PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SDN GUNUNG GEDE KOTA BOGOR

Authors

  • Nurul Anggraeni Teknologi Pendidikan FKIP UIKA
  • Mohammad Muhyidin Nurzaelani Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2733

Keywords:

Media Pembelajaran, Matematika, Multimedia Interaktif.

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu diantaranya: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Matematika dengan materi operasi hitung perkalian dan pembagian, (2) menguji tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE yang diantaranya meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelayakan multimedia pembelajaran interaktif dan objek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 di SDN Gunung Gede Kota Bogor. Uji kelayakan dilakukan dengan cara uji peorangan (One to One) terhadap 3 ahli, yakni ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media, dari hasil uji kelayakan 1) Multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Matematika tentang operasi hitung perkalian dan pembagian kelas 2 ini mampu untuk memudahkan guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di SDN Gunung Gede Kota Bogor. 2)  hasil uji coba perorangan yang dilakukan terhadap 3 ahli yakni ahli materi yang memperoleh penilaian keseluruhan sebesar 100%, ahli pembelajaran memperoleh hasil keseluruhan penilaian sebesar 86,67%, dan ahli media dengan jumlah kesuluruhan penilaian sebesar 95,00%. Selain itu juga dilakukan uji peorangan terhadap 3 peserta didik dengan jumlah keseluruhan penilaian sebesar 91,25% dan uji kelompok kecil terhadap 10 peserta didik dengan keseluruhan penilaian sebesar 85,75%. Penggunaan multimedia interaktif dalam kegiatan pembelajaran mampu untuk meningkatkan daya tarik dan mampu memudahkan guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran peserta didik.

References

Prawiradilaga, Dewi S. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana.

Subarinah, Sri. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

EACT. (2018). The Definition and Terminology Committee. [Online]. Tersedia di: https://www.aect.org/?pci/nike-air-max-homme-homme-air-max-2017-bleu-soldes-siv80.jpg/. Diakses 24 Maret 2019.

Sutirna, H. (2018). Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Hasyim, Adelina. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Tegeh, I Made, dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

31-01-2020

How to Cite

Anggraeni, N., & Nurzaelani, M. M. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SDN GUNUNG GEDE KOTA BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–72. https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2733

Issue

Section

Artikel