Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Apria Ningsih Apria Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Arizal Eka Putra Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Mashdaria Huwaina Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i3.19774

Keywords:

Media Audio Visual, Pembelajaran Interaktif, Prestasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

This study aims to improve student academic achievement in the subject of Islamic Cultural History at MTs Mathla'ul Anwar Kedondong through the implementation of audiovisual media. The problem faced is the low interest in learning among students, which affects their academic performance. The research was conducted using a classroom action research (CAR) approach consisting of two cycles. Each cycle includes planning, implementation, observation, and reflection. The results of the study show that the application of the audiovisual media-based teaching method can improve students' academic achievement, as evidenced by the evaluation test results. In Cycle I, the students who achieved mastery had a percentage of 20%, with 6 students, and there was an improvement in Cycle II, where the students who achieved mastery increased to 73.33%, with 22 students.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Mathla’ul Anwar Kedondong melalui penerapan media audio visual. Masalah yang dihadapi ialah rendahnya minat belajar siswa yang berpengaruh terhadap prestasi belajar mereka. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini terbukti dari hasil tes evaluasi yang dilakukan pada siklus I nilai siswa yang tuntas dengan persentase 20% dengan jumlah 6 siswa, dan ada peningkatan pada siklus II siswa yang tuntas dengan persentase 73,33% dengan jumlah sebanyak 22 siswa.

References

Dewi, W. (2022). Metode pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan belajar. Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 10(1).

Ridha, D. M., Lubis, E., Manik, M., Mardianto, M., & Anas, N. (2021). Strategi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. [Nama jurnal atau penerbit tidak disebutkan], 1.

Hasbullah, A. E. P. (2022). Pendidikan Islam orde reformasi: Pendekatan politik dan kebijakan pendidikan. Jurnal Ilmu Agama Islam (JIA). Retrieved from http://journal.uml.ac.id/TL

Hasriadi. (2022). Metode pembelajaran inovatif di era digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–[halaman akhir tidak disebutkan].

Rosyid, M. Z. (2020). Prestasi belajar (Edisi 2). Malang: Literasi Nusantara.

Yusnarti, M., Damayanti, P. S., Asmedy, A., Amin, M., & Jamaah, J. (2022). Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V sekolah dasar. Anara Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Ilmu Pendidikan, 3(3).

Mustajab. (2020). Prestasi belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Septiana, N. (2019). Ragam media pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Nasruddin, Setiyadi, M. W., & Islamiati, N. (2022). Pengaruh media audio visual terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran TIK kelas 8 SMP Negeri 01 Kediri Lombok Barat. Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(1).

Khosiah, N., Musayadah, N., Asripa, A., & Aliyah, A. (2024). Meningkatkan minat belajar sejarah kebudayaan Islam menggunakan media audio visual. ASJE (As-Sulthan Journal of Education), 1(1).

Safitri, R. L., & Kasriman. (2022). Pengaruh media audio visual terhadap prestasi belajar materi siklus air pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1).

Handayani, T. (2024). Penggunaan media visual melalui model konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 3(4).

Syamsuddin, T. (2020). Penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan aktivitas dan belajar siswa kelas VI di SDN Inpres Cenggu semester I tahun pelajaran 2019/2020. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6).

Janati, W. R., Rahayu, A., & Wijayanti, D. (2022). Pengaruh media pembelajaran audio visual pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Learning and Educational Studies, 1(1).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Apria, A. N., Putra, A. E., & Huwaina, M. (2025). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(3), 258–271. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i3.19774

Issue

Section

Articles