Analisis penetapan tujuan pendidikan relevansinya dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik

Authors

  • Baharuddin Magister Unisma Bekasi
  • Lailatul Fitriah Eka Putri Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Rosulinawati

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i6.17192

Keywords:

Hasil Belajar, Kebutuhan Peserta Didik, Perkembangan Peserta Didik, Tujuan Pendidikan

Abstract

Education becomes ineffective when the reality that occurs in the environment is not relevant to the learning process and learning outcomes. The aim of this research is to analyze the relevance of educational objectives to the needs and development of students, as well as their impact on student learning outcomes. The research method used is a qualitative research method. Data was obtained through observation. Data analysis includes data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The research results show that educational policies that are oriented towards the needs and development of students are very important in improving the quality of education. Teachers play an active role in developing a curriculum that is relevant to the needs and development of students, as well as using effective and interactive learning methods. Apart from that, there needs to be stakeholder involvement in providing criticism, input and direct learning in every curriculum re-evaluation activity to improve the quality of education.

Abstrak

Pendidikan menjadi tidak efektif ketika kenyataan yang terjadi di lingkungan tidak relevan dengan proses pembelajaran dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis relevansi tujuan pendidikan dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi. Analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan Kebijakan pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan peserta didik sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Guru berperan aktif dalam mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik, serta menggunakan metode pembelajaran yang efektif dan interaktif. Selain itu, perlu adanya keterlibatan stakeholder dalam memberikan kritik,  masukan dan pembelajaran langsung pada setiap kegiatan re-evaluasi kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

References

Agustin, M. (2014). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Al Kautsary, M. I., & Nugraha, M. S. (2024). Penetapan tujuan pendidikan Islam dalam silabus pembelajaran. Nizamul 'Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 9(1), 67–83.

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35–48.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15.

Fanani, A., dkk. (2019). Analisis Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Abad 21. Surabaya: Adi Buana University Press.

Prastowo, A. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan. Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwanto, N. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rustiadi, dkk. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sendjaja, S. D. (2014). Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susiyani, A. S., & Subiyantoro. (2017). Manajemen boarding school dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 327–347.

Tohirin. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik (Cet. ke-6). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widya, A. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).

Wiyani, N. A., & Barnawi. (2012). Ilmu Pendidikan Islam: Rancang Bangun Konsep Monokotomik-Holistik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Baharuddin, Putri, L. F. E., & Rosulinawati. (2024). Analisis penetapan tujuan pendidikan relevansinya dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(6), 684–691. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i6.17192

Issue

Section

Articles