Internalisasi akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cahaya Ummat Kabupaten Semarang

Authors

  • Sudarto Universitas Islam Sultan Agung
  • Susiyanto Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i2.9188

Keywords:

Metode Internalisasi, Motivasi Pembelajaran Akhlak

Abstract

This research is to find out how to develop internalization methods in creating moral learning motivation at the Cahaya Ummat Integrated Islamic Elementary School, Semarang RegencyThe method used in this study is using qualitative method. Data collection through observation and documentation methods. From the results of this study, it was found that the Development of Internalization Methods in Creating Moral Learning Motivation at SDIT Cahaya Ummat has a curriculum, namely Islamic Personal Development (BPI) and Islamic Religious Education (PAI). With these two curricula, students at the Cahaya Ummat Integrated Islamic Elementary School are very motivated, this is shown by several activities at school and outside of school that always prioritize good morals. Even so, there are still many aspects of Islamic Personal Development (BPI) that need to be reviewed to make this program well implemented.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara Pengembangan Metode Internalisasi dalam Menciptakan Motivasi Pembelajaran Akhlak di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cahaya Ummat Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan datanya melalui metode observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Pengembangan Metode Internalisasi dalam Menciptakan Motivasi Pembelajaran Akhlak di SDIT Cahaya Ummat memiliki kurikulum yaitu Bina Pribadi Islam (BPI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan adanya dua kurikulum tersebut, peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cahaya Ummat sangat termotivasi, hal ini ditunjukkan beberapa kegiatan disekolah maupun di luar sekolah selalu mengedepankan akhlak yang baik. Meskipun demikian masih banyak aspek-aspek dari Bina Pribadi Islam (BPI) yang perlu ditinjau ulang untuk menjadikan program ini terlaksana dengan baik.

References

Adri, J., Ambiyar, A., Refdinal, R., Giatman, M., & Azman, A. (2020). Perspektif Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Pada Perubahan Tingkah Laku Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 170. doi: 10.31571/edukasi.v18i2.1845

Akmaliyah, W. (2017). Program pascasarjana program studi pendidikan agama Islam IAIN Metro 1438 h / 2017 m.

Arifin, D. (2012). Universitas negeri medan. Tematik Universitas Negeri Medan, 11(1), 26–36.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.

Hamid, A. (2016). Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127.

Haryadi, L. F. & Safinah. (2021). Al-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 19–27.

Indah, M. Y. N., Yanti, M. M., Arifi, Y., Pawestri, A. A. M., & Hermahayu, H. (2020). Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Magelang. Jurnal VARIDIKA, 32(1), 61–69. doi: 10.23917/varidika.v32i1.11141

Pebruanti, L., & Munadi, S. (2015). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Menggunakan Modul di SMKN 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 365. doi: 10.21831/jpv.v5i3.6490

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: Jenis, karakteristik dan keunggulannya. doi: 10.31219/osf.io/mfzuj

Rosidah, R. (2018). Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Learning By Doing. Qawwam, 12(1), 1–17. doi: 10.20414/qawwam.v12i1.748

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

Sudarto, & Susiyanto. (2023). Internalisasi akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cahaya Ummat Kabupaten Semarang. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 149–162. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i2.9188

Issue

Section

Artikel