Pengamalan agama pada masyarakat pesisir di kota Medan: Studi kasus pada masyarakat Kecamatan Medan Labuhan

Authors

  • Irsan Maruhawa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Azizah Hanum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mohammad Al Farabi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2.16710

Keywords:

Masyarakat Pesisir, Praktik Keagamaan, Ritual Keislaman

Abstract

This research aims to provide an overview of the diversity of religious practices carried out by coastal communities in the city of Medan, especially in the Medan Labuhan sub-district. The method used in this research is qualitative. The results of the research show that the Islamic community on the coast of Medan Labuhan seems to actively carry out religious activities both in their homes and in mosques. especially the five obligatory prayers. Apart from practicing the five prayers a day and night, the coastal Muslim community in Medan Labuhan is also active in carrying out other practices such as Yasinan and tahlilan, commemorating Islamic holidays such as commemorating the birthday of the Prophet Muhammad SAW, commemorating the Israk and Mikraj of the Prophet Muhammad SAW, and also the celebration of Eid al-Fitr and Idhul Adha. The Medan Labuhan Muslim community also practices Ramadan worship, such as Ramadan fasting, Taraweeh prayers in congregation, reciting the Koran, paying Zakat Fitrah, all of which are practiced properly in accordance with the Koran and the Sunnah of the Prophet and the understanding of the Ahlusunnah wal Jama'ah school of thought. Apart from that, they also practice Islamic teachings regarding morals in being neighbors, morals in wrestling and morals in dressing, all of this is carried out and practiced in order to practice Islamic teachings to the maximum as proof of faith and piety towards Allah, to gain the approval of Allah SWT.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang keberagaman pengamalan agama yang dilakukan oleh masyarakat pesisir yang ada di kota Medan, khususnya di kecamatan Medan Labuhan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam masyarakat pesisir Medan Labuhan terlihat aktif melaksanakan kegiatan keagamaan baik di rumah-rumahnya maupun di masjid-masjid, terutama ibadah shalat wajib lima waktu. Selain mengamalkan shalat lima watu sehari semalam, masyarakat muslim pesisir di Medan Labuhan juga aktif melaksanakan amalan lain seperti Yasinan dan tahlilan, memperingati perayaan Hari besar Islam seperti peringatan Maualid Nabi Muhammad Saw, peringatan Israk dan Mikraj Nabi Muhammad SAW, dan juga perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Masyarakat Muslim Medan Labuhan juga mengamalkan ibadah Ramadhan, seperti puasa Ramadhan, Shalat Tarawih berjamaah, tadarusan Alquran, membayar Zakat Fitrah, semua diamalkan dengan baik sesuai Alquran dan Sunnah Rasulullah dan berpaham Mazhab Ahlusunnah wal Jama’ah. Selain itu mereka juga mengamalkan ajaran Islam tentang akhlak dalam bertetangga, akhlak dalam pergaulan dan akhlak dalam berpakaian, semua itu dilaksanakan dan diamalkan dalam rangka untuk mengamalkan ajaran Islam secara maksimal sebagai bukti Iman dan takwa kepada Allah dan juga guna mendapatkan ridho Allah SWT.

References

Aly, H. N., Abdullah, S., Chamami, M. R., Fihris, Yahiji, K., Supiah, Damopolii, M., Ainiyah, N., & Ritonga, A. R. (2023). Reviewing the Colonial Period Islamic Education System in Indonesia: What is Still Relevant to Continue. Journal of Namibian Studies, 33, 671–687. https://doi.org/10.59670/jns.v33i.531

Anshari. E, S. (1979). Agama dan Kebudayaan. Surabaya: Bina Ilmu.

Bintarto, (1989). Interaksi Desa-Kota dan Permalasahannya, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Asnawan, U. d. (2017). Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam dalam Bingkai Ke Indonesiaan. Kencana: Kencana.

Azra, A. (2014). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di tenga Tantangan Milenium III. Jakarta: Prenada Media.

Bani, S. (2011). Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali (Vol. I). Makassar: Alauddin University Press.

Creswell, Jhon. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalimunthe, M.A., Pallathadka, H., Muda, I., Manoharmayum, D,D., Shah, A,H., Prodanova, N,A., Mamarajabov, M, E., & Singer, N. (2023). Challenges of Islamic Education in the New Era of Information and Communication Technologies. HTS Theological Studies. 79(1), 1-6. [Available Online at https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608

Daradjat. Zakiah. (1984). Dasar-Dasar Agama Islam, cet. ke-4. Jakarta: Bulan Bintang.

Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali. Jurnal Qathruna,1.1 , 84-98.

Indainanto, Y.I., Dalimunthe, M.A., Sazali, H., Rubino., & Kholil, S. (2023). Islamic Communication in Voicing Religious Moderation as an Effort to Prevent Conflicts of Differences in Beliefs. Pharos Journal of Theology. Volume 104 Issue 4 - (2023). [ Available Online at https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.415 ]

Irwan., Desnelita, Y., Susanti, W., Rizal, F., & Ritonga, A. R. (2023). The Implementation of Collaborative Project Based Learning Model with Inquiry Process using E-Learning in Higher Education. Educational Administration Theory and Practice, 29(1), 90–101. Available at: 10.48047/rigeo.11.09.187

Ismail, A. (2021). Agama Nelayan Pergumulan Islam dngan Budaya Lokal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masruroh, N., & Umiarso. (2011). Modernisasi Pendidikan Islam Ala Azyumardi Azra (Vol. I). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Marzuki. (2017). Pendidikan Karakter Islam (Vol. II). Jakarta: Amzah.

Miles, B. M., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif, Alih Bahasa: Tjejep Rohendi Rohidi . Jakarta: UI Press.

Muhammad, T. H. (2004). Dinamika Kehidupan Religius. Jakarta: Listafariska.

Rama, B. (2011). Ilmu Pendidikan Islam (Vol. I). Makassar: Alauddin University Press.

Ramadhan, A. S. (2019). Adab Peserta Didik Menurut Imam al Ghazali dan Implementasinya di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. UIN Alauddin Makassar.

Ritonga, A.R., Frimansyah., Zein, A., Syam, A.M., Ohorella, N.R. (2024). Misconceptions of Jihad: A Constructivist Review of the Meaning of Struggle in Islam in the Modern Era: Analysis of the verses al-Amwaal wa al-Nafs. Pharos Journal of Theology. 105(1), pp. 1–13. Available at: https://doi.org/10.46222/pharosjot.1053

Thomas F. O’dea, (1985). Sosiologi Agama Suatu Pengenalan Awal, Jakarta: Rajawali.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainullah, A. M. (2014). Pendidikan Islam Transformatik Integratif. Junral Qathruna1.1 , 23-39.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Maruhawa, I., Hanum, A., & Al Farabi, M. (2024). Pengamalan agama pada masyarakat pesisir di kota Medan: Studi kasus pada masyarakat Kecamatan Medan Labuhan . Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 293–306. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2.16710

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)