TANTANGAN PENGAJARAN DARING DI MASA PANDEMI: SEBUAH STUDI KASUS EKSPLORATORI

Penulis

  • Maulidia Rachmawati Nur
  • Andini Rahma Az Zahra

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v1i1.4502

Abstrak

Pandemi covid 19 merubah banyak kondisi kehidupan sosial manusia secara
global, termasuk di sektor Pendidikan. Hal inipun berdampak pada potret pendidikan di Indonesia. Di sektor pendidikan, salah satu kebijakan Pemerintah Indonesia saat ini adalah dengan menerapkan pembelajaran daring (online learning) di seluruh level pendidikan, baik di tingkat dasar, menengah maupun di Perguruan Tinggi di daerah daerah yang termasuk zona merah pandemi. Pembelajaran daring atau disebut dengan "online learning” adalah kegiatan belajar mengajar dimana semua proses belajar dan mengajar dilakukan dari rumah. Diubahnya pembelajaran yang dibiasa dilakukan secara
tatap muka menjadi daring tentu menghadirkan banyak masalah dan tantangan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk memotret pengalaman guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran daring, yang berfokus pada tantangan yang dihadapi. Studi kasus eksploratori digunakan sebagai desain penelitian dalam riset ini. Panduan wawancara dengan pertanyaan terbuka digunakan sebagai alat/instrumen untuk
mendapatkan data menegenai pengalaman dua orang Guru dalam proses pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menjelaskan beberapa tantangan dan masalah yang dihadapi selama proses pembelajaran daring

Diterbitkan

2020-05-01

Cara Mengutip

Rachmawati Nur, M., & Rahma Az Zahra, A. (2020). TANTANGAN PENGAJARAN DARING DI MASA PANDEMI: SEBUAH STUDI KASUS EKSPLORATORI. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.32832/edukha.v1i1.4502

Terbitan

Bagian

Articles