Pengaruh bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa SMPN 3 Lubuk Sikaping

Authors

  • Aprima Sriwahyuni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fadhilla Yusri Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Afrinaldi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Alfi Rahmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Andy Riski Pratama Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16525

Keywords:

Bimbingan kelompok, Minat belajar, Lubuk Sikaping

Abstract

This research is a pre-experimental research with a one group pre-test and post-test research design. The population in this study was 116 students and a research sample of 8 people was taken, using a purposive sampling technique, sampling based on considerations of student learning boredom. The technique for collecting data in this research is the Likert scale. Meanwhile, the data analysis technique in this research is the Wilcoxon signed rank test method with the help of Statistical Product And Service Solutions (SPSS) version 22. The research results are from the Wilcoxon (Z) value which shows that there is a difference between the pre-test and post-test. From the results of the Wilcoxon test calculation, the asymp sig value (0.012) is obtained, which means it is smaller than <a (a=0.05), which means Ha is accepted and Ho is rejected. From the results of the Wilcoxon test calculations, it can be concluded that there is an increase in students' interest in learning at SMP N 3 Lubuk Suhuing through group tutoring services. Based on the research results, the results of interest in learning before treatment (Pretest) were obtained, namely a mean of 179.12, which is classified as in the medium category. Meanwhile, after the treatment (Posttest), the mean was 201.25, which is classified as high. Pretest and Posttest hypothesis testing, if converted to the Z value then the value is -2.521, the sig or p-value is 0.012 then Ha is accepted Ho is rejected, so there is a difference in students' interest in learning before and after being given treatment, namely group guidance services. This means that group guidance services have an influence on students' interest in learning at SMP N 3 Lubuk Sikaping.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test. Populasi pada penelitian ini yaitu 116 siswa dan sampel penelitian sebanyak 8 orang diambil, dengan teknik purposive sampling, pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan dari kejenuhan belajar siswa. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu skala likert. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu  metode Wilcoxon signed rank test dengan bantuan Statistical Product And Service Solutions (SPSS) versi 22. Hasil penelitian dari nilai Wilcoxon (Z) yang menunjukkan adanya perbedaan antara pre-test dan post-test. Dari hasil perhitungan uji Wilcoxon diperoleh nilai asymp sig (0,012), yang artinya lebih kecil < a (a=0,05)  yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil perhitungan uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa di SMP N 3 Lubuk Sikaping melalui layanan bimbingan kelompok. Beradsarkan hasil penelitian diperoleh hasil minat belajar sebelum perlakuan (Pretest) yaitu mean 179.12 ini tergolong pada kategori sedang. Sedangkan setalah dilakukan perlakuan (Posttest) meannya menjadi 201.25 ini tergolong pada kategori tinggi. Uji hipotesis Pretest dan Posttest, apabila dikonversikan ke nilai Z maka besarnya -2.521, nilai sig atau p-value sebesar 0,012 maka Ha diterima Ho ditolak, sehingga ada perbedaan minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu layanan bimbingan kelompok. Artinya layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap minat belajar siswa SMP N 3 Lubuk Sikaping.

References

Afriani, N. (2017). Layanan Edukasi Golongan Buat Tingkatkan Atensi Berlatih Anak didik Dengan Metode Dialog Golongan pada Pelajaran Matematika Di Mts Angkatan laut(AL) Muddakir Banjarmasin. Harian Mahasiswa Bk An-Nur: Berlainan, Berarti, Agung, 3(1).

Agung, P. A. (2018). Bimbingan Riset Penelitian Bersama Analisa Statistik Dengan SPSS.

Andriati, I. (2019). Arahan Efisien Menekuni Metodologi Riset Pendidikan. Bukittinggi: IAIN Bukittinggi.

Arikunto, S. (2014). Metodologi Riset Pendidikan. Jakarta: Alam Aksara.

Bagan, S. F. (2016). Metode Layanan Edukasi serta Pengarahan golongan. Bandung: Mujahid Press.

Dodi Pasila Putra. (2019). Aplikasi Edukasi Golongan Buat Tingkatkan Keyakinan Diri Anak didik Autis. Harian Of Multidisciplinary Research And Development, 4(1).

Edmawati, M. B. & Purnawiningsih, Fitriana, F., Fauzan, D. P. (2021). Analisa Edukasi Golongan Berplatform Daring Dengan Metode Discussion Group Dalam Meningkatkan Atensi Berlatih Anak didik. Harian Edukasi Serta Pengarahan Pendidikan Islam, 2(2).

Edmawati, M. B. (2022). Analisa Akibat Edukasi Golongan kepada Atensi Berlatih Anak didik Dalam Penataran daring Di SMA Negara 1 Nguter. Empati: Harian Edukasi Serta Pengarahan, 9(1).

Efriyanti, L. & Annas, F. (2020). Aplikasi Mobile Learning Selaku Alat Penataran Era 21 Pada Masa Revolusi Pabrik 4.0. Journal of Educational Studies, 5(1).

Ekstrak, I. (2019). Layanan Edukasi Golongan Buat Pencegahan Mengerti Radikalisme Di Perguruan Besar Islam.

Haryanti. (2016). Akibat Edukasi Golongan kepada Atensi Berlatih Anak didik Kategori VII di SMP Surakarta.

Hendriana, D. H. (2017). Hard Skills serta Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.

Husna, L. (2018). Akibat Layanan Edukasi Golongan Dalam Tingkatkan Atensi Berlatih Anak didik Kategori IX Di Mtsn Nurul Falah Juai. Harian Mahasiswa Bk An-Nur: Berlainan, Berarti, Agung, 4(1).

Jusmawati. (2020). Akibat Penataran Berplatform Berani kepada Atensi. Harian Amatan Pendidikan Bawah, 5(2).

Kompri. (2017). Berlatih: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Alat Perguruan Tinggi.

Lale, R. (2018). Tingkatkan Keahlian Ikatan Interpersonal Lewat Layanan Edukasi Golongan Metode Sosiodrama Pada Anak didik Kategori IX-1 SMP Negara 1 Praya Barat Energi. Harian Objektif Bimbingan, 9(1).

Mulyadi. (2016). Edukasi Pengarahan Di Sekolah serta Perguruan. Jakarta: Prenada Alat Group.

Prayitno. (2015). Bimbingan Operasional penyelenggaraan Edukasi serta Pengarahan Sekolah Menengah Awal. Jakarta: Kemendikbud Direktorat serta daya Administrasi.

Putra, D. P. (2021). Aplikasi Edukasi Golongan Buat Tingkatkan Keyakinan Diri Anak didik Autis di Sekolah Luar Biasa Autisma Yayasan Pengembangan Kemampuan Anak Bukittinggi.

Rahmi, A. (2022). Akibat Edukasi Golongan Dengan Metode Group Exercise Buat Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Anak didik Di SMPN 03 Bengawan Pua, 6.

Rani, A., Rahmi, A., Yusri, F., & Kamal, M. (2023). Akibat Alat Puzzel Dalam Edukasi Golongan kepada Interaksi Sosial Anak muda Di Kelurahan kebun Padang Aua Kuniang Kota Payakumbuh. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4).

Rohman, M. A. (2018). Kejenuhan Berlatih Pada Anak didik di Sekolah Full Day School. Skripsi Program Riset Ilmu Jiwa, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Islam Negara Sunan Ampel Surabaya.

Safitrhy, E. A., & Anita, N. (2019). Pengarahan Golongan Dengan Metode Sel Management Buat Merendahkan Bias Sosial Partisipan Ajar. Suluh Harian Edukasi Serta Pengarahan, 4(2), 33-41.

Santosa. B. (2014). Riset Permasalahan Edukasi Serta Pengarahan. Bukittinggi.

Sepriyani. (2017). Pemakaian Layanan Edukasi Golongan Buat Tingkatkan Atensi Berlatih Anak didik Kategori VII SMP.

Septiana, E. N., Rahmi, A., Wae, R. (2020). Daya guna Pengarahan Golongan Dengan Analisa Transaksional Buat Mereduksi Keresahan Berdialog Di Depan Kategori Di SMP Negara 8 Bukittinggi. Educational Guidance And Counseling Development Journal, 3(2), 69-75.

Siregar, S. (2014). Statistic Parametric Buat Riset Kuantitatif. Jakarta: Alam Aksara.

Sugiyono. (2014). Tata cara Riset Campuran (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2018). Ilmu Jiwa Berlatih. Jakarta: Rajawali Press.

Tanjung, E. N., Yusri, F., & Nelisma, Y. (2024). Akibat Layanan Edukasi Golongan kepada Kemantapan Marah Masyarakat Arahan Anak muda. Harian Mahasiswa Bk An-Nur: Berlainan, Berarti, Agung, 10(1).

Tohirin. (2013). Edukasi serta Pengarahan Di Sekolah serta Perguruan (berplatform integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ullya, N., Putra, D. P. & Kamal, & Yusri, F. (2023). Akibat Layanan Edukasi Golongan Metode Sosiodrama kepada Keahlian Ikatan Interpersonal Di Panti Ajaran Al-Ghasyiyah Bathin Solapan Duri Riau. Harian Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2).

Yusri, F. (2014). Instrumen Non uji dalam Pengarahan. Bukittinggi.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Sriwahyuni, A., Yusri, F., Afrinaldi, Rahmi, A., & Pratama, A. R. (2024). Pengaruh bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa SMPN 3 Lubuk Sikaping . Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 223–231. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16525

Issue

Section

Articles