Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 6 Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8741Keywords:
Hasil Belajar Peserta Didik, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Menulis Teks Eksposisi, Model Discovery LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis teks eksposisi pada kelas VIII B SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning di kelas VIII B SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. (3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis teks eksposisi setelah menggunakan model discovery learning di kelas VIII B SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model discovery learning dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIII B SMP Negeri 6 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model discovery learning hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 66,91 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model learning discovery learning menjadi 75,00 pada siklus 1 dan 82,21 pada siklus 2References
Ali. (2000). Belajar Aktif dan Terpadu. Surabaya: Duta Graha Pustaka.
Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurjamal, D. dan Sumirat. W. (2010). Penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia untuk Memandu Acara: MC-Moderator, Karya Tulis Akademik, dan Surat Menyurat. Bandung: CV. Alfabeta.
Santoso, H. (2011). Peran Buku Bacaan dan Lingkungan dalam Menunjang Perkembangan Bahasa Anak. Artikel Pustakawan Perpustakaan UM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |