Penggunaan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Tentang Jaring-Jaring Bangun Ruang Dengan Menggunakan Model Discovery Learning

Authors

  • Reni Royani Sekolah Dasar Negeri Bantar Kemang 1

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8770

Keywords:

Discovery Learning, Google Classroom, Jaring-Jaring Bangun Ruang, Mata Pelajaran, Matematika Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik  pada mata pelajaran Matematika  tentang jaring-jaring bangun ruang melalui apliaksi google classroom kelas V  SD Negeri Bantarkemang 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengukur besarnya peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang jaring-jaring bangun ruang setelah mengunakan model discovery learning melalui aplikasi google classroom di kelas V  SD Negeri Bantarkemang 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model discovery learning melalui aplikasi google classroom dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas V SD Neegeri Bantarkemang 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Sebelum menggunakan model discovery learning melalui aplikasi google classroom prestasi hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 68,31 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan media social youtube melalui aplikasi google classroom menjadi 75,31  pada siklus 1 dan 82,03 pada siklus 2.

References

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2015). Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hisyam, Z. (2004). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Rustaman, N. (2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama.

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Royani, R. (2022). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Tentang Jaring-Jaring Bangun Ruang Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 239–250. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8770

Issue

Section

Articles