Penerapan media pembelajaran PAI berbasis Flipbook untuk penguatan literasi peserta didik di sekolah

Authors

  • Annisa Eka Ayu Cahya Ningrum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Abdulloh Hamid Magister Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Irfan Tamwifi Magister Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i2.15542

Keywords:

Media Flipbook, Penguatan Literasi, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

This research aims to determine planning, implementation, supporting and inhibiting factors when using PAI-based learning media Flipbook to strengthen students' literacy in the field of Islamic cultural history at SD Negeri Mergosari II Sidoarjo. This research uses a qualitative research method, field research type (field research). This research data collection technique uses observation, interviews, documentation. The data analysis techniques for this research are guided by Miles and Huberman, including data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions. The results of this research show that the planning and implementation of PAI learning using learning media Flipbook at SD Negeri Mergosari II it is running well and can increase student literacy as evidenced by the enthusiasm of students when learning. Supporting and inhibiting factors during implementation were from the media and learning management aspects, however the school was able to overcome these inhibiting factors because of support from infrastructure and the school.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, penerapan, faktor pendukung dan penghambat ketika penggunaan media pembelajaran PAI berbasis Flipbook untuk penguatan literasi peserta didik dalam bidang sejarah kebudayaan Islam di SD Negeri Mergosari II Sidoarjo  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisa data penelitian ini berpedoman pada Miles dan Huberman yang di antaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan, perencanaan pembelajaran PAI bidang sejarah kebudayaan Islam dengan menggunakan media pembelajaran Flipbook di SD Negeri Mergosari II berjalan dengan baik serta mampu meningkatkan literasi peserta didik yang dibuktikan dari antusias peserta didik ketika pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat selama pelaksanaan yaitu dari aspek media, manajemen pembelajaran akan tetapi sekolah mampu mengatasi faktor penghambat tersebut karena adanya dukungan dari sarana prasarana serta pihak sekolah.

References

Abdussamad, Z. (2021). Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Alim, A. A. S., & Hamid, A. (2020). Efektivitas Sistem E-learning Quipper School PadaMata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X MA Ihyaul Ulum Gresik. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 35.

Amin, M., Sibuea, A. M., & Mustaqim, B. (2023). The effectiveness of Moodle among engineering education college students in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(1), 1. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.23325

Amiruddin. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Andriani, R., Andriany, D. A., & Lailla, S. K. (2021). Meningkatkan Kualitas Guru Dalam Menguasai TIK Melalui Program Microsoft Partner in Learning (PiL) dan Aplikasi Moodle. Journal of Science and Technology, 1(1), 2.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Citapustaka Media.

Choo, S. Y., & Idris, S. (2023). Embracing Gen-z’s Learning Styles With a Mobile Enthalpy Game Application (MEGA) for Thermochemical Equation. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 42(1), 65. https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.35394

Faishol, R., Muttaqin, A. I., & Prayogie, M. A. F. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Film Dokumenter Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII C di MTs Kebunrejo Genteng Banyuwangi. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5(1), 41. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v5i1.496

Fitri, N. N., & Amini, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis RADEC Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 6(2), 376.

Goliah, M., & Jamaludin, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Bagian-Bagian Tumbuhan. Jurnal Kilmuan dan Kependidikan Dasar, 15(01), 1.

Hamid, A., & Hadi, M. S. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. Journal of Empirical Research In Islamic Education, 8(1), 150. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i1.7503

Hu, S., Zhong, Y., Gao, M., Wang, W., Dong, H., Liang, X., Li, Z., Chang, X., & Yang, Y. (2023). Marlib: A Scalable and Efficient Multi-agent Reinforcement Learning Library. Journal of Machine Learning Research, 24(8), 1. https://doi.org/10.48550/arXiv.2210.13708

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT Kharisma Putra Utama.

Ilmiah, I. I. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Menggunakan Media Flipbook HTML5 Berbasis Video Kontekstual. Jurnal Guru Inovatif, 2(1), 15–16.

Jonston, N. (2020). The Shift towards Digital Literacy in Australian University Libraries: Developing a Digital Literacy Framework. Journal of The Australian Library and Information Association, 69(1), 93–94. https://doi.org/10.1080/24750158.2020.1712638

Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 21. https://doi.org/10.30651/else.v7i1.14065

Khairunnisa, R., Alamsyah, T. P., VY, I. A., & Syachruroji, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP-BOOK DIGITAL PADA SUBTEMA “AKU ANAK MANDIRI” DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 1-9.

Khan, S. H. (2014). A model for integrating ICT into teacher training programs in Bangladesh based on TPCK. Technology, International Journal of Education and Development using Information and Communication (IJEDICT, 10(3), 21–22.

Kim, J.-Y., Jung, E. Y., Chung, H., Kim, J.-O., & Lee, T.-W. (2020). A Case Study on Novel-Engineering-based Maker Education Program for Pre-service Teachers. Dalam Education and Awareness of Sustainability (hlm. 1). World Scientific Publishing. https://doi.org/10.1142/9789811228001_0001

Lisnawati, S., Islam, R. A. F., & Subagiya, B. (2023). Penggunaan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar Fiqih pada siswa di MTS. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 417–418. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i4.15036

Mahisarani, Sinaga, A. I., & Anas, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis web untuk meningkatkan keterampilan membaca Alquran siswa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 219–220. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.9955

Marwah, R. S. D., Hamid, A., & Tamwifi, I. (2023). Implementasi Program Tahfidz al-Qur’an terhadap Peningkatan Spiritual Siswa MAN 2 Kota Malang. QUALITY, 11(1), 111-126.

Mirnawati, L. B., & Fabriya, R. A. V. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 10(1), 24. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837

Muhammad, G., Zakiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2021). Implementasi pendidikan karakter religius melalui media pembelajaran berbasis teknologi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 482–483. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5073

Ngizzah, H. K., Jati, S. S. P., & Ayundasari, L. (2023). Pengembangan media pembelajaran e-flipbook berbasis flip PDF professional materi penjajahan bangsa Eropa ke Indonesia untuk siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(3), 241. https://doi.org/10.17977/um063v3i3p240-252

Nguyen, M. H., & Hargittai, E. (2023). Digital Disconnection, Digital Inequality, and Subjective well-being: A Mobile Experience Sampling Study. Journal of Computer-Mediated Communication, 29(1), 1. https://doi.org/10.1093/jcmc/zmad044

Lake, A. C. R., Lipikuni, H. F., & Jenahut, K. S. (2023). Pengembangan media pembelajaran flipbook cerita rakyat nusa tenggara timur untuk meningkatkan literasi budaya siswa. Cakrawala Indonesia, 8(1), 1-10.

Rahman, A. A., & Nasrya, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 327.

Rahmayanti, M. N. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Teknik Kerja Aseptis di SMKN 1 Kuningan. Jurnal Pendidikan, 14(1), 34.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan.

Shum, S. B., & Crick, R. D. (2016). Learning Analytics for 21^st Century Competencies. Journal Of Learning Analytics, 3(2), 6. https://doi.org/10.18608/jla.2016.32.2

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 3. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Sriwahyuniati, C., Fajar, Hidayatullah Furqon, M., Purnama, S. K., Siswantoyo, & Tomoliyus. (2023). Game-based rhythmic gymnastics exercise models to develop gross motor skills for primary school students. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 42(1), 100. https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.46027

Susanto, R., Widyaningsih, S., Afandi, A., & Mardikaningsih, A. (2023). Pengembangan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekstrakurikuler Pramuka Penggalang Di Era Pandemi Covid 19. Pandega: Jurnal Kajian Pendidikan dan Kepramukaan, 1(1), 1–2. https://doi.org/10.26858/pandega.v1i1.45535

Ulandari, Ariyati, E., & Titin. (2018). Pengaruh Flash Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 11 Pontianak. Journal of Equatorial Education and Learning, 7(12), 3.

Yazon, A. D., Ang-Manaig, K., Buama, C. A. C., & Tesoro, J. F. B. (2019). Digital Literacy, Digital Competence and Research Productivity of Educators. Universal Journal of Educational Research, 7(8), 1734. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070812

Yuvita, Y., Husain, A., Sulistyawati, A. E., Meiristiani, N., Fatimah, E., & Sunmud, S. (2023). Assessing the digital literacy competence of pre-service English teacher in Indonesia and Thailand. Journal of Education and Learning (EduLearn), 17(4), 604. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i4.20910

Zainiyati, H. S. (2013). Media Pembelajaran PAI (Teori dan Aplikasinya). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surabaya.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Ningrum, A. E. A. C., Hamid, A., & Tamwifi, I. (2024). Penerapan media pembelajaran PAI berbasis Flipbook untuk penguatan literasi peserta didik di sekolah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 86–101. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i2.15542

Issue

Section

Artikel