Implementasi metode Number Head Together pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Pamekasan

Authors

  • Rudiyanto Rudiyanto IAIN Madura
  • Rifqi Afif El Ayyubi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7365

Keywords:

Siswa, Metode Numbered Head Together, Pendidikan Agama Islam

Abstract

This study aims to describe the application of the number head together learning method as well as the inhibiting and supporting factors in PAI subjects. This research is descriptive qualitative research. Sources of data were obtained through interviews, observation, and documentation. Data analysis using data reduction, data presentation, and data verification. The data obtained were checked for validity by extending the participation and triangulation of sources and methods. The results of the research show that the application of the number head together learning method is that the educator separates students into groups and each group is numbered then the educator asks questions for each group and asks each student to discuss it with their fellow group mates and the last step the educator calls one of the group numbers to respond to the questions he asks. In addition, it was found that the inhibiting factor was that some students joked during the activity, while the supporters were the availability of facilities owned by SMPN 5 Pamekasan.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran number head together serta faktor penghambat dan pendukung pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini, merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber datanya diperoleh melalui kegiatan interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dengan menggunakan reduksi data, penyajian data serta verifikasi data. Data yang diperoleh dicek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi sumber dan metode. Hasil riset menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran number head together yaitu pendidik memisahkan siswa ke dalam kelompok dan setiap kelompok diberi nomor kemudian pendidik mengajukan pertanyaan untuk setiap kelompok dan menyuruh kepada setiap siswa untuk saling mendiskusikannya sesama teman kelompoknya dan langkah terakhir pendidik memanggil salah satu nomor kelompok untuk menanggapi pertanyaan yang dia ajukan. Selain itu ditemukan bahwa faktor penghambatnya ada beberapa siswa yang bercanda pada saat kegiatan berlangsung, sedangkan pendukungnya tersedianya fasilitas yang dimiliki oleh SMPN 5 Pamekasan.

References

Daulay, H. P. (2016). Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Kencana Media.

Dusulan & Saifullah. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Matriks Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wera Bima. Pedagogos, 2(1), 59.

Ginting, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 014 Gurun Panjang Dumai. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Pendidikan, 2(1), 2.

Haerana. (2016). Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Media Akademi.

Hermawati. (2019). Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS di Kelas Tinggi. Ummi, 13(02), 149.

Huda, M. (2014). Coperative Learning. Pustaka Belajar.

Kosim, M. (2013). Pengantar Ilmu Pendidikan. Pena Salsabila.

Retnani, F. Y. (2014). Penerapan Metode Numbered Heads Together Disertai Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Materi Struktur Atom, Sistem Periodik Dan Ikatan Kimia Kelas XI IPA 4 SMAN 2 Boyolali Tahun Pelajaran 20213/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 03(03), 57.

Rudiyanto, D. (2022). Pembelajaran PAI berbasis Problem Based Learning di SMAN 1 Pamekasan. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 8(3), 892.

Setiyana, R. (2018). Penerapan Metode Number Head Together Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa Akuntansi Pada Universitas Teuku Umar. Akbis, 2(1), 64.

Solichin, M. (2017). Psikologi Belajar dengan Pendekatan Baru. Pena Salsabila.

Suwarno, W. (2017). Dasar Ilmu Pendidikan. Ar-Ruz Media.

Yeni, R. F. (2016). Penggunaan Metode Number Head Together Dalam Pembelajaran Matematika. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33.

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Rudiyanto, R., & El Ayyubi, R. A. (2022). Implementasi metode Number Head Together pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Pamekasan. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 379–387. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7365

Issue

Section

Artikel