Peran pendidikan pandu dalam meningkatkan kepemimpinan peserta didik di Sekolah Pemimpin MA Hidayatullah Depok

Authors

  • Sayyidah Laila Lathiefah University of Ibn Khaldun
  • Oking Setia Priatna Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hasan Basri Tanjung Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i1.7252

Keywords:

Pendidikan Pandu, Kepemimpinan, Peserta didik.

Abstract

This study aims to determine the role of Scout Education in Improving Student Leadership at the Leader School of MA Hidayatullah Depok. This research is a qualitative research with data collection techniques in the form of observation studies, interviews and documentation. The results of this study reveal several important things: First, the implementation of scout education at the Leader School of MA Hidayatullah Depok is carried out like scouts in general, only the difference is that it combines two curricula, namely the national (kemenag) curriculum with an integral curriculum based on monotheism. Second, the leadership of the students at the Leader School of MA Hidayatullah Depok is good, this can be seen from the skills in mobilizing other students and the responsibility for the mandate given. Third, the role of scout education in improving the leadership of students at the Leader School of MA Hidayatullah Depok, among others, namely being trustworthy towards the assigned tasks, skilled in communication, brave in making decisions, having a straight aqidah, increasing intellectual and spiritual intelligence, being honest, initiative and able to work together with other people.

Abstrak                                  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pendidikan Pandu dalam Meningkatkan Kepemimpinan Peserta didik di Sekolah Pemimpin MA Hidayatullah Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal penting: Pertama, pelaksanaan pendidikan pandu di Sekolah Pemimpin MA Hidayatullah Depok dilaksanakan seperti pramuka pada umumnya, hanya saja yang membedakan ialah mengombinasikan dua kurikulum, yaitu kurikulum nasional (Kemenag) dengan kurikulum integral berbasis tauhid. Kedua, kepemimpinan peserta didik di Sekolah Pemimpin MA Hidayatullah Depok sudah baik, hal tersebut terlihat dari kecakapan dalam menggerakkan peserta didik yang lain dan tanggung jawab terhadap amanah yang diberikan. Ketiga, peran pendidikan pandu dalam meningkatkan kepemimpinan peserta didik di Sekolah Pemimpin MA Hidayatullah Depok di antaranya yaitu amanah terhadap tugas yang diberikan, terampil dalam berkomunikasi, berani dalam mengambil keputusan, memiliki aqidah yang lurus, meningkatkan kecerdasan intelektual dan spiritual, jujur, inisiatif dan mampu bekerjasama dengan orang lain.

References

Akrim, A., Tobroni, T., Hady, S., & Latipun., L. (2019). Menjadi Generasi Pemimpin: Apa Yang Dilakukan Sekolah?. Yogyakarta: Bildung.

Al Azizi, N. Q. U. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Pendidikan Karakter Kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 40-50. http://dx.doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2793

Ariyanti, N., & Himsyah, U. Z. A. (2021). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Profetik Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara Melalui Kegiatan Kepramukaan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 27-40. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v6i1.4348

Az-Zuhaili, W. (2020). Al-Tafsir Al-Munir Fi Aqidah, Syariah, Manhaj. Depok: Gema Insani.

Bashori, B., Yolanda, M., & Wulandari, S. (2020). Konsep Kepemimpinan Abad 21 Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). 123-138. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i2.1849

Departemen Agama RI. (2019). Al-Qur'an dan Terjemahannya, Jakarta: CV Darus Sunah.

Departemen Pendidikan Dan Menengah Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah. (2018). Panduan Umum Gerakan Pandu Hidayatullah (Gph).

Djojodibroto, R. D. (2012). Pandu Ibuku: Mengajarkan Budi Pekerti, Membangun Karakter Bangsa. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Fadhli, M. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Profetik Dalam Lembaga Pendidikan Islam. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 116-127.

Ginanjar, M. H. (2018). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Masjid. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01). 1-21.

Hadi, A., Asrori, A., & Rusman, R. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas: Cv. Pena Persada.

Hakim, A. (2013). Kepemimpin Berbasis Nilai-nilai Islami. Semarang: Unissula Press.

Hamdiah, H. (2021). Perilaku Kepemimpinan Dalam Pandangan Islam. Proceeding: Islamic University Of Kalimantan.

Husna, F. (2017). Kepemimpinan Islami Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Misykat, 2(2), 131-154. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v2n2.131-154

Marliani, L., & Djadjuli, R. D. (2019). Menakar Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara Di Era Globalisasi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(2), 74-80. http://dx.doi.org/10.23969/kebijakan.v10i2.1654

Nasukah, B., Harsoyo, R., & Winarti, E. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Profetik Di Lembaga Pendidikan Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(1), 52-68.

Octavia, E. (2017). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Sikap Kepemimpinan Siswa Di Smp Negeri 4 Sidoarjo Kabupaten. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(02). 318-332.

Putro, R. W. S. (2017). Kiasan Dasar Gerakan Pramuka Sebagai Penguat Jati Diri Bangsa Indonesia. Prosiding Tep & Pds Universitas Negeri Malang, Hal. 1068-1080.

Raihan, R. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Sahadi, S., Taufiq, O. H., & Wardani, A. K. (2020). Karakter kepemimpinan ideal dalam organisasi. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(3), 513-524. http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v6i3.3990

Samsu, S. (2017). Metode Penelitian:(Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development). Jambi: Pusaka.

Septianingrum, A., Susanto, H., & Sumargono, S. (2019). Analisis Kepemimpinan Siswa Dalam Penerapan Media Permainan Monopoli Dan Simulasi Pada Pembelajaran Sejarah. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya dan Pengajarannya, 13(1), 74-83. http://dx.doi.org/10.17977/um020v13i12019p74

Seviarica, H. P., Hikmah, M. N., Fauzi, R., & Hakim, R. L. (2022). Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Perspektif Gender. ALSYS, 2(1), 33-53. https://doi.org/10.36088/alsys.v2i1.140

Sugiarto, R., T., Dkk. (2021). Sejarah Pramuka Dunia. Hikam Pustaka.

Thaib, M. I. (2018). "Kepemimpinan Pendidikan dalam Islam." Intelektualita 4, 66-95.

ThaibYusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zahara, E. (2018). Peranan komunikasi organisasi bagi pimpinan organisasi. Warta Dharmawangsa, (56). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.8

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Lathiefah, S. L., Priatna, O. S., & Tanjung, H. B. (2022). Peran pendidikan pandu dalam meningkatkan kepemimpinan peserta didik di Sekolah Pemimpin MA Hidayatullah Depok. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 143–154. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i1.7252

Issue

Section

Artikel