Pengembangan metode pembelajaran kreativitas pembelajaran iman dan taqwa (IMTAQ) untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Authors

  • Desi Permata Sari Pondok Pesantren Inklusi Griya Sunnah Cileungsi
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Amir Tengku Ramly Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v3i2.5667

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Kreativitas Pembelajaran, Iman dan Taqwa, Metode Pembelajaran

Abstract

Many schools do not want to accept children with special needs, because it is difficult to educate and many teachers do not know the science to educate children with special needs. On the other hand, schools open inclusive education for all children with special needs in order to be able to develop themselves like other normal children. The purpose of this research is to be able to produce or formulate a method of creativity for ABK. The method used in this research is R&D with data analysis techniques used are primary data and secondary data where the data is obtained from the researcher's teaching place and also from existing research either through articles or journals, theses or dissertations. The results of this study indicate that ABK needs the right method in learning activities that will support it, creativity methods are very helpful for ABK in learning, one of which is peer tutoring and interactive games that make it easier for ABK to capture learning. Smart teachers will choose the right method according to what is needed by their students, regardless of race, ethnicity, language because for a teacher it is how the child is able to capture learning with a fun process.

Abstrak

Banyak sekolah yang tidak mau menerima anak-anak yang berkebutuhan khusus, dikarenakan susah mendidik dan banyak guru belum mengetahui ilmu untuk mendidik anak-anak yang berkebutuhan khusus. Ada disisi lain sekolah yang membuka pendidikan inklusi ini untuk semua anak-anak yang berkebutuhan khusus agar mampu mengembangkan dirinya seperti anak-anak yang normal lainnya. Tujuan penelitian ini mampu menghasilkan atau merumuskan metode kreativitas untuk ABK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan teknik analisis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder di mana data tersebut diperoleh dari tempat mengajar peneliti dan juga dari penelitian yang sudah ada baik itu melalui artikel atau jurnal, tesis maupun disertasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ABK membutuhkan metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran yang akan menunjangnya, metode kreativitas sangat membantu ABK dalam pembelajaran salah satunya adalah tutor sebaya maupun game interaktif yang memudahkan ABK dalam menangkap pembelajaran. Guru yang cerdas akan memilih metode yang tepat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta didiknya, tidak akan pandang bulu, ras, suku, bahasa karena bagi seorang guru adalah bagaimana anak tersebut mampu menangkap pembelajaran dengan proses yang menyenangkan.

 

Author Biography

Desi Permata Sari, Pondok Pesantren Inklusi Griya Sunnah Cileungsi

References

Agustin, V. Dela. (2020). Manfaat Program Pendidikan Inklusi Di Kiddy Land Dengan Metode Montessori Di Kota Padang. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 47. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13595

Aka, K. A. (2019). Integration Borg & Gall (1983) and Lee & Owen (2004) models as an alternative model of design-based research of interactive multimedia in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012022

Hamalik, O. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Khusus, D. P., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (2018). Volume 19 Nomor 2, Desember 2018. 19, 45–50.

Mareza, L. (2016). Pengajaran Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusi. Jurnal Indigenous, 1(2), 99–105.

Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Raja Grafindo Persada.

Mawardah, L., Teknologi, I., Tama, A., Arief, J., & Hakim, R. (2016). Peningkatan Metode Pembelajaran Pada Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus ( Abk ). 9–16.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nuriyah, N. (2014). EVALUASI PEMBELAJARAN: Sebuah Kajian Teori. Https://Www.Syekhnurjati.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Edueksos/Article/ViewFile/327/289, III(1), 73–86.

Permata S, L. S. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 16 Ogan Komering Ulu Pada Masa Pandemi Covid-19. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2(4), 12–26. http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/257/386

Prasetyo, I. (2008). Tekhnik Analisis Data Research and Development.

Putra, R. A., & Pratama, A. M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here Dengan Tipe Giving Question And Getting Answer Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Menganalisis Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baregbeg). Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 7(1). https://doi.org/10.25157/je.v7i1.2672

Sam, Z. (2018). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. https://core.ac.uk/download/pdf/235412998.pdf

Sopa, A. (2017). Model Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusif Di Sdn 54 Kota Banda Aceh. In Solid State Ionics (Vol. 2, Issue 1). http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0167273817305726%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-017-01772-1%0Ahttp://www.ing.unitn.it/~luttero/laboratoriomateriali/RietveldRefinements.pdf%0Ahttp://www.intechopen.com/books/spectroscopic-analyses-developme

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.

Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (RnD) lima tahap (MANTAP). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 1(1), 1–33.

Utami, A. (2019). Implementasi Metode Edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan perilaku adaptif Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): studi .... http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/37987

Yasin Al Irsyadi, F., & Sulistyo Nugroho, Y. (2015). Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Tunagrahita Berbasis Kinect. Prosiding SNATIF, 0(0), 13–20. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/296

Yunaini, N. (2021). Model Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. In Journal of Elementary School .... https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JGP/article/view/1326

Downloads

Published

2022-10-11

How to Cite

Sari, D. P., Rahman, I. K., & Ramly, A. T. (2022). Pengembangan metode pembelajaran kreativitas pembelajaran iman dan taqwa (IMTAQ) untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 3(2), 61–68. https://doi.org/10.32832/itjmie.v3i2.5667

Issue

Section

Articles