Inovasi pembelajaran berwudhu di sekolah dasar melalui penggunaan media audio visual

Authors

  • Bahrum Subagiya Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hana Humaira Maulidina Sukmawan Putri Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Mariatul Bilqis Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.14211

Keywords:

Berwudhu, Audio-visual, sekolah dasar

Abstract

Learning to perform wudhu is essential to Islamic religious education in schools. Many students aged 7-8 still have not been able to perform ablution properly, so it needs to be an essential concern for educators to improve students' ability to perform wudhu. One of the efforts to improve student's abilities is through innovation in learning wudhu by utilising appropriate and effective learning media. Using appropriate learning media can facilitate learning and increase student learning motivation. Therefore, conducting research related to the innovation of learning wudhu by utilising audio-visual media is essential. This study aims to examine the effectiveness of audio-visual-based learning media in improving the ability of grade 2 students at SDN Cihideung Udik 01 in the procedure of wudhu. The method used is descriptive qualitative research with data collection through observation and interviews with data sources from second-grade students at SDN Cihideung Udik 01. The results showed that using audio-visual media in learning wudhu procedures improved students' ability to perform wudhu correctly. This can be seen from the increase in students' ability to follow the steps of the wudhu procedure and the ability of students to answer questions related to the material of the wudhu procedure.

Abstrak

Pembelajaran tata cara berwudhu menjadi bagian penting dari pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah. Masih banyak siswa usia 7-8 tahun yang belum mampu berwudhu dengan baik, sehingga perlu menjadi perhatian penting bagi para pendidik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berwudhu. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa adalah melalui inovasi pembelajaran berwudhu dengan memanfaatkan media pembelajaran yang tepat dan efektif. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat memfasilitasi proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian terkait inovasi pembelajaran berwudhu dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media pembelajaran berbasis audio visual dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas 2 di SDN Cihideung Udik 01 dalam tata cara berwudhu. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui pengamatan dan wawancara dengan sumber data dari siswa kelas dua di SDN Cihideung Udik 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran tata cara berwudhu efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa melaksanakan wudhu dengan benar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan siswa dalam mengikuti langkah-langkah tata cara berwudhu dan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait materi tata cara berwudhu.

Author Biography

Bahrum Subagiya, Universitas Ibn Khaldun Bogor

References

Afiyah, A., Pratama, M. M., & Nurhasanah, R. (2019). Evaluasi Pengenalan Tata Cara Berwudhu Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Media Gambar Pada Kelompok B Di Ra Asiah Kota Pekanbaru. Generasi Emas, 2(1), 71. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3303

Amir, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Wudhu Dalam Meningkatkan Keterampilan Berwudhu Peserta Didik Kelas II Di Sdn 012 Kanang.

Ariska. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Tata Cara Wudhu Berbasis Audio Visual Terintegrasi Kearifan Lokal Pada Skripsi Siswa Kelas Ii Di Sdn 161 Lampuawa Kabupaten Skripsi.

Hamimah, N. (2021). Pengembangan media video pembelajaran materi wudhu untuk siswa kelas vii smp negeri satu atap 1 Seruyan Raya.

Kusumawardani, D. (2021). Makna Wudhu dalam Kehidupan menurut Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 107–118. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14261

Mardian, L. (2021). Peningkatan Keterampilan Berwudhu Melalui Media Video Murid Kelas Ii Sd Negeri Hamalau 1 Kecamatan Sungai Raya. Prosiding Pendidikan Profesi Guru …, 1(1), 2418–2432.

Maryanti, W. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Wudhu di MTs Nurul Ulum Warureja Tegal. Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama …, 1, 43–63.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Rachman, T., & Firmansyah, A. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Sifat Wudhu, Tayammum, Dan Shalat Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Untuk Anak-Anak. Jurnal Mnemonic, 4(1), 10–15. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v4i1.3344

Rahayu, S., & Denenty, P. (2015). Pengembangan Aplikasi Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia. Jurnal Algoritma, 14(2), 606–612. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-2.606

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Downloads

Published

2023-05-28

How to Cite

Subagiya, B., Putri, H. H. M. S., & Bilqis, M. (2023). Inovasi pembelajaran berwudhu di sekolah dasar melalui penggunaan media audio visual . Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 155–160. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.14211

Issue

Section

Artikel