Adaptasi REBT ke dalam model bimbingan konseling islami untuk mengatasi vandalisme di tingkat SMP

Authors

  • Ilham Bahari Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Budi Handrianto Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Wido Supraha Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8115

Keywords:

Bimbingan konseling, vandalisme, REBT

Abstract

The mumayyiz period or the period of knowing good and bad things is a period of development and transition between childhood and adulthood which includes physical, intellectual, emotional and social development. At this time, adolescents undergo a phase of self-discovery and always like to express themselves. However, this desire is often done out of place, resulting in deviant behavior. Deviant behavior committed by adolescents is not only done by adolescents who do not go to school, many school children also do it. This study aims to determine the level of knowledge of Ihya As Sunnah Junior High School students on vandalism. This research uses quantitative methods with its application to the control and experimental groups through counseling guidance methods with the adaptation of the Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) concept approach to increase awareness of avoiding acts of vandalism in junior high school students.

Abstrak

Masa mumayyiz atau masa mengenal baik dan buruknya sesuatu adalah masa perkembangan serta peralihan antara masa kanak-kanak ke masa dewasa yang mencakup perkembangan fisik, intelektual, emosi dan sosial. Pada masa ini, remaja menjalani fase pencarian jati diri serta senantiasa gemar mengekspresikan diri. Namun keinginan tersebut sering kali dilakukan bukan pada tempatnya sehingga terjadilah perilaku yang menyimpang. Perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja tidak hanya dilakukan oleh remaja yang tidak bersekolah, banyak juga anak sekolah yang melakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan murid SMP Ihya As Sunnah terhadap tindakan vandalisme. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penerapannya pada kelompok kontrol dan eksperimen melalaui metode bimbingan konseling dengan adaptasi pendekatan konsep Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT) untuk meningkatkan kesadaran menghindari tindakan vandalisme pada murid SMP.

References

Al-Ḥusaynī, (t.t.). Kifayatul al-Akhyar, Juz. I, Kairo: Isa al-Ḥalabī

Al-Qurṭubī, (t.t.). Tafsir al-Qurṭubī, Jilid VI, Kairo: Dār al-Sya’b

Ancok, D. & Suroso, F. N. (2005). Psikologi Islam: Solusi Islam akan problem psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

An-Ramli, (t.t.). Nihayat al-Muhtajj, Juz IV, Kairo: Mustafa al-Ḥalabī, tt.

Arief, Z. A., & Sc, M. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Perspektif Paradigma Baru dalam Penelitian Pendidikan. Bogor: Graha Widya Sakti.

Az-Zahrani, M. B. S. (2005). Konseling terapi. Jakarta: Gema Insani.

Budiman, H. (2015). Kesadaran beragama pada remaja islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 16-26.

Departemen Agama RI, (2002). Mushaf Al-Quran Terjemah, Jakarta: Pena Pundi Aksara

Ellis, A., & Dryden, W. (2007). The practice of rational emotive behavior therapy. Springer publishing company.

Fitriani, N., Wahyuni, E., & Marjo, H. K. (2016). Penerapan Teknik Dispute Cognitive Dalam Rebt Untuk Meningkatkan Resiliensi Pada Mahasiswa (Single Subject Research terhadap mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 73–80. doi: 10.21009/INSIGHT.051.11

Hasan, W. A., Rahman, I. K., & Alim, A. (2019). Pendekatan Rasional Emotive Behavior Therapy (REBT) Islami Dengan Terapi Al-Qur'ān. Fikrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 114-126.

Hasanah, H. (2013). Peran Strategis Aktivis Perempuan Nurul Jannah Al Firdaus dalam Membentuk Kesadaran Beragama Perempuan Miskin Kota. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 7(2), 473-492.

Mulia, G. (2017). Konsep pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) berbasis islam untuk membangun perilaku etis siswa.

Sartika, E. (2017). Konseling rational emotive behaviour therapy (rebt) berbasis rasa syukur untuk meningkatkan konsep diri remaja (studi eksperimen di mts negeri Wonokromo Pleret Bantul) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D. K., (1985). Pengantar Teori Konseling, Jakarta: Ghalia Indonesia

Syahrur, M., (2015) Epistimologi Qur’an Tafsir Kontemporer ayat-ayat al-Qur’an Berbasis Materialisme-Dialektika Historis, Bandung: Penerbit Marja

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

Bahari, I., Handrianto, B., & Supraha, W. (2023). Adaptasi REBT ke dalam model bimbingan konseling islami untuk mengatasi vandalisme di tingkat SMP. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 91–98. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8115

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>