Implementasi Al Thoriqoh Al Mubasyarah dalam pembelajaran bahasa Arab untuk memperkaya Mufrodat santri MBS Zam zam

Penulis

  • M. Fatihul Hak Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Darodjat Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sriyanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i3.16851

Kata Kunci:

Al Thoriqoh Al Mubasyarah, Bahasa Arab, Mufrodat, Al Arabiyah Baina Yadaika, Implementasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode implementasi At Thoriqoh Al Mubasyarah dalam pembelajaran bahasa Arab guna memperkaya mufrodat (kosakata) santri di MBS Zam Zam Cilongok dengan menggunalkan kitab Al Arabiyah Baina Yadaika . Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru bahasa Arab, serta diskusi kelompok terfokus (focus group Discussion ) dengan para santri. Observasi dilakukan untuk mengamati penerapan metode tersebut dan interaksi antara guru dan santri selama proses pembelajaran. Wawancara mendalam mengungkap perspektif guru terkait efektivitas dan tantangan dalam penerapan metode ini, sementara diskusi kelompok terfokus memberikan wawasan mengenai pengalaman dan pendapat santri tentang dampak metode ini terhadap penguasaan mufrodat mereka. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema utama dari pengalaman para partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode At Thoriqoh Al Mubasyarah efektif dalam memperkaya mufrodat santri melalui pendekatan yang interaktif dan kontekstual. Namun keberhasilan penerapan metode ini sangat bergantung pada keterlibatan aktif santri dan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab di pesantren dan dapat menjadi referensi bagi institusi pendidikan lain yang berminat mengadopsi metode yang sama.

Referensi

A’yuni, B. M., Indahsari, L. K. N., & Fuadiyah, N. N. (2019). Buku Ajar Arabiyah Baina Yadaik Sebagai Solusi Kreatif Mempelajari Budaya Arab Di Lingkungan Pondok Pesantren Salaf. International Conference of Students on Arabic Language, 3, 436–451.

Abdurochman, A. (2017). Strategi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Bagi Non Arab. An Nabighoh, 19(1), 63–83.

Ahyar, H. (2018). Penguasaan Mufrādat Dan Qawā’id Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 259–274.

Ahyarudin, A., Umar, M., & Bahruddin, U. (2022). الطريقة المباشرة في تعليم مفردات اللغة العربية لتنمية مهارة الكلام عند مرحلة الإعداد اللغوي في جامعة الراية. In EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab (Vol. 11, Issue 1, p. 88). https://doi.org/10.24235/ibtikar.v11i1.10230

Ediyani, M., Anwar, K., Husaini, H., Zuhaimi, R., & Hidayat, T. (2020). The Analysis of Arabic Learning Materials in Al-‘Arabiyah Baina Yadaik Book with the Principle of Material Development Approach. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 965–974.

Fashiha, L. M. (2023). Isiratijiyat ta’lim maharah alkalam biistikhdam kitab" al arabiyah baina yadaik" al’am al dirasiy 20212022 fii Al Madrasah Mutawsithah Tarbiyatul Ilsalmiyah Pati. IAIN KUDUS.

Fauzan, A. bin ibrahim al. (1431). Idhāt limuallimī al-lughah al-arabiyyah lighairi an-nātiqīna bihā. 146.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Hasyem, S. (2016). Keefektifan pembelajaran mufradat untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab santri Dayah di Kota Banda Aceh. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 5(1), 144–155.

Izzan, H. A. (2011). Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Humaniora Utama Press.

Rachmat, R., Mujahidin, E., Tamam, A. M., & Alim, A. (2022). Waktu-waktu efektif belajar menurut para ulama dan santri. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 52. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i1.6011

Rasyid, N., Amna, U., & Fitriani, L. (2022). Implementasi Buku Al-Arabiyatu Baina Yadaik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Program Kursus Bahasa Arab Baitul Arabi Aceh. Al-Mashadir, 2(01), 57–70. https://doi.org/10.30984/almashadir.v2i01.252

S, F. R., & Baroroh, R. U. (2020). Strategies And Methods Of Learning Arabic Vocabulary/ Strategi Dan Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(2), 291–312. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i2.10062

Sudirman, S. (2022). Metode Abdurrahman Al-Fauzān dalam pembelajaran Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 247. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.4521

Wekke, I. S. (2015). Model pembelajaran bahasa Arab. Deepublish.

Xuan, M., & Mei, S. Y. (2018). Direct Method for teaching Arabic language in Tongxin Arabic college of Ningxia in China. European Journal of Language and Literature, 4(3), 52. https://doi.org/10.26417/ejls.v4i3.p52-59

Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. IRDH Book Publisher.

Diterbitkan

2024-12-15

Cara Mengutip

Hak, M. F., Darodjat, & Sriyanto. (2024). Implementasi Al Thoriqoh Al Mubasyarah dalam pembelajaran bahasa Arab untuk memperkaya Mufrodat santri MBS Zam zam. TAWAZUN: Jurnal Pendidikan Islam, 17(3), 543–562. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i3.16851

Terbitan

Bagian

Artikel