SUPERVISI PENGEMBANGAN BUKU TEKS FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X BERBASIS NILAI KEISLAMAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1167Abstract
Kemerosotan akhlak pada masa sekarang sangat memprihatinkan. Masalah ini tentu sangat berkaitan erat dengan konsep pendidikan yang cenderung hanya menekankan kepada aspek kognitif dan aspek psikomotor saja. Kurangnya penanaman nilai keimanan, akan berdampak pada perilaku manusia dalam berinteraksi baik dengan Allah, dengan sesama, maupun dengan alam semesta. Sehubungan dengan hal itu kami telah melakukan penelitian kualitatif di mana pemaparannya menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini adalah mengkaji nilai keimanan pada buku yang diterbitkan oleh Mediatama yang berjudul Fisika untuk SMA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Kami menemukan bahwa buku Fisika untuk SMA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam tidak mendorong peningkatan nilai keimanan kepada Allah SWT ke dalam diri siswa. Hal ini tidak sejalan dengan apa yang telah diamanatkan di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 tentang tujuan pendidikan yaitu bahwa Pendidikan Nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Hal ini mengindikasikan tidak adanya keseuaian antara buku teks dengan tujuan pendidikan nasional, karenanya buku tersebut perlu di Islamisasi dan dikembangkan sehingga mengandung nilai-nilai keimanan kepada Allah ? agar sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Keywords : Nilai (Value), Buku Teks, dan Keimanan.
References
Alim, Ahmad Sains Dan Teknologi Dalam Islami, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2014.
A., Muhammad Imaduddin, Islam Sistem Nilai Terpadu, Jakarta: Gema Insani Press, 2002.
Azwar, Saifuddin, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Darmodiharjo, Darji dan Shidarta, Pokok-Pokok Filsafat Hukum apa dan Bagaimana Filsafat Hukum indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.
Kartanegara, Mulyadhi, Mengislamkan Nalar Sebuah Respons Terhadap modernitas , Jakarta: Erlangga, 2007.
Mustaflet, A. khoiron, Takdir 13 Skala Richter Mempertanyakan Takdir Tuhan, Depok: Qultum Media.
Muthahhari, Murtadha, Manusia dan Agama, Membumikan Kitab Suci, Bandung: Mizan Pustaka, 2007.
Nata, Abuddin, Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat, Depok: Rajagrafindo Persada, 2012.
Nisdawati, Nilai-nilai Tradisi dalam Koba Panglimo Awang, Yogyakarta: Deepublish, 2016.
Nugroho, Aris Prasetyo, Siswa Fisika Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMA/MA X, Surakarta: Mediatama, 2016.
Pasya, Ahmad Fuad, Dimensi Sains Quran Menggali Kandungan Ilmu Pengetahuan dari Al-quran, Solo: Tiga Serangkai, 2004.
Prastowo, Andi, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Jogjakarta: Diva Press, 2011.
Qomar, Mujamil, Epistemologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga. 2005
Rahman, Afjalur, Ensiklopedia ilmu dalam Al-Quran, Bandung: Mizan Pustaka, 2007.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Sudibyo, Lies, et al, Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Supraha, Wido, Sejarah Perkembangan Sains Menurut Georg Sarton dan Aplikasinyadalam Pengajaran Sains Di Sekolah Menengah Atas, Disertasi Doktor pada Universitas Ibnu Khaldun Bogor: tidak diterbitkan. 2015.
Syafri, Ulil Amri, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran, Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2014.
Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan bagian 3 Pendidikan Disiplin Ilmu, Bandung: PT Impelial Bhakti Utama, 2007.
Wahana, Paulus, Nilai Etika Aksiologis Max Sceler, Yogyakarta: Kanisius, 2004.
Yudianto, Suroso Adi, Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai, Bandung: Mughni Sejahtera, 2005.
Young, Hugh D. dan Roger A. Freedman, Fisika Universitas, Jakarta: Erlangga, 2002.
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.