Manfaat Pembelajaran Eksplorasi, Elaborasi, Dan Konfirmasi Pada Tanggung Jawab Guru

Authors

  • Siti Mayang Sari STKIP Bina Bangsa Banda Aceh
  • Yamnur Mahlia
  • Winning Amintas Kartika Waruwu Sari
  • Jalaluddin Jalaluddin

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6268

Keywords:

, Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi, Tanggung Jawab.

Abstract

Setiap guru memiliki tanggung jawab untuk melakukan kegiatan mengeksplorasi, mengelaborasi, dan mengkonfirmasi saat mengadakan proses belajar mengajar dengan menggunakan gadget sebagai perangkat tambahan pembelajaran e-learning yang dilakukan pada proses belajar. Namun terkadang sebagian guru kurang bertanggung jawab dalam pembelajarannya dengan menggunakan kurikulum yang berlaku. Tanpa disadari seorang guru saat mengajar harus dapat mengaplikasikan ketiga komponen kegiatan belajar tersebut. Pentingnya pelatihan serta sosialisasi tentang kegiatan pembelajaran yang menggunakan tiga komponen kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu mengkaji literatur jurnal terdahulu dengan mendeskripsikan hasil penelitian yang berkaitan dengan penulisan ini. Tujuan penulisan ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal menurut penelitian terdahulu tentang bagaimana tanggung jawab guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan tiga komponen diatas. Sehingga akan mendapatkan sebuah kesimpulan yang signifikan terhadap kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dapat dilakukan dengan bimbingan serta tanggung jawab dari guru melalui bimbingan dan pelatihan guru.

References

Aisyah, Siti, Mukti Amini, Titi Chandrawati, dan Dian Novita. 2014. "Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.” Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini 1–43.

Budiastuti, Dyah, dan Agustinus Bandur. 2018. Validitas Dan Reliabilitas Penelitian.

Cahyani, Inne, M. Givi Efgivia. 2021. Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya di Kelas IX SMP Negeri 1 Ciampea Kabupaten Bogor”. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 6, No.1.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. "Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.

Konfirmasi, D. A. N., E. E. K. Serta, Kebencanaan Sebagai, Bahan Ajar, Mata Pelajaran, and Geografi Sma. 2012. "Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK) Serta Kebencanaan Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Geografi Sma/Ma Di Kabupaten Rembang.” Edu Geography, Vol 1, No.2, 1–5.

Luthfi, Eva, dan Fakhru Ahsani. 2020. "Strategi Orang Tua Dalam Mengajar Dan Mendidik Anak Dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Al_Athfal. Vol 3, No. 1, 37–46.

Marharjono. 2020. "Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol 5, No. 1, 56–63.

Metode, Keefektifan, and Field Trip. 2013. "Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bogares Kidul 02 Kabupaten Tegal.”

Nurmiati, Siti. 2019. "E-Learning Mempermudah Pelaksanaan Proses Belajar Distance Learning.” Sainstech: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Sains Dan Teknologi.

Puspitorini, Ferawaty. 2020. "Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Kajian Ilmiah.

Sari, Mayang, and M. Syukri Azwar Lubis. 2019. "Terapan Multimedia Meningkatkan HOTS dan Hasil Belajar Siswa SD Melalui Model Inkuiri Terbimbing.” 3:834–37.

Sari, Siti Mayang, Chairul Fauzi, Winning Amintas, Kartika Waruwu, Bina Bangsa, Getsempena Meulaboh, Sekolah Tinggi Ilmu, Hukum Muhammadiyah Takengon, and Universitas Negeri Medan. 2021. "Pengaruh Metode Assesment Proses Kontrol.” (1):98–103.

Sd, Siswa, D. I. Masa, Erika Siti, Mayang Sari, and Yamnur Nurmahlia. 2018. "Manfaat Gadget Sebagai Sumber Belajar Online Siswa SD Di Masa Pandemi Covid-19.”

Sriadhi. 2015. "Analisis Karakteristik Media Pembelajaran Dan Motivasi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.” EducanduM Vol 8, 37–47.

Supardan, Dadang. 2016. "Teori Dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.” Edunomic Vol 4, No. 1, 1–12.

Syaparuddin, Meldianus, dan Elhami. 2018. "Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Downloads

Published

04-01-2022

How to Cite

Sari, S. M., Mahlia, Y., Sari, W. A. K. W., & Jalaluddin, J. (2022). Manfaat Pembelajaran Eksplorasi, Elaborasi, Dan Konfirmasi Pada Tanggung Jawab Guru. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 89–95. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6268

Issue

Section

Artikel