Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri

Authors

  • Bambang Karyadi Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14843

Keywords:

kecerdasan buatan, pembelajaran mandiri, pendidikan

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sudah modern, dimana teknologi modern ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang bertujuan agar memudahkan dan memberikan kenyamanan dalam hidupnya. Teknologi modern yang dikembangkan dan mulai digunakan saat ini yaitu kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI), Robot dan internet of things (IoT).

Dalam dunia Pendidikan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan peserta didik dapat memanfaatkan teknologi modern yaitu kecerdasan buatan (AI). Dalam memanfaatkannya selain dapat mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah atau kampus, juga dapat mendukung pembelajaran secara mandiri.

Pemanfaat teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam mendukung pembelajaran tidak berarti menggantikan peran pendidik. Karena, peran penting dari pendidik itu adalah mengajar, mendidik dan melatih untuk membangun keterampilan, pengetahuan dan akhlak peserta didik.

References

Hakim, Lukman. Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan. https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan. (diakses. 01 Juli 2023)

Karyadi, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) dan Ekspositori Serta Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Keahlian Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Jurnal Teknologi Pendidikan, 16-27.

Rizky, M., & Subiyakto, A. (2022). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Menghadapi Pademi Covid-19: Systematic Literatur Riview. Jurnal Sistem Cerdas, 46-52.

Tjahanti, L. P., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. KOMTEKS, 15-21.

Yasin, Mohamad. Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran. https://komnasdikkediri.or.id/ (diakses. 01 Juli 2023)

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(02), 253–258. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14843

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)