analisis pengaruh perekembangan teknologi terhadap kegiatan pasar tradisonal
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh perkembangan teknologi berdampak pada kegiatan pasar konvensional. Penelitian ini memfokuskan pada interaksi antara pedagang dan konsumen, efisiensi operasional, dan daya saing dengan pasar kontemporer.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan studi kasus dilakukan di beberapa pasar tradisional yang telah menggunakan teknologi seperti sistem pembayaran elektronik dan aplikasi pemasaran digital. Selain wawancara dan observasi langsung dengan pedagang dan konsumen, data dikumpulkan melalui penelitian literatur terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi memengaruhi pasar tradisional dengan cara ganda: ia meningkatkan efisiensi transaksi dan membuka pasar bagi pedagang yang mampu beradaptasi. Namun, beberapa pedagang menghadapi kesulitan untuk memahami dan menerapkan teknologi baru. Selain itu, tekanan dari pasar modern untuk beradaptasi dengan teknologi yang lebih cepat juga memengaruhi keberlangsungan pasar tradisional.
Agar pedagang pasar tradisional tetap kompetitif dalam menghadapi perubahan, penelitian ini merekomendasikan bahwa mereka membutuhkan program pelatihan teknologi dan dukungan kebijakan dari pemerintah untuk mendukung integrasi teknologi di pasar tradisional agar mereka dapat bersaing secara adil di era digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.