Pengembangan Materi Ajar Kimia Berbasis Nilai Keimanan
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.3654Keywords:
materi ajar, kimia, keimananAbstract
The government has mandated that the purpose of national education is to develop the potential of students to become faithful and righteous human beings. However, the facts in the field show that the teaching materials are still far from the value of faith and piety. This study tries to implement the values of faith in the XII grade Chemistry textbook. The method used is the method of developing Islamic textbooks based on faith values. The results of this study, namely, the application of the value of faith in the XII Chemistry textbook can be done in the following steps: first, providing an introduction containing Islamic advice. Second, insert an expression of God's omnipotence. Third, to reveal the wisdom of natural creation that fosters gratitude. Fourth, correcting concepts that are contrary to Islamic teachings. Fifth, include relevant Al-Qur'an verses or hadiths. Sixth, enter information on the progress of Muslim scientists and finally link the material with the application of Islamic teachings.
Abstrak
Pemerintah telah mengamanahkan bahwa tujuan dari pendidikan nasional untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa. Namun, fakta di lapangan menunjukan bahwa materi-materi ajar masih jauh dari nilai keimanan dan ketakwaan. Penelitian ini mencoba untuk mengimplementasikan nilai-nilai keimanan pada buku ajar Kimia kelas XII. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan buku ajar islami berbasis nilai keimanan. Hasil dari penelitian ini yaitu, penerapan nilai keimanan pada buku teks Kimia XII dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: pertama, memberikan pengantar yang berisikan nasihat-nasihat Islam. Kedua, menyisipkan ungkapan kemahakuasaan Allah. Ketiga, mengungkapkan hikmah penciptaan alam yang menumbuhkan syukur. Keempat, mengoreksi konsep yang bertentangan dengan ajaran Islam. Kelima, memasukkan ayat Al-Qur'an atau hadits yang relevan. Keenam, memasukkan informasi kiprah ilmuwan muslim dan terakhir mengaitkan materi dengan penerapan ajaran Islam.
References
Alim, A. (2012). Studi Islam VI: Islamisasi Sains & Teknologi: Meluruskan Paradigma Sains Sekuler, Menuju Sains yang Berbasis pada Ajaran Islam. Bogor: Pustaka Al Bustan.
Armas, A., & Kania. (2013). Sekularisasi Ilmu, dalam buku Filsafat Ilmu Perspektif Islam dan Barat. Jakarta: Gema Insani.
Bakar, O. (2008). Tauhid dan Sains: Perspektif Islam tentang Agama dan Sains. Bandung: Pustaka Hidayah.
Fauzan, S. bin. (2016, September 28). Renungkanlah Ayat-Ayat Allah Azza wa Jalla. Retrieved from Almanhaj.or.id website: https://almanhaj.or.id/3533- renungkanlah-ayat-ayat-allah-azza-wa-jalla.html
Handrianto, B. (2010). Lima Konsep Islamisasi Sains, Jakarta. Islamia: Jurnal Pemikiran Islam Republika.
Harnanto, A., & Ruminten. (2009). Kimia 3: Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Husaini, A., & al. (2013). Filsafat Ilmu Perspektif Islam dan Barat. Jakarta: Gema Insani.
Muslich, M. (2016). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Ar-Ruzz Media.
Rahayu, I. (2009). Praktis Belajar Kimia: Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Supraha, W. (2018). Pemikiran George Sarton dan Panduan Islamisasi Sains. Depok: Yayasan Adab Insan Mulia.
Suwardi, S., & Widiasih, T. E. (2009). Panduan Pembelajaran Kimia XII Untuk SMA & MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Zarman, W. (2012). Studi Pengembangan Buku Teks Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Berbasis Nilai Keimanan. Bogor: Universitas Ibn Khaldun.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.