Kepemimpinan Siti Walidah dalam pendidikan

Authors

  • Noor Isna Alfaien Universitas Ibn Khaldun
  • Respati Prajna Vashti Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i1.6933

Keywords:

Kepemimpinan, Transaksional, Visioner, Siti Walidah

Abstract

The leadership model of a leader will determine what steps must be taken to achieve educational goals. To achieve educational goals, a person must have a leadership spirit. Siti Walidah, who is also better known as "Nyai Ahmad Dahlan" is one of the leaders in the formation of the "Aisiyah" organization. Through her role as Nyai Ahmad Dahlan, she took this opportunity to fight, by providing opportunities for women to get an education. This research was conducted to know the Islamic education leadership model from the perspective of Siti Walidah. The hope is that Siti Walidah's leadership model produces a leadership style in Islamic education, of course, this leadership style can be used as a reference when a woman becomes a leader in an educational organization. This research is included in the type of library research, by reading, analyzing, and concluding the relevant literature. There are two leadership models that Siti Walidah uses in building educational organizations, including transformational leadership and visionary leadership.

 

Abstrak

Model kepemimpinan seorang pemimpin akan menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan. Untuk mencapai tujuan pendidikan seseorang harus memiliki jiwa kepemimpinan. Siti Walidah sosok yang juga lebih terkenal dengan panggilan "Nyai Ahmad Dahlan” merupakan salah satu pemimpin dalam pembentukan organisasi "Aisiyah”. Melalui perannya sebagai Nyai Ahmad Dahlan, di ambilnya kesempatan ini untuk memperjuangkan, dengan memberikan kesempatan kepada para perempuan dalam mendapatkan pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui model kepemimpinan pendidikan Islam perspektif Siti Walidah. Harapannya adalah model kepemimpinan Siti Walidah menghasilkan gaya kepemimpinan dalam pendidikan Islam, tentu gaya kepemimpinan ini dapat dijadikan sebagai acuan ketika seorang perempuan menjadi pemimpin dalam suatu organisasi pendidikan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kajian pustaka (library reseacrh), dengan membaca, menganalisis dan menyimpulkan literatur yang relevan. Ada dua model kepemimpinan yang Siti Walidah gunakan dalam membangun organisasi pendidikan, di antaranya adalah kepemimpinan transformasional, dan kepemimpinan visioner.

References

Alfiani, M. M., & Fauziyah, Y. (2020). Manajemen Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Islamika, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.403

Amir, D. (2012). KONSEP MANUSIA DALAM SISTEM PENDIDIKAN ISLAM. Al-Ta'Lim. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.52

Ardiyani, D. (2017). Konsep Pendidikan Perempuan Siti Walidah. Tajdida. 15(1).

Arif, S. (2015). MANUSIA DAN AGAMA. Islamuna: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.659

Baha'uddin, dkk. 2010. ‘Aisyiyah dan Sejarah PergerakanPerempuan Indonesia: Sebuah Tinjauan Awal. Yogyakarta: Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada

Mu'arif, & Setyowati, H. N. (2011). Srikandi-srikandi'Aisyiyah. Suara Muhammadiyah.

Muhammad, H. (2014). Islam dan Pendidikan Perempuan. Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.32.231-244

Nashir, H. (2010). Muhammadiyah Grakan Pembaharuan, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah

Nasution, Halimatussa'diyah, Nahar, S. & Sinaga, A. I. (2019) . Studi Analisis Pemikiran Siti Walidah (Nyai Ahmad Dahlan) Dalam Pendidikan Perempuan. Ihya Al-Arabiyah:Jurnal Pendidikan dan Bahasa Arab

Olifiansyah, M., Hidayat, W., Dianying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v14i1.2123

Pribudhiana, R., Bin Don, Y., & Yusof, R. bin M. (2020). The influence of visionary leadership towards the teaching profession in Indonesia. Revisita Argentina de Clinica Psicologica, 29, 496–505. https://doi.org/10.24205/03276716.2020.856

Qori, H. I. L. A. (2013). KEPEMIMPINAN KARISMATIK VERSUS KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL D. Analisa.

Rukaesih, A. M. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taylor, C. M., Cornelius, C. J., & Colvin, K. (2014). Visionary leadership and its relationship to organizational effectiveness. Leadership and Organization Development Journal. https://doi.org/10.1108/LODJ-10-2012-0130

Wati, Ika Setiya, & Ragil Agustono. (2017). PERAN SITI WALIDAH DIBIDANG PENDIDIKAN DAN SOSIAL DALAM PERKEMBANGAN AISYIYAH TAHUN 1917-1946. Jurnal Swarnadipa. 1 (2).

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Alfaien, N. I., & Vashti, R. P. (2022). Kepemimpinan Siti Walidah dalam pendidikan. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 90–99. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i1.6933

Issue

Section

Artikel