Value education in Qur'anic learning based on Sab’atu Al-Ahrāf

Authors

  • Husaini Bin Sinwan Universiitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Zamsiswaya Sultan Syarif Kasim State Islamic University Riau

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16503

Keywords:

Al-Qur’an, Sab'atu Al-Ahrāf, Value Education.

Abstract

Sab'atu Al-Ahrāf is a concept of teaching the Qur'an with differences in seven Arabic variations in pronunciation. This concept has been known since the time of the Prophet Muhammad. This difference in qiraat makes the Qur'an so rich in wisdom values, both in a cultural perspective and in a religious perspective. This study aims to integrate value education with Sab'atu Al-Ahrāf-based Qur'an learning. The research method used is a qualitative method, and the type of research is library research that uses a descriptive analysis approach. The results showed that there are three value educations that can be integrated with Sab'atu Al-Ahrāf-based Qur'anic learning, namely moral education, religious education, and socio-cultural education. Moral education includes moral education, character education, ethics education, and value education; religious education includes education about sharia, tawhid, tasawwuf, and tawhid; and socio-cultural education includes education about human relations in the socio-culture of a society. Integralization of the three educations can create a comprehensive understanding and knowledge of the Qur'an and the values associated with it.

Abstrak

Sab’atu Al-Ahrāf merupakan konsep pengajaran al-Qur’an dengan perbedaan tujuh variasi bahasa Arab dalam pengucapannya. Konsep ini sudah dikenal sejak masa Rasulullah SAW. Perbedaan qiraat ini menjadikan al-Qur’an begitu kaya dengan nilai-nilai kearifan, baik dalam perspektif budaya maupun dalam perspektif agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan nilai dengan pembelajaran al-Qur’an berbasis Sab’atu Al-Ahrāf. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian pustakayang menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada tiga pendidikan nilai yang bisa diintegrasikan dengan pembelajaran al-Qur’an berbasis Sab’atu Al-Ahrāf, yaitu pendidikan moral, pendidikan keagamaan, dan pendidikan sosial budaya. Pendidikan moral meliputi meliputi pendidikan akhlak, pendidikan karakter, pendidikan etika, dan pendidikan nilai; Pendidikan keagamaan meliputi pendidikan tentang syariat, tauhid, tasawwuf, dan tawhid; dan Pendidikan sosial budaya meliputi pendidikan tentang hubungan antar manusia dalam sosial budaya sebuah masyarakat. Integralisasi ketiga pendidikan tersebut dapat menciptakan pemahaman dan pengetahuan yang komprehensif tentang Al-Qur’an dan nilai-nilai yang terkait dengannya.

References

Afriatien, T. S. (1997). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Tiga Mutiara.

Al-Azhar Islamic Research Academy. (2006). Mushaf Darel Sahaba Fi Al-Qira’at Al-‘Asyara Al-Mutawatirah Min Thoriq As-Shatibiah wa Durrah, Cairo, Mesir.

Arief, F. (1989). Pengantar Penenlitian dalam Islam. Surabaya: Usaha Nasional.

Astawa, I. N. T. (2021). Pendidikan Agama Dan Keagamaan Dalam Menunjang Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu. 7(2). 222-228. Retrieved from http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM

Azis, A. (2019). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2106). KBBI Laring. Jakarta: Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Baidan, N. (2011). Wawasan Baru Ilmu Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bukhari, A. A. M. I. I. Al-. (2009). Sahih Al-Bukari, Beirut: Dar Ibn Hazim

Endraswara, S. (2004). Metodologi Penelitian Sastra; Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi, cetakan ke-2, Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Fathurrozi, M., & Fahimah, R. (2021). Keterkaitan Ahruf Sab’ah Dan Qira’at Sab’ah. Mukammil: Jurnal Kajian Keislaman, 3(2), 142-155. Retrieved from https://www.ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/mukammil/article/view/102

Frimayanti, A. I. (2015). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 199-216. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/195588-ID-implementasi-pendidikan-nilai-dalam-pend.pdf

Gusal, L. O. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara, Jurnal Humanika, 15(3), 1–18. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9339

Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Hasbi, A. (2010). Ilmu-Ilmu al-Qur’an, Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Izza, S. N. (2023). Mengenal Perbedaan Sab’atu Ahruf dan Qiraat Sab’ah. Retrieved from https://tanwir.id/mengenal-perbedaan-sabatu-ahruf-dan-qiraat-sabah/

Kementerian Agama RI. (2014). PMA Pendidikan Keagamaan Islam Terbit Bulan Mei. Retrieved from https://kemenag.go.id/nasional/pma-pendidikan-keagamaan-islam-terbit-bulan-mei-nhcfqa

Lubis, M. (2011). Evaluasi Pendidikan Nilai, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mochamad, N. A. (2020). Ahruf Sab'ah Serta Kaitannya Dengan Qira'at. Retrieved from https://www.academia.edu/43459582/AHRUF_SABAH_SERTA_KAITANNYA_DENGAN_QIRAAT

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhmidayeli (2007). Membangun Paradigma Pendidikan Islam. Pekanbaru: PPs UIN Suska Riau, Cetakan I.

Mujib, A. & Mudzakir J. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Muspirawati, A, A.D., Saputra, H. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al-Quran. Journal of Education and Instruction. 4(1), 249-254. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2280249.

Nahlawy, A. Al-. (1999). Ushul At-Tarbiyyat Al-Islamiyyah wa Asalibiha fi Al-Bayt wa Al-Madrasah Al-Mujtama’. Beirut: Dar al-Fikr.

Naisabury (2010). Sahih Muslim. Beirut: Maktabah Fayadh Lil taba’ah wal Nashr wal Tauzi’.

Qattan, M. K. al-. (2007). Mabahits fi Ulum al-Qur’an (terj.), Jakarta: Litera AntarNusa

Rasyidi, M. & Cawidu, H. (1998). Islam untuk Disiplin Ilmu Filsafat. Cet. 1. Jakarta: Bulan Bintang.

Shabunny, M. A. al-. (1996). Pengantar Studi al-Quran (At-Tibyan), (terjemahan. Moch. Chudlori Umar dan Moh.Matsana Hs), Bandung: PT. Al-Ma’arif

Suyuti, J. al-. (2008). Al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an (terj.), jilid 1, Surakarta: Indiva Pustaka

Syafri, U. A. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Syam, M. N. (1998). Filsafat Kependidikan dan Dasar Filsafat Kependidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Tafsir, A. (2014). Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thoha, M. C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ulwan, A. N. (2016). Pendidikan Anak Dalam Islam. (Terj. Arif Rahman Hakim), Cet. 10, Solo: Insan Kamil.

Yoesoef, S. (1992). Konsep Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara

Zannah, F. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Dasar. 5(2), 1-8. Retrieved from http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/tunas

Zarqani, M. A. al ‘A. al-. (1998). Manāhil al-‘Irfān, jilid 1, Beirut: Dar al-Fikr.

____________. (2000). Manahil Al-‘Irfan Fi ‘Ulum Al-Quran (Menyingkap Rahasia Al-Quran). (terjemahan M. Qadirun Nur dan Ahmad Musyafiq). Selangor: Pustaka Ilmi.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Sinwan, H. B., & Zamsiswaya. (2024). Value education in Qur’anic learning based on Sab’atu Al-Ahrāf . Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 134–155. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16503

Issue

Section

Articles