Analisis SWOT Madrasah Aliyah dalam meningkatkan lulusan di tingkat nasional menyambut peradaban unggul tahun 2045

Authors

  • Ulil Amri Syafri Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Bairanti Asriandhini Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abdul Hayyie AlKattani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hilda Rifkawaty Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rizcka Fatya Rahayu Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Achmad Fawwas Gibran Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8846

Keywords:

Kejuruan, Madrasah, Peradaban, SWOT.

Abstract

The quality and opportunity of Madrasah development are determined by internal and external factors. This study aims to understand the strategies and opportunities of Madrasah Aliyah in strengthening national graduates' levels to be a Superior Civilization in 2045. This study uses a qualitative approach. In qualitative method uses literature study and SWOT Analysis with the rating scale filled out by 6 experts' respondent. The analysis SWOT results showed that the position of Accredited madrasahs A and B was found in quadrant III. This result shows that the madrasah needs a turnaround strategy, by optimizing opportunities and minimizing weaknesses. In addition, madrasahs need to make several changes, such as optimization of vocational curriculum and changes in technology. Another result is madrasah curriculum and the religiosity of madrasah students support to formed a superior civilization in 2045

 

Abstrak

Kualitas dan peluang perkembangan sebuah madrasah ditentukan oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peluang madrasah Aliyah dalam menguatkan lulusan tingkat nasional menyambut peradaban unggul tahun 2045. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Metode kualitatif menggunakan studi literatur dan analisis SWOT dengan penentuan skala rating oleh 6 orang responden ahliHasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi madrasah Akreditasi A dan B berada pada kuadran III. Hal ini menunjukkan bahwa madrasah perlu melakukan strategi Weakness-Opportunity (turn around) yaitu dengan mengoptimalkan peluang dan meminimalisir kelemahan madrasah. Selain itu dapat dilihat melalui strategi ini, madrasah perlu melakukan beberapa perubahan, seperti optimalisasi kurikulum kejuruan dan perubahan teknologi. Hasil lainnya adalah bahwa kurikulum keagamaan madrasah dan tingkat keberagamaan/religiositas responden yang berasal pelajar madrasah mendukung untuk terwujudnya peradaban unggul 2045.

Author Biographies

Ulil Amri Syafri, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor

Bairanti Asriandhini, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor

Abas Mansur Tamam, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor

Abdul Hayyie AlKattani, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor

Hilda Rifkawaty, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor

Rizcka Fatya Rahayu, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor

Achmad Fawwas Gibran, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor

References

Afandi, Z. (2019). Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al Mawaddah Kudus. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(1), 55.

Annur, C. M. (2022). Berapa Jumlah Anak Putus Sekolah di Indonesia? | Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/16/berapa-jumlah-anak-putus-sekolah-di-indonesia

bacamalang.com, R. (2021). Riset Ketertarikan pada Pendidikan Vokasi dan SMK, MarkPlus Paparkan Hasilnya. BACAMALANG.COM. https://bacamalang.com/riset-ketertarikan-pada-pendidikan-vokasi-dan-smk-markplus-paparkan-hasilnya/

Gravetter, F., & B. Forzano, L.-A. (2018). Reseach Methods For The Behavioral Sciences Sixth Edition. Cangage.

Isamuddin; Faisal; Maisah; Hakim;& Anwar. (2021). Implementasi Analisis Swot pada Manajemen Strategik dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 1–17.

Kamal, M., Marwazi, M., & Ritonga, A. H. (2021). Strategi Mencapai Loyalitas Pelanggan Madrasah. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Norman, E. (2022). SWOT Analysis as a Strategy for Madrasah Principals in Realizing Academic Madrasah. Al Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam., 06(02), 520–530.

Priyatna, M. (2016). Strategi Pengembangan Madrasah Berbasis Budaya Lokal Di Kp. Cicakal Girang Desa Kanekes, Kec. Leuwi Damar Kab. Lebak, Provinsi Banten. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05, 1175–1183.

RI, K. (2022). Data Pesantren Dan Madrasah. http://emispendis.kemenag.go.id/

Suryadi, B., & Bahrul, H. (2021). Religiusitas Konsep, Pengukuran, dan Implementasi di Indonesia. Bibliosmia Karya Indonesia.

Susanti, A. (2015). Banyak Siswa MTs Tak Lanjutkan Ke Madrasah Aliyah.

Susetyo, B., & N. Ummu Athiyah, C. (2021). Peta Mutu Pendidikan Madrasah Berdasarkan Akreditasi. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 9(1), 71–80. https://doi.org/10.36052/andragogi.v9i1.223

Syafri, U. A. (2021). Pendidikan Bukan-Bukan Menyingkap Pendidikan Islam Di Nusantara. LovRinz Publishing.

Tardian, A. (2019). Manajemen Strategik Mutu Sekolah: Studi Kasus di SD Al-Irsyad Al Islamiyah 02 Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 7(2), 192–203.

Widdah, M. El, & Huda, S. (2018). Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Madrasah. Salim Media Indonesia (Anggota IKAPI.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Syafri, U. A., Asriandhini, B., Tamam, A. M., AlKattani, A. H., Rifkawaty, H., Rahayu, R. F., & Gibran, A. F. (2023). Analisis SWOT Madrasah Aliyah dalam meningkatkan lulusan di tingkat nasional menyambut peradaban unggul tahun 2045. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 62–74. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8846

Issue

Section

Artikel