Pendidikan etika bertamu dan menyambut tamu di kisah Nabi Ibrahim dalam Tafsir Nusantara

Authors

  • Alif Hibatullah Magister Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i3.16544

Keywords:

Pendidikan, Etika, Nabi Ibrahim, Tafsir Nusantara

Abstract

Moral degradation in guest and host etiquette has become a serious issue, with many people needing more proper conduct in social interactions, leading to various conflicts. Common problems include guests entering homes without permission and hosts providing inadequate receptions. This study aims to analyze the interpretations of Indonesian scholars (mufasir Nusantara) regarding the story of Prophet Ibrahim welcoming his guests, using Roland Barthes' semiotic analysis in a qualitative research framework. The findings highlight that essential guest etiquette includes being polite, greeting before entering, and not inconveniencing the host. For hosts, the critical etiquette is to be friendly and kind, offer a warm welcome with refreshments and engage the guests in conversation to understand their purpose. To instill these ethical values, they can be integrated into the school environment through educational materials derived from the story of Prophet Ibrahim and modeled by teachers greeting students before entering the classroom. Additionally, habituation in the family setting, where parents teach children to be polite and welcoming, ensures these values are ingrained from an early age.

 

Abstrak

Degradasi moral dalam tata krama tamu dan tuan rumah telah menjadi permasalahan yang serius, karena banyak orang yang memerlukan perilaku yang lebih baik dalam berinteraksi sosial, sehingga menimbulkan berbagai konflik. Masalah yang umum terjadi adalah tamu memasuki rumah tanpa izin dan tuan rumah memberikan sambutan yang tidak memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penafsiran para ulama Indonesia (mufasir Nusantara) terhadap kisah Nabi Ibrahim menyambut tamunya, dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dalam kerangka penelitian kualitatif. Temuan ini menyoroti bahwa etika tamu yang penting mencakup bersikap sopan, memberi salam sebelum masuk, dan tidak merepotkan tuan rumah. Bagi tuan rumah, etiket penting adalah bersikap ramah dan baik hati, memberikan sambutan hangat dengan minuman segar, dan mengajak para tamu berbincang untuk memahami tujuan mereka. Untuk menanamkan nilai-nilai etika tersebut dapat diintegrasikan ke dalam lingkungan sekolah melalui materi pendidikan yang bersumber dari kisah Nabi Ibrahim dan dicontohkan dengan cara guru menyapa siswa sebelum memasuki kelas. Selain itu, pembiasaan dalam lingkungan keluarga, dimana orang tua mendidik anak untuk bersikap sopan dan ramah, memastikan nilai-nilai ini tertanam sejak dini.

 

References

Alfiyah, S., & Hariyadi, B. (2021). Internalisasi Pendidikan Akhlak dalam Menguatkan Karakter Islami Siswa MI Perwanida Blitar. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.18592/moe.v8i1.6273

Al-Jawi, M. N. (1997). Marah Labih Likasyaf Al-Quran Al-Majid (Vol. 1). Dar al-Kitab al-’Ilmiyah.

Amrullah, H. A. A. (1990). Tafsir Al-Azhar (Vol. 5). Pustaka Nasional PTE LTD Singapura.

Andre, Zabadi, A., & Maulana. (2023). Adab Bertamu Dalam Al- Qur’an (Studi Analisis Penafsiran Al-Qurtubi pada Surah an-Nur Ayat 27-29 dalam Tafsir Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an). Jurnal Ilmiah Falsafah: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi dan Humaniora, 9(2), 69–84. https://doi.org/10.37567/jif.v9i2.2273

Ash-Shiddieqy, T. M. H. (2000a). Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur (Vol. 3). PT. Pustaka Riski Putra.

Ash-Shiddieqy, T. M. H. (2000b). Tasfir Al-Qur’anul Majid An-Nur (Vol. 5). PT. Pustaka Riski Putra.

Ash-Shiddieqy, T. M. H. (2012). Tafsir Al-Bayan Tafsir Penjelas Al-Qur’anul Karim (3 ed.). PT. Pustaka Riski Putra.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fatmasari, S., Aziz, I., & Hasyim, U. A. F. A. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pai Di Sma Negeri 3 Metro. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(1), 28–34. https://doi.org/10.51214/bip.v4i1.859

Hassan, A. (2021). Al-Furqan Al-Qur’an Terjemah dan Tafsir. Persispers.

Hibatullah, A., & Musyarrofah. (2023). Analisis Al-Dakhil Kisah Nabi Sulaiman dalam Tafsir Al-Iklil Karya Misbah Mustafa. Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(1), 119–144.

Hidayat, W. (2018). Representasi Makna Ideologis Kisah Ashab al-Kahf: Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Surah Al-Kahf. Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith, 8(1), 170–190. https://doi.org/10.15642/mutawatir.2018.8.1.170-190

Islamiati, M., & Jazuli, S. (2024). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Karakter di MTS Negeri 1 Hulu Sungai Selatan. Atta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1).

Lestari, E. W., & Anshori, I. (2021). Pendidikan Keagamaan Anak Keluarga Muslim Perdesaan pada Era Industri 4.0. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.4939

Linsyiana, H., Hardivizon, & Yunita, N. (2022). Etika Bertamu dalam al-Qur’an (Studi Komparatif Tafsir al-Misbah dan al-Maraghi). A-Huda: Journal of Qur’anic Studies, 1(1), 61–78.

Marini, A., Nafisah, S., Sekaringtyas, T., Safitri, D., Lestari, I., Suntari, Y., Umasih, Sudrajat, A., & Iskandar, R. (2022). Mobile Augmented Reality Learning Media with Metaverse to Improve Student Learning Outcomes in Science Class. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(7), 99–115. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i07.25727

Marzuqi, A. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter di Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8351

Muawwanah, S., & Darmiyanti, A. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 909–916. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2007

Muhammad, G., Zakiah, Q. Y., & Erihadia, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5073

Mustafa, B. (t.t.). Al-Ibriz li Ma’rifati Tafsir Al-Qur’an Al-’Aziz. Menara Kudus.

Nafsiyah, F., & Rizal, S. (2023). Etika dalam Bertamu (Pemaknaan Hadis Mengucapkan Salam). Musnad: Jurnal Ilmu Hadis, 1(2).

Putra, M., & Yamani, Z. (2023). Problematika Sosial Dalam Bertamu Perspektif Adat Jawa. Al-Mabhats: Jurnal Penelitian Sosial Agama, 8(1), 55–77. https://doi.org/10.47766/almabhats.v8i1.1641

Rahardjo, M. D. (1996). Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci. Paramadina.

Rohman, A. (2021). Konsep Pluralisme Agama dalam Al-Qur’an (Aplikasi Teori Roland Barthes terhadap Qs. Al-Baqarah [2]: 62). Bayani: Jurnal Studi Islam, 1(2), 190–209.

Romlah, Nurwahidin, M., & Sudjarwo. (2022). Etika Bertamu Menurut Al-Qur’an. Sigma-Mu, 14(2), 12–21. https://doi.org/10.35313/sigmamu.v14i2.4669

Rosyidin, M. A. (2021). Pendekatan Etis Religius dalam Pendidikan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 433–450. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.5370

Santosa, A., Wahyudin, A. Y., & Febriansyah, R. (2023). Penerapan Teknologi Virtual Reality Metaverse Pada Pendidikan Usia Dini. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 290–295.

Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al-Mishbah (Kesan, Pesan dan Keserasian Al-Qur’an) (5 ed., Vol. 1). Lentera Hati.

Syahid, A. (2021). Penafsiran Ayat Etika Bertamu Dalam Kitab Rawa´I’U Al-Bayan dan Kontekstualisasinya di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 20(1). https://doi.org/10.18592/jiiu.v20i1.3763

Yunus, M. (2015). Tafsir Qur’an Karim. PT. Mahmud Yunus Wa Dzurriyah.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Hibatullah, A. (2024). Pendidikan etika bertamu dan menyambut tamu di kisah Nabi Ibrahim dalam Tafsir Nusantara. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(3), 211–223. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i3.16544

Issue

Section

Artikel