Peluang dan tantangan penggunaan kecerdasan buatan dalam pembelajaran di kelas

Authors

  • Novitasari Universitas Negeri Malang
  • Sigit Wibowo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i3.18545

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Pembelajaran, Pendidikan Digital

Abstract

This article discusses the opportunities and challenges of using artificial intelligence (AI) in classroom learning. AI holds significant potential to improve the quality of education by providing virtual tutors, personalized learning, and enhancing learning efficiency. This technology allows students to learn in a more interactive, engaging, and tailored manner. However, there are several challenges in its implementation, such as the digital divide between urban and rural areas, data security issues, and the risk of over-reliance on technology. This study employs a literature review method to analyze data from various sources. The findings indicate that utilizing AI in education requires strong infrastructure support and a deep understanding from educators, students, and parents to ensure its optimal benefits. In conclusion, with proper and wise application, AI has the potential to create a more effective and relevant learning system in the digital era.

Abstrak

Artikel ini membahas peluang dan tantangan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran di kelas. AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan, seperti menyediakan tutor virtual, personalisasi pembelajaran, dan efisiensi proses belajar. Teknologi ini memungkinkan siswa belajar secara lebih interaktif, menarik, dan sesuai kebutuhan mereka. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti kesenjangan akses digital antara daerah perkotaan dan pedesaan, keamanan data, dan risiko ketergantungan berlebihan pada teknologi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menganalisis data dari berbagai sumber. Hasilnya menunjukkan bahwa pemanfaatan AI dalam pendidikan memerlukan dukungan infrastruktur yang baik dan pemahaman yang mendalam dari pendidik, siswa, dan orang tua agar teknologi ini dapat memberikan manfaat yang optimal. Kesimpulannya, dengan pemanfaatan yang bijak, AI berpotensi membantu menciptakan sistem pembelajaran yang lebih efektif dan relevan di era digital.

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia.

Apriadi, R. T., & Sihotang, H. (2023). Transformasi Mendalam Pendidikan Melalui Kecerdasan Buatan: Dampak Positif bagi Siswa dalam Era Digital. Retrieved from https://news.republika.co.id/

Arnadi, Aslan, & Vandika, A. Y. (2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan Untuk Personalisasi Pengalaman Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 4, 369–380.

Astutik, E. P., Ayuni, N. A., & Putri, A. M. (2023). Artificial Intelligence: Dampak Pergeseran Pemanfaatan Kecerdasan Manusia Dengan Kecerdasan Buatan Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1.

B, I., Thamrin, A. N., & Milani, A. (2024). Implementasi Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Sistem Pendidikan dan Analisis Pembelajaran di Indonesia. Digital Transformation Technology, 4(1), 714–723. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i1.4512

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / Ict Dalam Berbagai Bidang (Vol. 2).

Dewanto, A. C. (2023). Risiko Dan Mitigasi Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Pendidikan. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 4, 1–10.

Fikri, M. R. N., Muttaqien, F., & Noor, M. I. (2024). Strategi Implementasi Kecerdasan Buatan untuk Memperkuat Pendidikan Islam pada Generasi Z di Indonesia. Tahun 2024 Journal Islamic Education (Vol. 3). Banjarmasin. Retrieved from https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index

Gimelfarb, M., Sanner, S., & Lee, C.-G. (2020). Bayesian Experience Reuse for Learning from Multiple Demonstrators. https://doi.org/https://doi.org/10.24963/ijcai.2021/334

Gleneagles, D. B., Larasyifa, F., & Fawaiz, R. (2024). Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(5), 107–116. https://doi.org/10.5281/zenodo.11364580

Hermawan, A., Sugevin, W., Lutfi, M., Wibowo, S., Prastoyo, A. Della, Kurdiati, L. A., … Saragih, V. R. B. (2024). Membangun Masa Depan yang Lebih Inklusif melalui Pendekatan STEAM. (N. Ilmiasari, Ed.). Yogyakarta: DEEPUBLISH DIGITAL.

Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 253–258. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14843

Mahesa, F. (2024). Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan: Peluang Dan Tantangan Pemanfaatannya Untuk Personalisasi Pembelajaran. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(6), 146–152.

Mahmudah, R. (2024). Peluang Dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Biokimia. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sains, 2(2), 20–29.

Meiliawati, A. E., Zulfitria, & Sugiarto, T. W. (2024). Penggunaan Media Berbasis Artificial Intelligence (Ai) Untuk Menunjang Proses Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas: A LITERATURE REVIEW. INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika, 3, 12–17. https://doi.org/10.56842

Rachmi, Surachman, A., Putri, D. E., Nugroho, A., & Salfin. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2, 53.

Rochim, A. A. (2024). Kecerdasan Buatan: Resiko, Tantangan Dan Penggunaan Bijak Pada Dunia Pendidikan. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.33830/antroposen.v3i1.6780

Taruklimbong, E. S. W., & Sihotang, H. (2023). Peluang dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Kimia. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/index

Yohanes, R. A., Fredy, & Rapsanjani, H. (2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Konteks Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.

Yollanda, F., & Ramona. (2024). Tren Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Pembelajaran Mahasiswa: Kajian Literatur. Jurnal Sistem Informasi, Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 225–234. https://doi.org/https://doi.org/10.54951/sintama.v4i2.633

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Novitasari, & Wibowo, S. (2025). Peluang dan tantangan penggunaan kecerdasan buatan dalam pembelajaran di kelas . Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(3), 318–325. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i3.18545

Issue

Section

Articles