Pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah terhadap motivasi berprestasi siswa

Authors

  • Hafifa Dwi Fadilla Jurusan BK Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar
  • Ardimen Ardimen Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan ilmua Keguruan IAIN Batusangkar http://orcid.org/0000-0002-0731-688X
  • Fadhilah Syafwar Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan ilmua Keguruan IAIN Batusangkar
  • Emeliya Hardi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan ilmua Keguruan IAIN Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7113

Keywords:

Group guidance, muhasabah approach, achievement motivation

Abstract

Intellectual intelligence and talent are no longer the dominant factors that determine a person's success in learning, but are strongly influenced by achievement motivation. While the real conditions in the field found students have low achievement motivation. For this reason, student motivation needs to be improved. One of the efforts to increase achievement motivation is through group guidance with a muhasabah approach. The purpose of this study was to examine the effect of group guidance with a muhasabah approach on student achievement motivation. This study uses an experimental type of quantitative method with a one group pree-test-post-test design. Determination of the sample using purposive sampling technique with a sample of 15 students. Collecting data using the achievement motivation scale. Processing and data analysis using descriptive statistical analysis. The results of this study indicate that group guidance with a muhasabah approach has a significant effect on students' achievement motivation as seen from the increasing pleasure of students towards situations that require personal responsibility, students expect a return from their work and students tend to take moderate risks rather than low risks.

 

Abstrak

Kecerdasan intelektual dan bakat tidak lagi menjadi faktor dominan yang menentukan kesuksesan seseorang dalam belajar, namun sangat dipengaruhi oleh motivasi berprestasi. Sementara kondisi nyata di lapangan ditemukan siswa memiliki motivasi berprestasi yang rendah. Untuk itu, motivasi siswa perlu terus ditingkatkan. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi berprestasi adalah melalui bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah terhadap motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tipe eksperimen dengan one group pree-test- post-test design. Penetapan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 15 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi berprestasi. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa terlihat dari semakin meningkatnya rasa senang siswa terhadap situasi yang menuntut tanggung jawab pribadi, siswa mengharapkan balikan dari pekerjaannya dan siswa cenderung mengambil resiko yang moderat dibanding resiko yang rendah.

References

Afnilaswati, A., Meldawanti, M., & Ardimen, A. (2021). Konsep aplikasi landasan dan pendekatan religius dalam pelayanan konseling. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 7(2), 128-134.

Ardimen, A. (2018). Visi baru konselor sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dan madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22-29.

Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278-298.

Balgies, S. (2018). Pengaruh kepribadian big 5 terhadap motivasi berprestasi siswa MTSN. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 15(2), 34-42.

Dewi, K. M. S. (2018). Kontribusi Disiplin Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 152-159.

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas iv sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 201-212.

Harizta, A. D., & Ariati, J. (2017). Hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua dengan motivasi berprestasi pada siswa SMA negeri 2 semarang. Jurnal Empati, 6(1), 7-10.

Hidayah, N. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Iklim Keluarga melalui Motivasi Berprestasi, Sikap, dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 35-46.

Ismawati, L. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Di Kabupaten Gresik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 1(2), 091-104.

Kartam, H. A., Hulukati, W., & Puluhulawa, M. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(2), 49-55.

Latief, S., & Jamil, D. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 212-223.

Narni. (2015). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(2)

Pangestu, B., Parwata, I. G. L. A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 63-70.

Permana, H., & Haedari, A. (2020). Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Madrasah Aliyah. Coution: Journal of Counseling and Education, 1(1), 12-20.

Prayitno, & Amti, E. (2009). Dasar-dasar BK. Press UNP.

Priyono, P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Putra, E. M., Handarini, D. M., & Muslihati, M. (2019). Keefektifan achievement motivation training untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(2), 62-68.

Riza, M. F., & Masykur, A. M. (2015). Hubungan antara motivasi berprestasi siswa dengan kedisiplinan pada siswa kelas VIII reguler MTsN Nganjuk. Jurnal Empati, 4(2), 146-152.

Safitri, A., & Marjo, H. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Visual dengan Menggunakan Flipchart untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi melalui Layanan Bimbingan Kelompok. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 185-194.

Salamor, J. M. (2017). Hubungan antara pemberian reward dari guru dengan motivasi berprestasi siswa di SMA Kristen Halmahera Utara. Hibualamo: Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan, 1(1), 21-29.

Saqinah, N. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial, Motivasi Berprestasi Dan Keterlibatan Siswa Di Sekolah. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 53-64.

Sugiarti, R., Nurlaili, A., & Febriani, U. F. (2020). Pengaruh adversity quotient terhadap motivasi berprestasi pada siswa cerdas istimewa. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 4(1), 82-92.

Suprapto, E. (2015). Pengaruh model pembelajaran kontekstual, pembelajaran langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif. invotec, 11(1).

Susanto, H. P. (2016). Analisis hubungan kecemasan, aktivitas, dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika siswa. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134-147.

Syafaruddin, S., Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. A. (2019). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling: Telaah Konsep, Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.

Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 139-151.

Utomo, P., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2018). Peningkatan motivasi berprestasi siswa SMA melalui cognitive behavior counseling teknik self-instruction dan self-monitoring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 416-423.

Wijaya, S. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 33-42.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Fadilla, H. D., Ardimen, A., Syafwar, F., & Hardi, E. (2022). Pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah terhadap motivasi berprestasi siswa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 293–304. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7113

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.