Pengembangan Modul Hypercontent Berbasis Karakter (Kreatif) Pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar Cetak

Authors

  • Khotifah Adami Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Mohammad Muhyidin Nurzaelani Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.9107

Keywords:

PBAC, Research And Development, Model Dick & Carrey

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengembangkan Bahan pembelajaran yang sesuai untuk mahasiswa Semester tujuh Teknologi Pendidikan Universitas Ibn Kahaldun Bogor pada mata kuliah PBAC, 2) Menghasilkan bahan belajar elektronik berbasis Pendidikan Karakter (Kreatif) yang tepat pada mata kuliah PBAC, 3) Menjelaskan cara mengembangkan bahan belajar elektronik berbasis Pendidikan Karakter (Kreatif) yang tepat pada mata kuliah PBAC dan, 4) Melakukan uji kelayakan produk agar mengetahui produk yang layak digunakan dalam proses pembelajaran PBAC. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research And Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carrey. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Teknologi Pendidikan semester 7 Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan, hasil penilaian kelayakan uji coba ahli desain pembelajaran terhadap modul yang dikembangkan adalah 99% Sangat Layak. Hasil penilaian kelayakan uji coba ahli media terhadap modul yang dikembangkan adalah 94% Sangat Layak.  Hasil penilaian kelayakan uji coba ahli materi terhadap modul yang dikembangkan adalah 85% Sangat Layak. Lalu hasil penilaian kelayakan uji coba one to one terhadap modul ini adalah 7,23% (Layak). Dan hasil penilaian kelayakan uji coba kelompok kecil terhadap modul ini adalah 7,31% (Layak).

References

Dasopong, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol.03.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, Vol. XI.

Herlina. (2019). Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis Hypercontent Pada Pembelajaran Tematik Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal Teknologi Pendidikan UNJ, Vol. 21.

Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali. Jurnal Qathruna, Vol.1.

Hidayat, M. R., & Rusijono. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Hypercontent Materi Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D Mata Pelajaran Animasi 2D dan 3D Kelas XI Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Taman. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(9)

Nurzaelani, M. N., Septiani, M., dan Maimunah. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Hypercontent Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTs). Jurnal Teknologi Pendidikan

Uno, H. B. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, D., Widyaningrum, R., & Ariani, D. (2017). Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Modul Berpendekatan Hypercontent. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(2), 57-65.

Wandini, R. R. & Sinaga, M, R. (2018). Games Pal Pos Membawa Surat Pada Sintex Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah, Vol. 06.

Downloads

Published

11-01-2023

How to Cite

Adami, K., & Nurzaelani, M. M. (2023). Pengembangan Modul Hypercontent Berbasis Karakter (Kreatif) Pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar Cetak. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 94–106. https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.9107

Issue

Section

Artikel