IMPLEMENTASI PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 10 BOGOR

Penulis

  • Putri Nadia Hapso Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rahmatul Husni Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i2.19015

Kata Kunci:

Implementasi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Karakter

Abstrak

Kurikulum Pendidikan yang diterapkan Indonesia saat ini menitikberatkan Guru Pendidikan Agama Islam untuk membina karakter peserta didik. Akan tetapi, semakin hari karakter peserta didik di sekolah semakin terkesan menurun yang pada akhirnya banyak orang sering menyalahkan guru, terutama guru Pendidikan Agama Islam dalam kegagalan membina karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui semua upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter Peserta Didik Kelas X, dan untuk mengetahui landasan yang digunakan dalam proses pembinaan karakter peserta didik Kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang akan menghasilkan data yang bersifat deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik penumpulan data melalui observasi dan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam terbagi menjadi upaya guru dalam pencegahan, upaya guru dalam pengembangan, dan upaya guru dalam penyembuhan. Landasan yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi pembinaan karakter ialah kurikulum merdeka.

Referensi

Al-Ghazali, A.-I. A. H. M. bin M. (2006). Ayyuha al-Walad Fi Nasihati al-Muta’alimin Wa Mau’izhatihim Liya’lamuu Wa Yumayyizuu Ilman Na’fian. Jakarta: Alharamain Jaya Indonesia.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aslan, A. (2019). Hidden Curriculum. Makasar: Pena Indis.

Fatmawati, I. (2021). Peran guru dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20–37.

Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Marjuni, A. (2020). Penanaman nilai-nilai pendidikan islam dalam pembinaan karakter peserta didik. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(2), 210–223.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Nidawati, N. (2020). Penerapan Peran Dan Fungsi Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 9(2). Diambil dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/9087

Pratama, D. A., Ginanjar, D., & Solehah, L. S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Pendidikan Karakter Di Mts. Darul Ahkam Sukabumi. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 78–86.

Puspytasari, H. H. (2022). Peran keluarga dalam pendidikan karakter bagi anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–10.

Rahman, A., Sari, N. M. W., Fitriani, F., Sugiarto, M., Sattar, S., Abidin, Z., … Ladjin, N. (2022). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Diambil dari https://repository.penerbitwidina.com/ms/publications/557081/metode-penelitian-ilmu-sosial

Rahman, T., & Wassalwa, S. M. M. (2019). Implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1–14.

Ramadania, F. (2016). Konsep bahasa berbasis teks pada buku ajar kurikulum 2013. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2). Diambil dari https://scholar.archive.org/work/sngjvo7nnrecdjfbcwivxx45um/access/wayback/http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/STI/article/download/372/171

Ramli, R., & Prianto, N. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 14–29.

Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran guru dalam pembinaan karakter disiplin peserta didik. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360–373.

Rupito, R. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu Tahun 2022 (PhD Thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu). UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Diambil dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8563

Satori, D. (2014). Profesi Keguruan. Tanggerang Selatan.

Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Peserta Didik:(Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan (Vol. 1). umsu press.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,dan kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandi, M. F., Ginanjar, D., & Agustin, S. (2023). Higher Education As An Anti-Corruption Forming Agent. The Eastasouth Journal of Learning and Educations, 1(01), 22–29.

Suryaman, M. (2020). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13–28. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357

Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putera Utama.

Diterbitkan

2025-04-16

Cara Mengutip

Hapso, P. N., & Husni, R. (2025). IMPLEMENTASI PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 10 BOGOR. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(2), 208–221. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i2.19015

Terbitan

Bagian

Articles