Penggunaan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Tentang Jaring-Jaring Bangun Ruang Dengan Menggunakan Model Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8770Keywords:
Discovery Learning, Google Classroom, Jaring-Jaring Bangun Ruang, Mata Pelajaran, Matematika Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika tentang jaring-jaring bangun ruang melalui apliaksi google classroom kelas V SD Negeri Bantarkemang 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengukur besarnya peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang jaring-jaring bangun ruang setelah mengunakan model discovery learning melalui aplikasi google classroom di kelas V SD Negeri Bantarkemang 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model discovery learning melalui aplikasi google classroom dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas V SD Neegeri Bantarkemang 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Sebelum menggunakan model discovery learning melalui aplikasi google classroom prestasi hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 68,31 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan media social youtube melalui aplikasi google classroom menjadi 75,31 pada siklus 1 dan 82,03 pada siklus 2.References
Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, H. (2015). Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta.
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hisyam, Z. (2004). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Rustaman, N. (2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama.
Sardiman, A.M. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |