Metode permainan dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Ibnu Hajar dan Aliya Bogor

Authors

  • Asep Suherman Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Akhmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Wido Supraha Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i2.5775

Keywords:

metode komunikatif, Maharah Al Kalam, Kemahiran Bahasa, Metode Permainan, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Arabic language learning, especially in Indonesia, faces challenges in the aspects of learning enthusiasm, low motivation, and monotonous learning. This study aims to understand the application of game methods in Arabic language learning at Ibnu Hajar and Aliya Islamic Elementary Schools in Bogor. The study was conducted using a qualitative approach through interviews and participatory observation. The results showed that the game method in Arabic language learning aims to improve language proficiency and vocabulary mastery. At Ibnu Hajar Islamic Primary School Bogor, there are four language skills, while at Aliya Islamic Primary School Bogor there are three language skills. The games implemented include cricket, number games, writing in the air, and sequential counting. In conclusion, the application of game methods plays an important role in improving Arabic language learning, but infrastructure and distance challenges need to be overcome for more optimal results.

Abstrak         

Pembelajaran bahasa Arab, khususnya di Indonesia, menghadapi tantangan dalam aspek semangat belajar, motivasi rendah, dan pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan metode permainan dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Ibnu Hajar dan Aliya Bogor. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan dalam pembelajaran bahasa Arab bertujuan untuk meningkatkan kemahiran berbahasa dan penguasaan kosakata. Di Sekolah Dasar Islam Ibnu Hajar Bogor, terdapat empat kemahiran bahasa, sedangkan di Sekolah Dasar Islam Aliya Bogor terdapat tiga kemahiran bahasa. Permainan yang diterapkan meliputi engklek, permainan angka, menulis di udara, dan berhitung berurutan. Kesimpulannya, penerapan metode permainan berperan penting dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab, namun tantangan infrastruktur dan jarak perlu diatasi untuk hasil yang lebih optimal.

References

Al-Ta’allum bi al- La’bi: mā huwa? Fawāiduhu, Syurūtuhu wa khutwātuhu. (2021). Diambil kembali dari https://www.annajah.net. 31 Agustus 2022.

Adhabi’i, M. B. (2003). Bahaya Mengekor Non Muslim. Terj. dari Mukhtarāt min Kitāb Iqtidha’ Ash-Shiraṯal Mustaqīm Mukhālafah Ashẖāb al-Jahīm (Muhammad Thalib, Penerjemah). Yogyakarta: Media Hidayah.

Al-Suwairky, M. A. (2005). al-Alāb al-Lughawiyah wa Dauruhā fī Tanmiyah Mahārāt al-Lughah al-‘Arabiyyah. Amman: Dar al-Kindi.

Amirudin, N. (2017). Problematika pembelajaran Bahasa Arab. Tamadun, 1(12), 7.

Duwaikat., H. S. (t.thn.). al-Alā’b al-Tarbawiyyah fî Shufūf al-Marhalah al-Ibtidāiyyah al-Ūlā. Diambil kembali dari www.attabir.com, 29 September 2022.

Fajriah, Z. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat)Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar (Penelitian Tindakan Pada Siswa kelas I MI Nurul HakimKediri Lombok Barat Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 112. doi:10.21009/JPUD.091.07

H.M. Ilyas, A. S. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 63.

Mardiah. (2015). Metode Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan MI, 1(1), 65.

Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rahman, F. (2019). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah di Kota langsa. Tesis pada Univesitas Islam Negeri Sumatera Utara: tidak diterbitkan.

Rela Imanulhaq, P. d. (2020). Pengembangan Media Stik Es Krim Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas Ii Mi Negeri Kota Cirebon. Uniedu: Universal Journal of Educational Research, 01(03), 236. doi:10.1234/uniedu.v1i3.23

Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Takdir. (2020). Problematika pembelajaran Bahasa Arab. NASKHI:Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 2(1).

Teatantia. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Portable Engklek Arabic Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. al Mahāra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 30. doi:10.14421/almahara.2020.061-02

The American Heritage Dictionary of The English Language. (2022). Diambil kembali dari https://ahdictionary.com/, 23 April 2023.

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Suherman, A., Alim, A., & Supraha, W. (2023). Metode permainan dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Ibnu Hajar dan Aliya Bogor . Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 273–298. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i2.5775

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>