Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMAN 4 Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.18156Keywords:
Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar PAI, SMAN 4 Kota BogorAbstract
The school environment is all the objects and all conditions that exist in formal educational institutions that systematically implement educational programs and help students develop their potential. The aims of this research are (1) to determine the results of the influence of the school environment on the learning outcomes of class Bogor City (3) to determine the influence of the school environment on the learning outcomes of class X students in Islamic Religious Education subjects at SMAN 4 Bogor City. This research uses descriptive quantitative methods by distributing questionnaires. The results of this study show that: (1) the total average school environment is 48.08, meaning the school environment is in the very good category. (2) PAI learning outcomes obtained a total average score of 92.33, this shows that PAI learning outcomes are included in the very good category, (3) Simple linear regression test results of 0.000 < 0.05 indicate that there is a positive and significant influence from the environment school on PA learning outcomes, so that Ha is accepted and Ho is rejected.
Abstrak
Lingkungan sekolah adalah semua benda serta seluruh kondisi yang ada di dalam lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melaksanakan program pendidikan dan membantu siswa mengembangkan potensinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil dari pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Kota Bogor (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Kota Bogor (3) untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) lingkungan sekolah rata-rata total sebesar 48.08 bahwa lingkungan sekolah termasuk kategori sangat baik. (2) hasil belajar PAI memperoleh nilai rata-rata total sebesar 92.33 hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar PAI termasuk ke dalam kategori sangat baik, (3) Hasil uji regresi linear sederhana 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari lingkungan sekolah terhadap hasil belajar PA, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
References
Fitriatun, E. (2019). Manajemen lingkungan pendidikan. Journal of Chemical.
Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya peningkatan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(April), 36–42.
Hasbullah. (2012). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Kadir, A. (2012). Dasar-dasar pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Mustari, M. (2018). Administrasi dan manajemen pendidikan sekolah. Switzerland.
Prastowo, A. (2014). Pemenuhan kebutuhan psikologis peserta didik SD/MI melalui pembelajaran tematik-terpadu. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 1. https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a538
Purwaningsih, P. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran penemuan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(4), 422–427. https://doi.org/10.51878/educator.v2i4.1929
Soraya, A. (2023). Pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam, E-ISSN: 2721-2521. https://doi.org/10.34005/tahdzib.2664
Soraya, S. (2023). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 1 Ciledug Kabupaten Cirebon. Mendeley Catalog. http://www.mendeley.com/catalog/b71b08ac-b19a-3dbc-8c8e-b13aaa837306/
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (A. Nuryanto, Ed.). Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nur Azizah, Hasan Basri Tanjung, Noor Isna Alfaien

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.