Konsep kurikulum adab perspektif Syeikh Bakr Bin Abdullah Abu Zaid

Authors

  • Bahrudin Bahrudin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abdul Hayyie Al-Kattani Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.7622

Keywords:

Adab, Akhlak, Dzuhud, Keteladanan, Muroqobah, Qonaah, Tabzir.

Abstract

This research was formulated to describe the Adab Curriculum persfectif Sheikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid. This research is a type of qualitative research with a character study approach that aims to conduct an in-depth study of the thoughts of the figures studied. The study is conducted by the library reaserch method of primary literature and skunder relating to the object in question. In this study it was found sheikh Bakr explained the concept of adab curriculum. According to him, the adab curriculum is divided into three parts of the discussion, namely as follows: First, the discussion of the definition of adab curriculum, Second, what foundation is underlying, then the third is what components are contained in the adab curriculum itself. Implicitly Sheikh Bakr defines the adab curriculum as the arrangement of material received, taken, and passed by learners to obtain the values of knowledge, attitude and skills that are in accordance with the foundation of the Qur'an, al-Hadith, and ijtihad ulama. These three aspects are formulated into the womb of Islamic Education. The supporting program for the achievement of the adab curriculum delivered in the womb of Islamic Education is the objective of the curriculum is clearly targeted, the content / material taught according to the target, the methods used in the teaching is on target, and the evaluation in the curriculum is organized according to the target achievement. These four supporting programs are components in the curriculum of the book of Hilyah Thalibil 'ilm by Syeihk Bakr.

Abstrak

Penelitian ini dirumuskan untuk mendeskripsikan Kurikulum Adab perspektif Syeikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi tokoh yang bertujuan untuk melakukan pengkajian mendalam terhadap pemikiran tokoh yang diteliti. Pengkajian dilakukan dengan metode library reaserch terhadap literatur primer dan skunder yang berkaitan dengan objek yang dimaksud. Dalam kajian ini ditemukan Syeikh Bakr memaparkan konsep kurikulum adab. Menurut beliau, kurikulum adab itu terbagi ke dalam tiga bagian pembahasan, yaitu sebagai berikut: Pertama, pembahasan tentang definisi kurikulum adab, Kedua, landasan apa saja yang mendasarinya, kemudian yang ketiga adalah komponen-komponen apa saja yang terdapat di dalam kurikulum adab itu sendiri. Secara implisit Syeikh Bakr mendefinisikan kurikulum adab merupakan susunan materi yang diterima, ditempuh, dan dilalui oleh peserta didik untuk memperoleh nilai-nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan yang sesuai dengan landasan Alquran, al-hadits, serta ijtihad ulama. Ketiga aspek ini diformulasikan ke dalam rahim Pendidikan Islam. Program penunjang tercapainya kurikulum adab yang disampaikan dalam rahim Pendidikan Islam ialah tujuan kurikulumnya jelas sasaran, Isi/materi yang diajarkan sesuai sasaran, metode yang digunakan dalam pengajarannya tepat sasaran, serta evaluasi dalam kurikulumnya terorganisir sesuai target capaian. Keempat program penunjang ini merupakan komponen dalam kurikulum adab perspektif kitab Hilyah Thalibil ‘ilm karangan Syeihk Bakr.

References

Abu Zaid, B. b. A. (2015). Hilyah Thalibil ‘Ilmi (Perhiasana Penuntut Ilmu). Sukoharjo: Al-Qowam.

Ajurri, A. & et.al., (2020). Ensiklopedia Adab Penuntut Ilmu (Kompilasi Kita-kitab Adab Penuntut Ilmu Terbaik Sepanjang Zaman), Sukoharjo: Pustaka Arafah.

Al-Attas, S. M. N. (1999). The Concept of Education in Islam. Kuala Lumpur: ISTAC.

Alim, A. (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Alim, A. (2014). Tafsir Pendidikan Islam, Jakarta: AMP Press.

Amir, U. i. (1431). Juhud Al Syaikh Al Allamah Bakr Abu Zaid Fi Addawah Ila Allah Taala, Madinah: Universitas Islam Madinah.

Ardiansyah, M. (2020). Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Aplikasinya Di Perguruan Tinggi, Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.

Arifin, Z. (2012). Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Jogjakarta: Diva Press.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Arrad, S. A. A. (2015). Pengantar Pendidikan Islam, Bogor. Marwah Indo Media (MIM).

Az-Zarnuji, (2019). Ta'limul Muta'allim (Pentingnya Adab Sebelum Ilmu), Solo: PT. Aqwam Media Profetika.

B. Miles, Matthew. dan Huberman, (1992). Analisa Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang Metode - Metode Baru), Jakarta: UI Press.

Badruzaman, et. all, (2018). Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Hasan Langgulung, Jurnal Pendidikan Islam Ta'dibuna, Vol. 7, No.

Baina, (2019). Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Kurikulum, Jurnal Al-Mutharahah: Vol. 16 No. 2. hlm. 281.

Bukhori, M. I. I. (2005). al-Adab al-Mufrad, Kairo: Dar Al-Hadits.

Daradjat, Z.. dkk. (tt). Metodelogi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara dan Departemen Agama Islam.

Darimi, (tt) Kitab Sunan al-Darimi, Bab Keutamaan Orang Yang Membaca Alquran.

Daud, W. M. N. W. (2003). Filsafat Praktik Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib. al-Attas, Terj. Hamid Fahmy Zarkasyi. et.al. , Bandung: Mizan.

Daud, W. M. N. W. (2013). Islamisasi Ilmu-Ilmu Kontemporer Dan Peran Universitas Islam (dalam Konteks Dewesternisasi Dan Dekolonisasi), Bogor: UIKA dan CASIS-UTM.

Denzin, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln, (2009). Handbook of Qualitative Reasearch, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dzahabi, S. D. M. A. ‘U. (1996). Siyar A'lan al-Nubala, Beirut: Muassasah al-Risalah, Vol. IX.

Fathuddin, T. M. & Natsir. (2008). Kuliah Akhlak (Kajian Sistematis Mengenai Akhlak Terhadap Allah dan Rasulullah SAW), , Bogor: Pesantren Baitussalam

Firmansyah, M. F. (2019). Kurikulum Pendidikan Indonesia: Antara Adab dan Intlektual. Jurnal Progresiva, Vol. 1 Nomor 1.

Hamat, A. (2016). Tabiyah Jihadiyah Imam Bukhari; Studi Anlisis Hadits-Hadits Kitab Jihad wa Siyar Shahih Bukhari, Jakarta Timur: Ummul Qura.

Hanafi. (2017). Urgesni Pendidikan Adab Dalam Pendidikan Islam. Saintifica Islamica: Jurnal Kajian Ke Islaman, Vol. 4 Nomor 1.

Husaini, A. (2011). Pendidikan Islam (Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab), Depok: Komunitas Nun.

Husaini, A. (2013) Pendidikan Karakter berbasis Ta'dib, Jurnal Tsqafah, Vol. 9, No.2.

Husaini, A. (2018). Pendidikan Islam: Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045 (Kompilasi Pemikiran Islam).

Idarudin, A.J., Alim, A. & Kattani, A. H. A. (2019) "Penerapan Model Pendidikan Akhlak Syaikh Utsaimin Di SDIT Al-Hidayah Bogor”. Jurnal As-Salam, Vol. 3 (No. 3), September-Desember, Bogor: Ibn Khaldun.

Ihsan, U. & Ihsan A. (2013). Aktualisasi Akhlak Muslim (13 Cara Mencapai Akhlak Mulia), Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi'i.

Ihsan, U. & Ihsan A. (2016). Ensiklopedi Akhlak Salaf (Plus 13 Cara Mencapai Akhlak Mulia), Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi'i.

Jamaah, I. (2005). Tadzkiratussami wal mutakallim fi adaabil Aaliim wal Muta'allim, Kairo: Darul Atsar.

Machsun. T. (2016). Pendidikan Adab, Kunci Sukses Pendidikan, El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, vol. 6 Nomor 2.

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid perspektif Ibn Jama'ah Al-Syafi'i, Jurnal Edukasi Islami, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.06, No.12.

Mubarok, Z., Tanjung, H., & Tamam, A. M. (2017). "Konsep Pendidikan Wirausaha Dan Kemandirian Bagi Anak Panti Asuhan”, International Jurnal of Islamic Education Ta'dibuna, Vol. 6, No. 1. p-ISSN: 2252-5793.

Muthoifin & Jinan, M. (2015) Pendidikan Karakater Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Pemikiran Dan Budi Pekerti Dalam Tinjauan Islam. Jurnal Propetika: Jurnal Studi Islam, Vol. 16, No. 2.

Nawawi, (2018). Adabul ‘Alim wal Muta'allim (Butiran-Butiran nasihat Tentang Pentingnya Ilmu, adab Mengajar dan Belajar, Serta Berfatwa), Yogyakarta: Diva Press.

Nu'aim, A. (1996). Hilyatul Auliya. Beirut: Dar Fikr. Jilid ke-4.

Rahman, N. A. (1997). The Semantict Of Adab In Arabic, Journal al-Shajarah, Volume 2 No. 2, Kuala Lumpur: ISTAC,1997.

Rasyidin, A. (2008). Falsafah Pendidikan Islam (Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Praktik Pendidikan), Medan: Ciptapustaka Media Perintis.

Salafy, A. M. A. S. (tt). Ash-Shawarin wal Asinnah. Lihat juga Syarah Al-Ihya' dan Kunuz Al-Ajdad.

Utsaimin, A. A. S. I. (2019). Syarah Hilyah Thalibil Ilmi (Akhlak Pencari Ilmu), Jakarta Timur: Akbar Media Eka Sarana.

Yazid, A. (2018). "Konsep Pendidikan Islam Dalam Pandangan Adian Husaini”, dalam JRTIE (Journal of Research and Thought of Islamic Education, Vol.1, No.1.

Yutisna, U. (2020) Etika Belajar dalam Islam, Jurnal: Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 7, No. 1.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Bahrudin, B., & Al-Kattani, A. H. (2022). Konsep kurikulum adab perspektif Syeikh Bakr Bin Abdullah Abu Zaid. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 221–238. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.7622

Issue

Section

Artikel