Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada peningkatan hasil belajar PAI Kelas XII SMA Dwiwarna Boarding School
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i3.19648Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Hasil belajar, Implementasi, Studi kasusAbstrak
This study aims to gain an in-depth understanding of the implementation of the Merdeka Curriculum at SMA Dwiwarna Boarding School, specifically in the Islamic Religious Education (PAI) subject for 12th-grade students. The research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques include observation, in-depth interviews, and documentation, involving the principal, vice principal for curriculum affairs, and a PAI teacher as key informants. The findings indicate that the Merdeka Curriculum has been systematically implemented through student-centered lesson planning, differentiated instruction, and the strengthening of the Pancasila Student Profile. The results of students' PAI learning show an increase in both report card grades and achievements. Supporting factors for implementation include teacher readiness, adequate learning facilities, and school management support. Inhibiting factors include initial limited understanding of the new curriculum by teachers and time constraints in adapting teaching materials. This study contributes to the discourse on curriculum implementation and provides practical insights into its application in a boarding school setting.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Dwiwarna Boarding School, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik kelas XII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Dwiwarna telah dilaksanakan secara sistematis melalui perencanaan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, penerapan pembelajaran berdiferensiasi, serta penguatan profil pelajar Pancasila. Hasil belajar PAI peserta didik menunjukkan peningkatan baik dari nilai rapor maupun prestasi. Faktor pendukung implementasi meliputi kesiapan guru, fasilitas pembelajaran, serta dukungan manajemen sekolah. Adapun faktor penghambatnya meliputi keterbatasan pemahaman awal guru terhadap kurikulum baru serta keterbatasan waktu dalam menyesuaikan perangkat ajar. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkaya kajian implementasi kurikulum serta memberikan gambaran nyata penerapannya di lingkungan sekolah berbasis boarding.
Referensi
Anjani, R., & Hartono, T. (2023). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 6(2), 112–124.
Cafsoh, L. C. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Jenangan TA/TP 2022/2023 (Skripsi tidak diterbitkan). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Fullan, M. (2001). The new meaning of educational change (3rd ed.). Teachers College Press.
Handayani, S., & Kurniawan, A. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan abad 21 siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 35–44.
Hasan, S. H. (2007). Ilmu & aplikasi pendidikan bagian 2: Ilmu pendidikan praktis. Jakarta: Intima.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi Kurikulum Merdeka: Laporan evaluatif nasional tahun 2022. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar di era Society 5.0 Santhet. Jurnal Sejarah Pendidikan dan Humaniora, 5(2), [halaman tidak dicantumkan].
Mulyasa, E. (2014). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Rosda Karya.
Putra, I. K., & Mulyani, D. (2022). Efektivitas Kurikulum Merdeka terhadap motivasi dan partisipasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(3), 145–158.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, wujud Merdeka Belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), [halaman tidak dicantumkan].
Ritonga, M. (2018). Politics and policy dynamics of changing the education curriculum in Indonesia until the reformation period. Jurnal Bina Gogik, 5(4), [halaman tidak dicantumkan].
Riyadi, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada peningkatan hasil belajar PAI di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rizki, A., & Mahmud, M. (2023). Strategi adaptif sekolah dalam menghadapi implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Sekolah, 5(1), 88–99.
Rofiqoh. (2023). Pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas XI SMA N Ungaran tahun pelajaran 2022/2023 (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Guppi (UNDARIS).
Samsuduha, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Jambi.
Shafira, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 29 Jakarta (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sunarni, & Karyono, H. (2023). Persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah dasar. Journal on Education, [volume dan halaman: 1613–1620].
Utami, N. A., & Yusuf, M. (2023). Peran proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 27–39.
Widodo, H. (2021). Dampak Kurikulum Merdeka terhadap capaian belajar siswa di sekolah menengah atas. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 101–115.
Widodo, H., & Lestari, N. (2022). Tantangan guru SMA dalam penyusunan perangkat ajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 10(4), 201–213.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Alfina Ramadhani, Gunawan Ikhtiono, Noneng Siti Rosidah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


