Adab Peserta Didik Menurut Abdullah Al Haddad
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1.15629Kata Kunci:
Adab, Peseta didik, Abdullah Al HaddadAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran Abdullah al-Haddad didalam pendidikan dan pemikirannya tentang adab peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatankepustakaan (library research). Proses analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perspektif Al-Haddad peserta didik harus memiliki potensi dalam segi spiritual keagamaan yang sejalan dengan Al-Haddad, bahwa pendidikan sebagai jalan menuntut ilmu yang diberikan Allah Swt, ilmu dicapai dengan semakin meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt dan meneladani Rasulullah SAW dalam hal akhlak di lingkungan sekitar. Adab peserta didik juga harus menyesuaikan dengan kurikulum pendidikan Islam yang terdiri dari dasar agama, dasar falsafah, dasar psikologi dan dasar sosial. Adapun metode pendidikan menurut Al-Haddad yaitu Targhib (motivasi), Tarim (melarang), Tahrij (menjauhkan diri), dan Uswah (keteladanan). Peserta didik menurut Al-Haddad haruslah memiliki adab yang baik, sifat-sifat yang baik dan mempunyai adab kepada gurunya
Referensi
Al-Haddad, A. b. (2021). Etika Sufi Risalah Adab Sulukil Murid. Edited by Bachruddin Achmad. Bekasi: Pustaka al-Muqsith.
Aly, H. N., Abdullah, S., Chamami, M. R., Fihris, Yahiji, K., Supiah, Damopolii, M., Ainiyah, N., & Ritonga, A. R. (2023). Reviewing the Colonial Period Islamic Education System in Indonesia: What is Still Relevant to Continue. Journal of Namibian Studies, 33, 671–687. https://doi.org/10.59670/jns.v33i.531
Al Haddad, A. (1992). Risalah Adab As Suluk Al Murid. Beirut: Dar Al Hawi.
An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyakat. Jakarta: Gema Insani.
Asnawan, U. d. (2017). Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam dalam Bingkai Ke Indonesiaan. Jakarta: Kencana.
Azra, A. (2014). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Prenada Media.
Bani, S. (2011). Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali (Vol. I). Makassar: Alauddin University Press.
Creswell, Jhon. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalimunthe, M.A., Pallathadka, H., Muda, I., Manoharmayum, D,D., Shah, A,H., Prodanova, N,A., Mamarajabov, M, E., & Singer, N. (2023). Challenges of Islamic Education in the New Era of Information and Communication Technologies. HTS Theological Studies. 79(1), 1-6. [Available Online at https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608
Firmansyah, T. (2022, Maret 24). Guru Dikeroyok Siswa, Polisi Tetap Tiga Orang Tersangka. Dipetik Juni 13, 2022, dari https://www.republika.co.id/berita/r99arj377/guru-dikeroyok-siswa-polisi-tetap-tiga-orang-tersangka
Harahap, S. (2014). Metodologi Studi Pustaka & Penulisan Biografi, Jakarta: Prenanda.
Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali. Jurnal Qathruna,1(1), 84-98.
Indainanto, Y.I., Dalimunthe, M.A., Sazali, H., Rubino., & Kholil, S. (2023). Islamic Communication in Voicing Religious Moderation as an Effort to Prevent Conflicts of Differences in Beliefs. Pharos Journal of Theology. Volume 104 Issue 4 - (2023). [Available Online at https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.415 ]
Masruroh, N., & Umiarso. (2011). Modernisasi Pendidikan Islam Ala Azyumardi Azra (Vol. I). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Marzuki. (2017). Pendidikan Karakter Islam (Vol. II). Jakarta: Amzah.
Miles, B. M., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif, Alih Bahasa: Tjejep Rohendi Rohidi . Jakarta: UI Press.
Muhammad, T. H. (2004). In Dinamika Kehidupan Religius. Jakarta: Listafariska.
Muhaimin, & Mujib, A. (1992). Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Bandung: Trigenda Karya.
Rama, B. (2011). Ilmu Pendidikan Islam (Vol. I). Makassar: Alauddin University Press.
Ramadhan, A. S. (2019). Adab Peserta Didik Menurut Imam al Ghazali dan Implementasinya di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. UIN Alauddin Makassar.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Tilaar, H. A. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Zainullah, A. M. (2014). Pendidikan Islam Transformatik Integratif. Junral Qathruna 1(1), 23-39.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 TAWAZUN: Jurnal Pendidikan Islam
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.