.01.

Harits, I. W., Chudy, S., Opletalova, A., & Vicherkova, D. (2015). Vicarious Experience by Modeling and Comparing of Children Stories from Czech and Madura Island: Behavior and Moral Perspectives. Creative Education, 06(07), 683–691. https://doi.org/10.4236/ce.2015.67069

Kartika. (2015). Meningkatkan Jiwa Sosial Anak Melalui Karya Sastra Berupa Dongeg (Kajian Sastra Anak). Jurnal STILISTIKA, 8( 2)Juli – Desember, hlm 102.

Kurnia, A., Susanti, S., & Mangkuwibawa, H. (2021). Hubungan Antara Aktivitas Bermain Peran Dengan Kecerdasan Emosional Anak. Jurnal Golden Age, 5(01), 14-22.

Kuswanto, K. (2020). Relevansi Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara Dengan Paud Di Indonesia. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 5(2), 75-81.

Maulina, I., Hermanto, H., & Ruhama, U. (2020). Pemanfaatan Lagu Tradisional Melayu Kalimantan Barat Untuk Meningkatkan Vocabulary Anak Usia Dini. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 5(2), 120-128.

Meliala, R. R. S., Widodo, S. T., & Subiyantoro, S. (2018). Analisis diksi, gaya bahasa, dan citraan dalam empat cerita anak Indonesia karya Murti Bunanta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1), 95-105.

Munawwarah, H., & Maemonah, M. (2021). Pendidikan Karakter Anak Perspektif Aliran Filsafat Behaviorisme. Jurnal Golden Age, 5(01), 71-82.

Neina, (2018). Dongeng Abad 21: Modernisasi Sastra Anak Berbasis Psikologi Perkembangan. Jurnal sastra Indonesia, 7(3).

Pahenra, P., Winarni, W., Salma, S., Amaludin, R., & Amalia, W. S. (2021). Engklek: A Traditional Play to Improve Children's Cognitive. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 198-210.

Panglipur, P. J., & Listiyaningsih, E. (2017). Sastra Anak Sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa dan Sastra untuk Menumbuhkan Berbagai Karakter di Era Global. FKIP e-PROCEEDING, 687-696.

Permendikbud No 146 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Pramitasari, M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2018). Pengembangan media sliding book untuk pengenalan sains kehidupan (life science) kelautan untuk anak usia 6-7 tahun. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 281-290.

Sari, P., & Marlina, S. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 4 Tahun di Dusun Cempaka Putih. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 229-238.

Saripudin, A. (2021). Development of Storybook to Improve Early Children's Reading Ability. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 262-273.

Silaswati, D., Bulan, D. R., SS, M., & Hermawan, D. (2019). Model Pembelajaran Apresiasi Kajian Sastra Terpadu Untuk Penguasaan Empat Aspek Keterampilan Berbahasa. Metamorfosis:Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(2), 26-39.

Sofia, A., & Irzalinda, V. (2021). The Effect of Parents Interaction with Early Child's Emotional Intelligence. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 176-186.

Syarah, E. S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konservasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 231-240.

UU RI no 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wearmouth, J. (2017). Employing culturally responsive pedagogy to foster literacy learning in schools. Cogent Education, 4(1), 1295824.

Zuhroh, A. (2021). The Effect of Kaneta Media Implementation on the Early Reading Ability of Children. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2) September, Homepage: www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Salamah, S. S., Ambarwati, A., & Badrih, M. (2022). Pengembangan buku cerita anak menyisipkan budaya keislaman di RA As-Sa’adah Bantur. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 240–256. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7148

Issue

Section

Artikel