Studi Literatur pada buku pemikiran pendidikan Islam di perguruan tinggi keagamaan Islam

Authors

  • Rahendra Maya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor http://orcid.org/0000-0002-6785-0777
  • Muhammad Sarbini Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor
  • Sarifudin Sarifudin Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2230

Keywords:

arkeologi pemikiran, pemikiran pendidikan Islam, tokoh pendidikan

Abstract

This study seeks to describe the literature books that examine the thinking of Islamic education figures in the frame of Islamic Education Thought which is widely used as a reference and popular in various Islamic religious colleges, both state and private, which are generally used by the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training or various departments and study programs that are under its auspices. From at least 15 literary books on Islamic education figures' thoughts that have been successfully traced and then further examined the substance of their contents, nine books are more feasible and better to be used as references or become primary sources. While the other six books can be used as support or secondary sources. The most original primary source is, of course, the original work of the character that is used as the object of study and is to be explored by the roots of Islamic education.

 

Abstrak

Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan buku-buku literatur yang mengkaji pemikiran para tokoh pendidikan Islam dalam bingkai Pemikiran Pendidikan Islam yang banyak dijadikan referensi dan popular di pelbagai perguruan tinggi keagamaan Islam, baik yang berstatus negeri maupun swasta, dimana umumnya digunakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan atau berbagai jurusan dan program studi dalam naungannya. Dari sedikitnya 15 buku literatur tentang pemikiran tokoh pendidikan Islam yang berhasil ditelusuri dan kemudian dikaji lebih lanjut substansi isinya berupa arkeologi pemikiran tokoh pendidikan Islam, terdapat sembilan buku yang lebih layak dan lebih baik untuk dijadikan referensi atau sebagai sumber primer. Sedangkan enam buku lainnya dapat dijadikan sebagai literatur penunjang atau sumber primer. Sumber primer yang paling orisinil tentunya adalah karya asli dari tokoh yang dijadikan sebagai objek kajian dan hendak digali akar pemikiran pendidikan Islamnya.

References

Alavi, S.M. Zianuddin. (2003). Pemikiran Pendidikan Islam pada Abad Klasik dan Pertengahan. Bandung: Angkasa dan UIN Press Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Al-Hí¢zimí®, K. ibn Hí¢mid. (2000). Ushí»l Al-Tarbiyah Al-Islí¢miyyah. Riyadh: Dí¢r 'í‚lam Al-Kutub.

Ali, S. Ismail, (2010) Pelopor Pendidikan Islam Paling Berpengaruh. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Kí®lí¢ní®, M. 'Irsí¢n. (1996). Ahdí¢f Al-Tarbiyah Al-Islí¢miyyah: Fí® Tarbiyah Al-Fard wa Ikhrí¢j Al-Ummah wa Tanmiyah Al-Ukhuwwah Al-Insí¢niyyah. Herndon Virginia: The International Institute of Islamic Thought.

Al-Mishrí®, M. ibn Mukarrim ibn Manzhí»r Al-Anshí¢rí® Al-Ifrí®qí®. (2009). Lisí¢n Al-'Arab, ed. 'í‚mir Ahmad Haidar dan 'Abd Al-Mun'im Khalí®l Ibrí¢hí®m. Beirut: Dí¢r Al-Kutub Al-'Ilmiyyah.

Al-Syaibí¢ní®, 'U. Al-Taumí®. (1988). Falsafah Al-Tarbiyah Al-Islí¢miyyah. Libia: Al-Dí¢r Al-'Arabiyyah li Al-Kití¢b.

Al-Yahyí¢, Y. ibn Ibrí¢hí®m. (1432 H.). Atsar Al-'Ulamí¢‘ fí® Masyrí»' Al-Nahdhah Al-Islí¢miyyah. Riyadh: Maktab Majallah Al-Bayí¢n.

Arif, M. (2008). Akar Involusi Konsep Pendidikan Islam: Studi Pustaka atas Tipologi Enam Buku Referensi Kependidikan Islam. Jurnal Penelitian Agama, XVII(1) Januari-April 2008.

Arif, M. (2008). Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LKiS.

Arifin, Y. (2018) Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam: Dari Klasik hingga Modern. Yogyakarta: IRCiSoD.

Assegaf, A. Rachman. (2013). Aliran Pemikiran Pendidikan Islam: Hadharah Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Farid, A. (2011). Pendidikan Berbasis Metode Ahlus Sunah wal Jama'ah. Surabaya: Pustaka: eLBA.

Farid, A. (2013). Biografi 60 Ulama Ahlussunnah: Yang Paling Berpengaruh & Fenomenal dalam Sejarah Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Harahap, S. (2014). Metodologi Studi Tokoh & Penulisan Biografi. Jakarta: Prenada Media Group.

Iqbal, A. Muhammad. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam: Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kau, S.A.P. (2013). Metode Penelitian Hukum Islam: Penuntun Praktis Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Kurniawan, S. dan Mahrus, E. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Langgulung, H. (1992). Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Mahmud. (2011) Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Majma' Al-Lughah Al-'Arabiyyah. (2010). Al-Mu'jam Al-Wasí®th. Mesir: Maktabah Al-Syurí»q Al-Dauliyyah.

Majma' Al-Lughah Al-'Arabiyyah. (2012). Al-Mu'jam Al-Wají®z. Mesir: Maktabah Al-Syurí»q Al-Dauliyyah.

Maya, R. dan Lesmana, I. Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(02).

Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Muslih, M. (2005). Filsafat Ilmu: Kerangka Atas Asumsi Dasar, Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Belukar. h. 163-195.

Muzakir, A. (2013). Tipologi Literatur Keagamaan Aktivis Muslim Kampus di Kota Jambi. Jurnal Liter Keagamaan, 11(2).

Nata, A. (2003). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nata, A. (2005). Tokoh-tokoh Pembaruan Pemikiran Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nata, A. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam & Barat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nizar, S. (2001). Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Qomar, M. (2005). Epistemologi Pendidikan Islam: Dari Metode Rasional hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga.

Qomar, M. (2013) Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Qomar, M. (2014) Menggagas Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis dan Nizar, S. (2010). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam: Mengenal Tokoh Pendidikan Islam di Dunia Islam dan Indonesia. Ciputat: Quantum Teaching.

Ridla, M. Jawwad. (2002). Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam: Perspektif Sosiologis-Filosofis. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Susanto, A. (2009). Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: AMZAH.

Suwito dan Fauzan (ed.). (2003). Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa.

Tobroni, et.al. (2018). Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam: Dari Idealisme Substantif Hingga Konsep Aktual. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Zubaedi. (2012). Isu-Isu Baru dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam dan Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Maya, R., Sarbini, M., & Sarifudin, S. (2019). Studi Literatur pada buku pemikiran pendidikan Islam di perguruan tinggi keagamaan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 259–277. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2230

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)