Urgensi Hadits dan Ulumul Hadits sebagai sumber pengembangan konten Pendidikan Islam

Authors

  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Zulheldi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Duski Samad Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Asya Astini G. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15644

Keywords:

Hadits, Pendidikan Islam, Ulumul Hadits

Abstract

This study departs from the limitations of previous studies that rarely explore the interrelationship between hadith and ulumul hadith in the context of Islamic education content development. The purpose of this study is to further investigate the central role of hadith and ulumul hadith as the main source of content development for Islamic education. The research method used was a desk study or literature research to collect and analyze relevant literature. The results showed that the hadith provides a solid philosophical framework for understanding new concepts, enhancing Islamic education as a whole, and inculcating moral principles that encourage humans to achieve happiness in paradise. The implications of the findings support the importance of deepening the relationship between hadith, Ulumul hadith, and Islamic education content development in order to strengthen the philosophical foundation and morality in the learning process.

Abstrak

Penelitian ini berangkat dari keterbatasan penelitian sebelumnya yang jarang mengeksplorasi keterkaitan antara hadis dan Ulumul hadis dalam konteks pengembangan konten pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki lebih lanjut peran sentral hadis dan ulumul hadis sebagai sumber utama perkembangan konten pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan atau penelitian kepustakaan untuk mengumpulkan dan menganalisis literatur-literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hadis memberikan kerangka filosofis yang kokoh untuk memahami konsep-konsep baru, meningkatkan pendidikan Islam secara menyeluruh, dan menanamkan prinsip-prinsip moral yang mendorong manusia untuk mencapai kebahagiaan di akhirat. Implikasi dari temuan ini mendukung pentingnya mendalaminya hubungan antara hadis, Ulumul hadis, dan pengembangan konten pendidikan Islam guna memperkuat dasar filosofis dan moralitas dalam proses pembelajaran.

References

Abbas, N. (2019). Masa Depan Hadis Dan ‘Ulum Al-Hadis. 13.

Ammar, W. M. (2017). Ulumul Hadits I. Jawa Timur: UMSIDA Press.

Asriady, M. (2019). Metode Pemahaman Hadis. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(1), 314–323. doi: 10.30863/ekspose.v16i1.94

Budiyanto, B. (2020). Sikap Ilmiah Terhadap Urgensi Hadis Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Alquran dan Hadist, 3(1), 34–46. doi: 10.35132/albayan.v3i1.83

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif | Fadli | Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21, 33–54. doi: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fikri, M. (2023). Unsur-Unsur Hadits dan Asbabul Wurdu Hadits Dalam Studi Ilmu Hadits. Adabiyah Islamic Journal Jurnal Fakultas Agama Islam, 1(2986–3600), 120–128.

Khon, A. M. (2015). Ulumul Hadis. Amzah.

Marhumah. (2014). Ulumul Hadis (Konsep, Urgensi, Objek Kajian, Metode dan Contoh). Suka-Press.

Mosiba, R. (2016). Masa Depan Hadis dan Ilmu Hadis. V. doi: https://doi.org/10.24252/IP.V5I2.3486

MUFAIZIN. (2021). Study Hadits Pengantar Teoritis Memahami Hadits Dan Ilmu Hadits’’. Press Stai Darul Hikmah Bangkalan.

Nadhiroh, A. (2020). Istilah-istilah Hadits Menurut Abu Dawud (Studi atas Kitab Sunan Abu Dawud). 7. doi: http://dx.doi.org/10.30868/at.v7i02.2713

Pahleviannur, M. R., Pd, S., Saputra, D. N., Pd, S., Sn, M., Mardianto, D., … Lisya, M. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Shamad, M. Y. (2014). Urgensi Mengajarkan Dan Memasyarakatkan Hadis-Hadis Nabi Saw. Istiqra’, II.

Suhartawan, B., & Hasanah, M. (2022). Memahami Hadis Mutawatir Dan Hadis Ahad. Dirayah: Jurnal Ilmu Hadis, 3(01).

Suja’i, F., Alfiah. (2016). Studi Ilmu Hadis. Kreasi Edukasi.

Sulaemang, L. (2017). Ulumul Hadits. AA-DZ Grafika.

Sulasmi, I. H. D. (2023). Hadits dan Urgensinya Dalam Pendidikan. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 6(1), 271–283. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i1.488.

Sunusi. (2013). Masa Depan Hadis Dan Ulum Hadis. Al Hikmah, XIV, 55–70.

Supardi, H. (2022). Pengantar Ilmu Hadis Dan Cabang-Cabang Ilmu Hadis. Mushaf Journal: Jurnal Ilmu Al Quran Hadis, 2, 275–280. doi: http://dx.doi.org/10.54443/mushaf.v2i3.45

Yulita, R. (2016). Hadis Sebagai Sumber Pengembangan pendidikan. TarbiyahAl-Awlad, VI, 580–591.

Yuslem, N. (2001). Ulumul Hadits. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Hasanah, U., Zulheldi, Samad, D., & Astini G., A. (2023). Urgensi Hadits dan Ulumul Hadits sebagai sumber pengembangan konten Pendidikan Islam . Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 335–347. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15644

Issue

Section

Articles