Transformasi digital dan manajemen perubahan di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Authors

  • Dwi Putri Agustia Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Nuril Mufidah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Hani Winingrum Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v14i2.18503

Keywords:

Manajemen Perubahan, Pendidikan Islam, Transformasi Digital

Abstract

This study examines change management practices at the Islamic Education Institute Tafaqquh Fiddin (IAITF) Dumai in response to challenges emerging from the digital transformation era. The research focuses on the institution's limited technological infrastructure, low digital literacy among educators, and resistance to change. A qualitative approach with a case study design was employed, utilizing in-depth interviews with administrators and educators. The findings reveal that while technological adaptation is progressing, a systematic and collaborative change management approach remains underdeveloped. Kurt Lewin’s change management model, emphasizing the stages of unfreezing, changing, and refreezing, served as the analytical framework. The study underscores the need for continuous digital skills training, strategic investment in technological infrastructure, and a participatory approach to foster wider acceptance of change. These recommendations aim to enhance the institution’s adaptability to technological advances and contribute to the broader discourse on Islamic education management in the digital era, offering practical insights for similar institutions.

Abstrak
Penelitian ini mengkaji manajemen perubahan di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin (IAITF) Dumai dalam menghadapi tantangan era transformasi digital. Fokus penelitian terletak pada keterbatasan infrastruktur teknologi, rendahnya keterampilan digital pendidik, serta resistensi terhadap perubahan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus melalui wawancara mendalam terhadap pengurus dan pendidik. Hasil temuan menunjukkan bahwa adaptasi terhadap teknologi telah berlangsung, namun belum diikuti dengan pengelolaan perubahan yang sistematis dan kolaboratif. Model manajemen perubahan Kurt Lewin digunakan sebagai kerangka dalam analisis, menekankan pentingnya tahapan unfreeze, change, dan refreeze. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan digital berkelanjutan, investasi infrastruktur, serta pendekatan partisipatif untuk memperkuat penerimaan perubahan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan manajemen pendidikan Islam yang adaptif terhadap era digital dan menjadi referensi strategis bagi lembaga pendidikan Islam lainnya.

References

Adlin, M. (2016). Tantangan manajemen pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Ihya’ Al-’Arabiyah, 2(1), 47–62.

Amidos, J., Sari, M., & Maharani, A. (2022). Perilaku organisasi. https://doi.org/10.52931/t4b6/2022

Arifah, N. (2020). Manajemen perubahan dalam mewujudkan madrasah berprestas. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 57–70.

Arrazaq, Z. (2023). Filantropi pendidikan Islam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat era transformasi digital di Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 505–522. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-9

Aulia, R., & Aslami, N. (2023). Peran manajemen perubahan dalam menghadapi tantangan dan mengoptimalkan peluang di era digital: The role of change management in facing challenges and optimizing opportunities in the digital age. Journal of Nusantara Economic Science (JNES), 1(2), 65–72.

Cummings, S., Bridgman, T., & Brown, K. G. (2016). Unfreezing change as three steps: Rethinking Kurt Lewin’s legacy for change management. Human Relations, 69(1), 33–60. https://doi.org/10.1177/0018726715577707

Darma, A. (2019). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen perubahan di lembaga pendidik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–18. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking

Dewi, R. R., & Teguh, K. (2019). Manajemen perubahan organisasi publik: Mengatasi resistensi perubahan. Jurnal Natapraja: Kajian Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 53–72.

Hasna, M. (2023). Digitalisasi pengelolaan sekolah dasar negeri Kota Banjarmasin: Tinjauan analisis SWOT dalam strategi pengembangan sekolah digital. Jurnal Pendidikan Moder, 10(1), 32–42.

Hasnida, S. S., Adrian, R., & Siagian, N. A. (2024). Transformasi pendidikan di era digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1. https://kumparan.com/aan-herdian89/transformasi-pendidikan-di-era-digital-1zG74Ilpzc4/4

Hayadi, H., Yusuf, F. A., Riwayanto, I. S., & Nurhasanah, D. (2024). Penerapan konsep perubahan organisasi menurut Kurt Lewin dalam pengelolaan perubahan di lingkungan sekolah dasar pada tinjauan atas tantangan dan strategi penyusunan. Technical and Vocational Education International Journal, 4(1), 1–10.

Khair, H. (2021). Peran lembaga pendidikan dalam masyarakat di era modern. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 12(2), 24–36. https://doi.org/10.62815/darululum.v12i2.67

Khusnaeni, A. (2024). Penerapan teknologi inovatif dalam media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa di SMK Pembangunan. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(6), 877–885.

Kurniati, W. (2016). Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru di Yayasan Nurul Islam Lubuk Gaung. Jurnal IAITF Dumai: Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin, 2(3), 1–16.

Kusmardiningsih, W. T. (2023). Pendidikan Islam transformatif Imam Al-Ghazali: Upaya mewujudkan. Managiere: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 23–40. https://doi.org/10.35719/managiere.v2i2.1881

Mahlani, A. I., Pilo, N., & Mahmud, H. (2020). Perspektif pendidikan Islam tentang manajemen perubahan untuk pengembangan lembaga pendidikan Islam. Journal of Management Science (JMAS), 1(3), 26–36.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Jannah, M., Shafika, N., Parsetyo, E. B., & Habib, S. (2023). Transformasi digital dalam manajemen pendidikan Islam: Peluang dan tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 5(1), 131–140. https://doi.org/10.30739/jmpid.v5i1.2094

Munir, M., & Su’ada, I. Z. (2024). Manajemen pendidikan Islam di era digital: Transformasi dan tantangan implementasi teknologi pendidikan. Journal of Islamic Education and Management, 5(1), 1–13.

Munir, M., & Ermita, Z. (2017). Manajemen perubahan lembaga pendidikan Islam di era globalisasi. J-MPI, 2(2), 114–127.

Pramesthy, T. D., & Hutapea, R. Y. F. (2020). Composition of sondong fish catch at the fish landing base (PPI) of Dumai City, Riau. AURELIA JOURNAL: Authentic Research of Global Fisheries Application Journal, 1(2), 87–91.

Putri, R. A. (2023). Pengaruh teknologi dalam perubahan pembelajaran di era digital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), 105–111. https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i3.233

Rizal, A., & Kahfi, S. N. (2023). Manajemen perubahan di era digital: Tantangan dan peluang bagi adaptasi organisasi. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 933–941.

Rusli, T. S., Bosri, Y., Amelia, D., Rahayu, D., Setiaji, B., Suhadarliyah, & Syarfina, et al. (2024). Pengantar metodologi pengabdian masyarakat (Vol. 6). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Anggota IKAPI. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Sari, W. (2023). Manajemen perubahan lembaga pendidikan Islam Pesantren Al-Hasyimiyah Pabatu. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 2(3), 41–50.

Sudiantini, D., Ayu, M. P., Aswan, M. C. A. S., Prastuti, M. A., & Melani, A. (2023). Transformasi digital: Dampak, tantangan, dan peluang untuk pertumbuhan ekonomi digital. Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 1(3), 21–30.

Sulistio, A., Binti, M., & Asrop, S. (2024). Fenomena manajemen perubahan: Konsep, model, dan implementasinya pada lembaga pendidikan Islam transformatif. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 4(3), 210–226.

Surachman, A., Putri, D. E., & Nugroho, A. (2024). Transformasi pendidikan di era digital: Tantangan dan peluang. Journal of International Multidisciplinary Research Transformasi, 2(3), 52–63.

Syerlita, R., & Siagian, I. (2024). Dampak perkembangan revolusi industri 4.0 terhadap pendidikan di era globalisasi saat ini. Journal on Education, 7(1), 3507–3515. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6945

Ubaid, R. (2016). Bahasa Arab dalam pusaran arus globalisasi: Antara pesimisme dan optimisme.

Umairah, S. J. (2023). Pendidikan Islam transformatif dalam kurikulum merdeka belajar era. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 507.

Wijaya, A. ’A., Tetuko, H., Sari, R., Indarwati, L. A., Tri, A., & Dina, R. (2022). Implementasi manajemen perubahan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 626–634.

Downloads

Published

2025-05-02

How to Cite

Agustia, D. P., Mufidah, N., & Winingrum, H. (2025). Transformasi digital dan manajemen perubahan di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 126–138. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v14i2.18503

Issue

Section

Artikel