Formulasi Strategi Peningkatan Penjualan Cargo Service Center PT Citilink Indonesia di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32832/jm-uika.v11i1.2925Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor internal, eksternal dan formulasi strategi dalam meningkatkan penjualan pada komoditi General Cargo perusahaan. PT Citilink Indonesia membuat konsep baru bernama Cargo Service Center (CSC) yaitu channel penjualan kargo reguler yang berkonsep counter yang compatible dan accessible. Dengan menggunakan metode analisis SWOT diperoleh hasil, perusahaan berada di posisi ke-1 sebelum Lion Air dan Air Asia (matriks CPM) dan Matriks IE menunjukan posisi perusahaan di sel V yaitu hold and maintain (menjaga dan mempertahankan) atau stabilisasi, dengan total skor faktor strategi internal (2,45) serta total strategi eksternal (2,78), posisi perusahaan digambarkan pada kuadran II. Hasil analisis matrik IE, SWOT 4-K dan BCG terdapat dua Strategi Alternatif, yaitu : Penetrasi Pasar (Market Penetration) dan Pengembangan Produk (Product Development). Dalam Matriks QSPM dengan menggunakan strategi Pengembangan Produk (Product Development), strategi melakukan penambahan jenis komoditi mendapat nilai total daya tarik sebesar (5,66) sebagai prioritas I diikuti dengan strategi melakukan penambahan kapasitas freighter dengan total nilai daya tarik sebesar (5,42) sebagai prioritas II.
References
Amin, S. H., Yan, N., & Morris, D. (2018). Analysis of Transportation Modes by Evaluating SWOT Factors and Pairwise Comparisons: A Case Study. Multi-Criteria Methods and Technique Applied to Supply Chain Management, 57-74. doi:http://dx.doi.org/10.5772/intechopen.72882
David, F. R. (2016). Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing (15th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Maulana, G. (2018). Pengiriman Ekspor Udara Pada PT.Logwin Air and Ocean Indonesia Tahun 2018 – 2020 Jakarta Pengiriman Ekspor Udara Pada PT.Logwin Air and Ocean Indonesia Tahun 2018 – 2020 Jakarta. Institut
Transportasi dan Logistik Trisakti.
Munazat, M.A. (2017). Perumusan Strategi Bisnis Cargo Service Center Garuda Indonesia di Jakarta. Institut Transportasi dan Logistik Trisakti.
Muhammad, S. (2017). Manajemen Strategik : Konsep dan Alat Analisis (6th ed.). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis, Analisis SWOT. Jakarta: Kompas Gramedia.
Rizaldy, W., & Rifni, M. (2017). Manajemen Dasar Penanganan Kargo (Udara dari (Amin, Yan, & Morris, 2018)/ ke Laut Via Darat). Jakarta: In Media.
Rufaidah, P. (2013). Manajemen Strategik (Revisi). Bandung: PT Humaniora Utama Press.
Sihombing, S., & Muljadi, A.J (2014).Pengantar Manajemen (Revisi). Jakarta: Mitra Wacana Media
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swastha, B. (2018). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.
Taufik, M. I., & Suprajang, S. E. (2015). Analisis Threats, Oppurtunity, Weakness, Strengths (TOWS) Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada PR.Semanggimas Agung Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Manajemen Strategi, 2(2), 147–168.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).