SOCIETY 5.0: HOTS LEARNING OF SOTA (STATE OF THE ART)
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2847Keywords:
Society 5.0, HOTS, SOTA (State of the Art)Abstract
Pendekatan kognitif Piaget dan Vigotsky untuk psikologi pendidikan dalam pembelajaran, memberi kontribusi penting dan signifikan pada konstruk ekuilibrasi serta aplikasinya. Perkembangan kognitif yang dihubungkan dengan dua keterampilan bahasa reseptif yaitu adanya keterampilan pemahaman dan membaca. Dengan perkembangan keterampilan membaca dan memahami sehingga tercipta pemahaman yang saling berkaitan dengan implikasi sosial budaya yang signifikan. Pada tataran pendidikan yang telah tersusun pada programnya maka pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam upaya meningkatkan kebutuhan untuk kritik dari siswa seakan dunia pendidikan perlu mengadakan program-program pendukung sebagai administrator sekolah dan pemangku kepentingan sebelum mengimplementasi pembelajaran. Pembahasan ini focus pada pembelajaran berbasis teknologi dan informasi dalam menghadapi era 4.0. Dengan program yang memfasilitasi guru dengan perkembangan teknologi dengan mengadakan program pelatihan guru maka pembelajaran akan lebih dapat efisien sehingga siswa yang mendapatkan pengajaran tersebut akan menimbulkan cara berpikir tingkat tinggi yang lebih kooperatif dan bermakna pada tingkat keterampilan berpikirnya dan pemahamannya.
References
Bruno Salgues, 2018, "Technological Prospects and Social Applications Set (Society 5.0)”, First published 2018 in Great Britain and the United States by ISTE Ltd and John Wiley & Sons, Inc.
Hamidreza Babaee Bormanaki, 2017. "The Role of Equilibration in Piaget's Theory of Cognitive Development and Its Implication for Receptive Skills: A Theoretical Study”. ISSN 1798-4769 Journal of Language Teaching and Research, Vol. 8, No. 5, pp. 996-1005, September 2017 DOI: http://dx.doi.org/10.17507/jltr.0805.22
Paige D. Sydoruk, 2018. "An Analysis of the Higher Order Thinking Requirements of a Grade 8 Online-Based English Language Arts Skills Program”.Seton Hall University Dissertations and Theses (ETDs). 2495. https://scholarship.shu.edu/dissertations/2495
Tan Shin Yen, Siti Hajar Halili, "Effective Teaching Of Higher-Order Thinking (Hot) In Education”, The Online Journal of Distance Education and e-Learning, April 2015 Volume 3, Issue 2
Sydoruk, Paige D., "An Analysis of the Higher Order Thinking Requirements of a Grade 8 Online-Based English Language Arts Skills Program" (2018). Seton Hall University Dissertations and Theses (ETDs). 2495.
Siti Rohmi Yuliati & Ika Lestari. "Higher-Order Thinking Skills (Hots) Analysis Of Students In Solving Hots Question In Higher Education” PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan - Vol. 32 No. 2 Oktober 2018.
Irina M. Verenikina. "Vygotsky in Twenty-First-Century research”, In J. Herrington & B. Hunter (Eds.), Proceedings of World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia and Telecommunications (pp. 16-25). Chesapeake, VA: AACE
Dr. Marta Topçiu and Dr. Johana Myftiu. "Vygotsky Theory on Social Interaction and its Influence on the Development of Pre-School Children”, ISSN 2411-9563 (Print) ISSN 2312-8429 (Online) European Journal of Social Sciences Education and Research May-August 2015 Volume 2, Issue 3
Karim Shabani, Mohamad Khatib, Saman Ebadi. "Vygotsky's Zone of Proximal Development: Instructional Implications and Teachers' Professional Development” English Language Teaching Vol. 3, No. 4; December 2010
Irina Verenikina. "Vygotsky's Socio-Cultural Theory and the Zone of Proximal Development”, In H. M. Hasan, I. M. Verenikina & E. L. Gould (Eds.), Expanding the Horizon. Information Systems and Activity Theory (pp. 4-14). Wollongong: University of Wollongong Press.
Zultoni Lubis, Abdul Hasan Saragih, Ibrahim Gultom. "Learning Aqeedah Students who Learned with the Point Conterpoint Learning Model in Integrated Islamic Junior High School in Deli Serdang 2019-2020”. Budapest International Research in Linguistics and Education Sciences (BirLE)
Siti Mayang Sari, Anita Yus, M. Syukri Azwar Lubis. "Efforts To Improve Higher Order Thinking Skills And Scientific Attitudes By Applying Problem-Based Learning Model”, International Research Journal of Education and Sciences (IRJES) Vol. Issue 2, 2019 eISSN 2550-2158
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |