Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas VI SDIT Aladzieve Bogor

Authors

  • Rahmat Hidayat Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Mohammad Muhyidin Nurzaelani Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.9108

Keywords:

mind mapping, hasil belajar, penelitian tindakan kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menerapkan model pembelajaran media mind mapping pada pelajaran Ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan hasil belajar kelas VI SDIT Aladzieve, 2) Mengetahui apakah dengan di berikannya stimulus berupa menggunakan mdia mind mapping sebagai model pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SDIT Aladzieve, dan 3) Apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan mind mapping dengan beberapa siklus. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Stephen Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelas VI SDIT Aladzieve yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 14 orang anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa setalah menerapkan pembelajaran yang menggunakan pemetaan pemikiran (mind mapping) hasil belajar siswa terus mangalami peningkatan, pada pra siklus hanya ada 7 orang siswa yang tuntas (41%), pada siklus I naik menjadi  (76%) dan di siklus II siswa yang tuntas sudah mencapa 82%  sementara pada siklus akhir masih ada 3 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Selain meningkatnya nilai siswa dalam menggunakan mind mapping pada proses pembelajaran, mind mapping juga ikut merubah aktivitas belajar siswa dimana pada pra siklus 2,54 yang masuk dalam kategori cukup naik menjadi 3,63 pada siklus I yang masuk dalam kategori baik lalu naik menjadi 4,54 pada siklus II yang masuk dalam kategori sangat baik

References

Ahmadi & Supriyono. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Hamzah, B. U. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. (2003). Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Yasin, Salehudin & Borahima. (2010). Pengelolaan Pembelajaran. Makassar: Alauddin Press.

Published

12-01-2023

How to Cite

Hidayat, R., & Nurzaelani, M. M. (2023). Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas VI SDIT Aladzieve Bogor. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 107–117. https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.9108

Issue

Section

Artikel