Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Fkip Universitas Ibn Khaldun Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6218Keywords:
Hard skill, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Soft skill.Abstract
Program MBKM memiliki tujuan salah satunya yaitu meningkatkan kompetensi soft skill dan hard skill lulusan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan softs kill dan hard skill mahasiswa sebagai dampak program MBKM. Metode penelitian menggunakan survey deskriptif dengan sampel 140 mahasiswa yang mengikuti program MBKM. Instrumen dibuat untuk mengukur peningkatan soft skill dan hard skill mahasiswa yang mengikuti program MBKM dengan 5 indikator untuk soft skill yaitu: (1) kemampuan komunikasi, (2) kemampuan menyelesaikan masalah, (3) kreativitas, (4) kemampuan menyelesaikan konflik, dan (5) kesadaran budaya lain. Sementara itu indikator hard skills yang dibahas dalam studi ini meliputi: (1) empati, (2) kemampuan bersosialisasi, (3) kemampuan menggunakan teknologi, (4) pemikiran kreatif dan inovatif, dan (5) kemampuan menulis dan mengadakan riset. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan soft skills mahasiswa dengan indikator tertinggi yaitu kreativitas sebesar 97.3%, dan terdapat peningkatan hard skills mahasiswa dengan indikator tertinggi yaitu pemikiran kreatif dan inovatif sebesar 96%.
References
Al Abduwani, T. A. (2012). The Value And Development Of Soft skills: The Case Of Oman. International Journal of Information Technology and Business Management, 2(1), 87-88.
Arsy, R. F. (2013). Metode Survei Deskriptif untuk Mengkaji Kemampuan Interpretasi Citra pada Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Universitas Tadulako. Jurnal Kreatif, 16(3), 62-72.
Asbari, M., Purwanto, A., Ong, F., Mustikasiwi, A., Maesaroh, S., Mustofa, M., ... & Andriyani, Y. (2020). Impact of Hard Skills, Soft Skills and Organizational Culture: Lecturer Innovation Competencies as Mediating. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 101-121.
Budiningsih, I., Soehari, T., & Marlison, M. (2020). Hard Skill VS Soft skill in The Achievement of Employees in Jakarta Mass Rapid Transit (MRT) Infrastructure Project. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02), 29-42. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.895
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Ihsan, D. (2020). Mendikbud: Soft skill dan Hard Skill Sama Pentingnya. Kompas.com. 18 Desember 2020. Diakses tanggal 24 Desember 2021. https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/08/205635971/mendikbud-soft-skill-dan-hard-skill-sama-pentingnya?page=all
Lavy, I., & Yadin, A. (2013). Soft skills An Important Key for Employability in the Shift to a Service Driven Economy" Era. International Journal of e-Education, eBusiness, e-Management and e-Learning, 3(5), 416-420.
Mahasneh, J., & Thabet, W. (2015). Rethinking Construction Curriculum: A Descriptive Cause Analysis for Soft skills Gap. ASC Annual International Conference Proceedings, 1-8.
Rahayu, S. (2013). Soft skills Attribute Analysis In Accounting Degree For Banking. International Journal of Business, Economics and Law, 2(1), 115-120.
Schulz, B. (2008). The importance of soft skills: Education beyond academic knowledge.
Sinarwati, NK. (2014). Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Mampu Meningkatkan Soft-Skill dan Hard-Skill Siswa? Jurnal Ilmiah Akuntansi & Humanika (JINAH, Undiksha, Singaraja, 2 (1): 1217. http://dx.doi.org/10.23887 /jinah.v3i2.4055
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vyas, P., & Chauhan, G. S. (2013). The Preeminence Of Soft skills: Need For Sustainable Employability. Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, 2(5), 124- 131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |