Pembentukan karakter religius melalaui praktik keagamaan di sekolah

Penulis

  • Rahma Rahimatunnisya Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Gunawan Ikhtiono Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Putri Ria Angelina Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i5.20887

Kata Kunci:

Karakter Religius, Pendidikan Agama Islam, Praktik keagamaan

Abstrak

This study aims to examine the influence of Islamic Religious Education (PAI) habituation on the formation of religious character among 11th-grade students at SMA Negeri 10 Kota Bogor. The habituation includes daily religious practices such as reciting Asmaul Husna, Qur’anic reading, and collective prayers. A quantitative approach using a survey method was applied, involving a sample of 70 students. Data were collected using validated and reliable questionnaires. The data analysis using simple linear regression revealed a significant influence of PAI habituation on students' religious character, with a significance value of 0.000 and a contribution rate of 41.5%. These findings indicate that the more consistent the implementation of PAI habituation, the stronger the development of students' religious character. This highlights the strategic role of religious habituation programs in strengthening students’ moral and spiritual values within school settings.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiasaan Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Kota Bogor. Pembiasaan yang dimaksud mencakup kegiatan keagamaan rutin seperti membaca Asmaul Husna, tadarus Al-Qur’an, dan doa bersama. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei dan sampel sebanyak 70 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menggunakan regresi linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pembiasaan PAI dan karakter religius siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan kontribusi pengaruh sebesar 41,5%. Artinya, semakin tinggi intensitas pembiasaan PAI, semakin tinggi pula tingkat karakter religius siswa. Hasil ini menegaskan pentingnya implementasi pembiasaan PAI sebagai strategi pembentukan karakter religius di lingkungan sekolah.

Referensi

Ainurrofiq, M. (2021). Metode penanaman karakter religius. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 6(2), 103-124.

Azizah, A. (2023). Pengaruh Pembiasaan Membaca Asmaul Husna terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember. Skripsi: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 1–152.

Gunawan, R. (2023). Pengaruh Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SMAN 1 Margaasih. LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies, 2(1), 1. https://doi.org/10.58355/lectures.v2i1.19

Meliyati, E., Azahra Salsabila, A., & Fahrurohman, O. (2024). Pengaruh Metode Pembiasaan pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Spiritiual Siswa SD Eka Meliyanti Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Azkia Salsabila Azahrah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Universitas Islam Nege. 457–466.

Maemonah, & Atin, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 20(3), 324.

Mubin, M., & Moh. Arif Furqon. (2023). Pelaksanaan Program Pembiasaan Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 1. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.1387

Muh, B. (2023). Implementasi Pelajaran Bahasa Arab Dalam Pembiasaan Bacaan Al Qur’an di SMP Darussalam Koposari Cileungsi. RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(1), 8,9. https://doi.org/10.62383/risoma.v2i1.13

Mushfi, M. El, Iqbali, & Fadilah, N. (2019). V. Jurnal MUDARRISUNA, 9(1), 7,8.

Mustofa, A., & Ghofur, A. (2022). Pembiasaan Sholat Dhuha dan Membaca Al-Qur’an Era New Normal dalam Peningkatan Akhlak di SDN Blimbing Gudo Jombang. 29(02), 2.

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 37. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995

Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development, UNY 2014. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 6, 9. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310875/pengabdian/teknik-analisis-data-dalam-research-and-development.

Rahmania, S., Yunus, M., & Bakar, A. (2023). Studi Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Naquib Al-Attas. Jurnal Agama Sosial dan Budaya, 6(2), 136. https://doi.org/10.31538/almada.v6i2.3085

Rokhyati, N. (2018). Pengaruh Pembiasaan Praktik Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SD Sokowaten Baru Banguntapan Bantul Tahun 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1.

Sugiharto, R. (2017). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 96,97. https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1299

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 69. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224

Yulistia, N., Kartasasmita, Y. A., & Ulfah, U. (2023). Pengaruh Habbit Forming (Pembiasaan) terhadap Karakter Religius Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 1. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2796

Diterbitkan

2025-11-04

Cara Mengutip

Rahimatunnisya, R., Ikhtiono, G., & Angelina, P. R. (2025). Pembentukan karakter religius melalaui praktik keagamaan di sekolah. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(5), 529–540. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i5.20887

Terbitan

Bagian

Articles