Pengaruh metode Yanbu’a terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an di pondok pesantren
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i5.20910Keywords:
Literasi Al-Qur’an, Pesantren, Yanbu’aAbstract
This research aims to determine the effect of the Yanbu’a method on improving students’ ability to read and write the Qur’an in grade VII at Daarus Shofwah Islamic Boarding School, Bojonggede. The study was motivated by the observation that many beginning-level students still struggle with Qur’anic literacy despite being in a religious environment. A quantitative approach with a one group pretest-posttest design was used, complemented by qualitative data to strengthen the findings. Instruments included written and practical reading tests, classroom observations, and teacher interviews. The results showed a significant improvement in students’ skills, with the average pretest score of 46.00 increasing to 88.74 in the posttest. The paired sample t-test revealed a significance value of 0.000 (p < 0.05), indicating a statistically meaningful difference. Qualitative data supported these results, highlighting the role of teacher guidance, repeated practice, and the integration of Islamic manners (adab) in creating a positive learning environment. It can be concluded that the Yanbu’a method is effective not only in enhancing technical reading and writing abilities but also in instilling character values within the pesantren education system.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Yanbu’a terhadap peningkatan kemampuan baca dan tulis Al-Qur’an santri kelas VII di Pondok Pesantren Daarus Shofwah Bojonggede. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena rendahnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada sebagian santri tingkat awal, meskipun telah berada di lingkungan pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest, serta dilengkapi data kualitatif sebagai penguat analisis. Instrumen yang digunakan meliputi tes tulis dan praktik baca Al-Qur’an, observasi kelas, serta wawancara dengan guru pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan santri, dengan rata-rata skor i sebesar 46,00 meningkat menjadi 88,74 pada posttest. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna secara statistik. Data kualitatif menguatkan temuan ini, di mana pendekatan personal guru, pengulangan materi, dan pembiasaan adab terbukti mendukung proses pembelajaran yang efektif. Dengan demikian, metode Yanbu’a terbukti tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis membaca dan menulis Al-Qur’an, tetapi juga menanamkan nilai-nilai karakter dalam pendidikan pesantren.
References
Ardilah, N., Anisa, R., Nurseha, A., Aziz, F. A., & Jauharudin, A. (2023).
Ardilah, N., Anisa, R., Nurseha, A., Aziz, F. A., & Jauharudin, A. (2023). Implementasi metode Yanbu’a untuk meningkatkan hasil belajar baca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Jalancagak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21243–21248.
Fatah, A., & Hidayatullah, M. (2021). Penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Rachman Kudus. Jurnal Penelitian, 15(1), 184–198. https://doi.org/10.21043/jp.v15i1.10749
Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim, 17(1), 83–84.
Ginting, B. R. (2023). Pengaruh metode Yanbu’a terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Swasta Cendekia. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Indal, A. (2022). Metode pembelajaran Al-Qur’an. SUKA Press.
Ainiyah, Q., & Himmah, M. S. (2023). Penerapan metode Yanbu’a dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di Pesantren Fathul Ulum Jombang. Islamic Learning Journal (ILJ): Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 215–230.
Kasmar, F. I., Amnda, V., Maulida, A., Wahana Sari, W., Putra, S., Anwar, F., & Taufan, M. (2019). The concepts of mudarris, mu’allim, murabbi, mursyid, muaddib in Islamic education. Khalifa Journal of Islamic Education, 3(2), 99–110.
Khalisah, S., Lubis, R., & Iskandar, T. (2023). Pelatihan membaca Al-Qur’an sesuai dengan makhārijul ḥurūf dan tajwid pada majlis taklim di Desa Jayasakti Muara Gembong. Jurnal An-Nizam: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 2(1), 28–34.
Khasanah, N. (2017). Studi kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an kelas II SMP di Pondok Pesantren Putri Az-Zahra 13 Ulu Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Permadi, B. A., Mashuri, I., & Wasi’ah, N. N. (2024). Pengaruh metode Yanbu’a terhadap keterampilan membaca Al-Qur’an siswa di MI Darul Amien Jajag. At-Ta’lim: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 13–21.
Saputra, A. (2022). Pelaksanaan metode Yanbu’a dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SMP IT Al-Fateeh Desa Tlogomulyo Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Sassi, K. (2018). Ta’dib as a concept of Islamic education purification: Study on the thoughts of Syed Muhammad Naquib al-Attas. Journal of Malay Islamic Studies, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.19109/jmis.v2i1.2541
Sofwatillah, Risnita, Syahran Jailani, M., & Saksitha, A. D. (2024). Tehnik analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian ilmiah. Journal Genta Mulia, 15, 87–90.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. ke-26). Alfabeta.
Syarifah, I., Azizah, F., Huwaida, N., & Nurin, J. (2022). Implementasi metode Yanbu’a untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menghafal Al-Qur’an. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 144–159. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah
Ulfah, F. D., Ramdhan, & Rohaniawati, D. (2020). Kemampuan menulis Al-Qur’an siswa madrasah ibtidaiyah melalui strategi practice rehearsal pairs. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(1), 102–110. https://doi.org/10.24235/ath.v%vi%i.6938
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Revina Andini Wahidah, Syarifah Gustiawati, Khaidir Fadhil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


