Muatan profil pelajar Pancasila dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat SMP Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i6.18009Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Buku Teks PAI, Kurikulum MerdekaAbstract
The Pancasila Student Profile plays an important role in forming character and national values in the world of education, and textbooks are the leading media for conveying and integrating national values in the learning process. The purpose of the Pancasila Student Profile is in line with the function of Religious Education as stated in PP No. 55 of 2007, namely to form human beings who believe and are devoted to God Almighty, have noble morals, and can maintain peace and harmony in inter-religious relations. This study is important to determine the extent to which Islamic Religious Education textbooks reflect the dimensions of the Pancasila Student Profile, which are very important for character education. This study is a qualitative study with a literature review method, where the Islamic Religious Education textbook for the Independent Curriculum for junior high school level is the primary data source, and journal articles are secondary data. Data were collected and analyzed using the content analysis method. The study results indicate that the dimensions of the Pancasila Student Profile are contained in the Islamic Religious Education textbook.
Abstrak
Profil Pelajar Pancasila berperan penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai kebangsaan di dunia pendidikan, dan buku ajar adalah media utama untuk menyampaikan dan mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari Profil Pelajar Pancasila ini selaras dengan fungsi Pendidikan Agama yang tercantum dalam PP No. 55 Tahun 2007 yakni membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mencerminkan dimensi Profil Pelajar Pancasila, yang esensial untuk pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kajian pustaka, di mana buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka tingkat SMP menjadi sumber data primer dan artikel jurnal sebagai data sekunder. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Profil Pelajar Pancasila termuat dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
References
Aisha, H., Kresnadi, H., & Bistari, B. (2023). Pengembangan leaflet dikaji dalam dimensi bernalar kritis di kelas IV SD Negeri 39 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(4), 931–947. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i4.3518
Alpian. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1, 1–7.
Amiran, S. (2016). Efektivitas penggunaan metode bermain di PAUD Nazareth Oesapa. Jurnal Pendidikan Anak.
Hasanah, N., Enteding, A., Jayadin Ilham, M., & Tahengo, S. (2023). Description of students’ understanding in the Pancasila student profile on the dimension. Linier: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 2776–3463. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.584
Hoirul Anam. (2022). Kedudukan Al-Quran dan Hadis sebagai dasar pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2, 1–10.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan pelajar Pancasila. Jurnal Universitas PGRI Palembang.
Kartiwan, Chindria, A. Fauziah, U. (2023). Peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.
Latifah. (2023). Implementasi kurikulum merdeka terkait profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 12 Cimahi. Bandung Conference Series: Islamic Education.
Marisa, M. (2021). Curriculum innovation “independent learning” in the era of Society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, 67–78.
Martin. (2022). Pentingnya peranan kurikulum yang sesuai dalam pendidikan di Indonesia. Journal Mahesa Center, 125–134.
Maulina, I., & Hazilina, H. (2022). Implementasi penilaian portofolio di taman kanak-kanak era pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3351–3360. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2396
Muda, Z., & Monggilo, Z. (2020). Analisis konten kualitatif hoaks dan literasi digital dalam @komikfunday. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 1–18.
Mulyasa. (2023). Implementasi kurikulum merdeka. PT Bumi Aksara.
Musdalipah, M., & Muktamar, A. (2023). Profil pelajar Pancasila dalam perspektif pendidikan agama Islam dan budi pekerti Rustang Bin Lapude. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(4), 164–180. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v1i4.399
Nasionalita, K., & Nugroho, C. (2020). Indeks literasi digital generasi milenial di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Novia Nur Azizah, E., & Suryaningsih, Y. (2023). Implementasi artificial intelligence dalam merdeka belajar pada bidang humaniora. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 5, 2023.
Nurhalizah, T. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di tingkat kelas 7 dalam meningkatkan kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5.
Nurul Hidayati, A., Yusuf, M., Nasir, M., & Kirom, A. (2023). Relevansi nilai-nilai multikultural dalam buku pendidikan agama Islam dan budi pekerti dengan dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 51–59. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.22
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana.
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 55 TAHUN 2007. (2007).
Puspita, Y. (2018). Pentingnya pendidikan multikultural. Jurnal Universitas PGRI Palembang, 285–291.
Ronny, P., & Mahendra, A. (2023). Peran pendidikan IPS dalam pendidikan multikultural. Journal on Education, 5(2), 4468–4475.
Rohmah, S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.
Sya’ban, B., Anwar, S., & Romli, U. (2024). Muatan profil pelajar Pancasila dalam buku ajar PAI kelas 4-6 sekolah dasar. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 415–428. https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14027
Tanjung, Z. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 2(2), 1–4. http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wathon, A. (2019). Membangun kemandirian siswa melalui kegiatan bermain alat permainan edukatif. Sistem Informasi Manajemen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.