Sistem kualitas dan standar penjaminan kualitas lembaga pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i3.17245Keywords:
Lembaga Pendidikan, Penjaminan Mutu Pendidikan, Sistem Kualitas, Standar GlobalAbstract
This article reviews the quality system and standards for ensuring educational quality with the aim of providing a more comprehensive understanding of the mechanisms for evaluating and controlling quality in educational institutions. The educational quality system plays a role in regulating and assessing the implementation of education to ensure that the educational process and outcomes are in line with established standards. Quality assurance standards are used as a reference to ensure the achievement of quality and sustainable educational goals. The research method used is library research, which involves collecting and analyzing various relevant literature sources as the basis for discussion. This article is expected to serve as a scientific reference for researchers, educators, and educational institution managers in understanding the importance of quality systems and quality assurance in enhancing global competitiveness and educational quality.
Abstrak
Artikel ini mengulas sistem kualitas dan standar penjaminan mutu pendidikan dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai mekanisme evaluasi dan pengendalian mutu di lembaga pendidikan. Sistem kualitas pendidikan berperan dalam mengatur dan menilai pelaksanaan pendidikan guna memastikan bahwa proses dan hasil pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Standar penjaminan mutu digunakan sebagai acuan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research), yaitu dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan sebagai dasar pembahasan. Artikel ini diharapkan dapat menjadi referensi ilmiah bagi para peneliti, pendidik, dan pengelola lembaga pendidikan dalam memahami pentingnya sistem kualitas dan penjaminan mutu dalam meningkatkan daya saing dan kualitas pendidikan secara global.
References
Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: Menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. PrePrint Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Dewantara, H. (2024). Membangun Masa Depan Pendidikan: Inovasi dan Tantangan dalam Sertifikasi Guru di Indonesia. Jakarta: PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Fiandi, A., & Esmiarni, Z. (2023). Implementasi Standar Mutu dan Sasaran Mutu Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan teknologi Pembelajaran, 4(1), 34. doi: 10.37859/eduteach.v4i1.4431
Hardjosoedarmo, S. (2004). Total Quality Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hill, C. W. L., & McShane, S. L. (2008). Principles of management. Boston: McGraw-Hill/Irwin.
Jogiyanto, H. M. (t.t.). Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstuktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis (Edisi ke-3). Yogyakarta: Andi.
Maghfiroh, L. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Total Quality Management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19–39. doi: 10.52166/talim.v1i1.623
Mardiah, .Dkk. (2023). Manajemen Penjaminan Mutu Pendidikan, dalam “Jurnal Pendidikan Tambusai.” No.3, 7. doi: 10.31004/jptam.v7i3.11652
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis kompetensi konsep, karakteristik, dan implementasi.
Purwanto. (2020). Administrasi pendidikan (teori dan praktik di lembaga pendidikan. Yogyakarta: Intishar Publishing.
Raharjo, S. P. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rupaedi, A., Sauri, S., & Hanafiah, H. (2021). Implementation of Standards of Education Management in Improving the Quality of Graduates of Nahdatul Ulama (NU) SMA Students in Indramayu Regency. Journal of Islamicate Studies, 4(1), 29–44.
Rusman, R. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education-Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCisoD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Fhaudhila Khairi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


