Model mentoring pembinaan akhlak santriwati di Perguruan Islam Ar-Risalah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7761

Keywords:

Mentoring, Perguruan Islam Ar-Risalah, Santriwati

Abstract

Ar-Risalah Islamic College is an Islamic school with a dormitory system that focuses on fostering the morals of female students. The purpose of the study was to describe the mentoring model at the Ar-Risalah Islamic College in fostering the morals of students. This study uses a qualitative method. Data collection techniques are interviews, observation, and documentation. The interactive method of Miles and Huberman was used in data analysis in this study. Research shows that 1) Mentoring is the main means of moral development that has forms of activities such as recitations of the Qur'an, reading prayers, cults, rihlah, qodhoya, to cooking together. 2) moral development through mentoring in Ar-Risalah is carried out in three stages, namely worship development, character building, and environmental cleanliness. 3) supporting factors and inhibiting factors in the process of moral development a) supporting factors in the form of the closeness of mentors to students, where mentoring activities are easily accessible, is a mandatory program at Ar-Risalah Islamic College b) inhibiting factors in the form of time, number of students who attend, busyness mentors and the lack of self-awareness of the students.

 

Abstrak

Perguruan Islam Ar-Risalah adalah sekolah Islam dengan sistem asrama yang fokus kepada pembinaan akhlak santriwati. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan model mentoring di Perguruan Islam Ar-Risalah dalam membina akhlak santriwati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik Pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode interaktif dari Miles dan Huberman digunakan dalam analisis data pada penelitian ini. Penelitian menunjukkan bahwa 1) Mentoring merupakan sarana utama dalam pembinaan akhlak yang memiliki bentuk-bentuk kegiatan seperti tilawah Al Qur'an, pembacaan doa, kultum, rihlah, qodhoya, sampai memasak bersama. 2) pembinaan akhlak melalui mentoring di Ar-Risalah dilakukan melalui tiga tahap yaitu pembinaan ibadah, pembinaan karakter dan kebersihan lingkungan. 3) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembinaan akhlak a) faktor pendukung berupa Kedekatan pembimbing dengan santriwati, tempat kegiatan mentoring mudah di jangkau, merupakan program wajib di Perguruan Islam Ar-Risalah b) faktor penghambat berupa waktu, jumlah santriwati yang hadir, kesibukan para pembimbing dan kurangnya kesadaran diri dari santriwati.

Author Biography

Rengga Satria Satria, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Agama Islam

References

Abdullah, R., & Sulaiman, S. (2021). Peranan Organisasi Islam Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. An-Nuha, 1(2), 143-151.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Deepublish.

Ar-Risalah, Y. W. (2019). Profil Yayasan Waqaf Ar-Risalah.

Ar-Risalah, Y. W. (2021). PPDB Perguruan Islam Ar Risalah TP 2022-2023.

Aulya, G. K., Supriadi, U., & Fakhruddin, A. (2017). SISTEM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Sistem Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMAN 3 Bandung). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), 44. https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6991

Creswell, J. (2010). Mapping the developing landscape of mixed methods research. In A. Tashakkori, & C. Teddlie SAGE handbook of mixed methods in social & behavioral research (pp. 45-68). SAGE Publications, Inc., https://dx.doi.org/10.4135/9781506335193.n2

Hadiono, A. F. (2015). Peran Pesantren Darussyafa'Ah Dalam Membina Akhlak Remaja Di Desa Kesilir Kecamatan Siliragung. Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam, 7(1), 80–95.

Lubis, A. S. (2012). Konsep akhlak dalam pemikiran al-Ghazali. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 6(1), 58–67.

Marfuah, D. (2021). Peran Guru PAI Dalam Menanggulangi Kemerosotan Akhlak Siswa Korban Miras di SMP Negeri 31 Buru. [Disertasi], IAIN Ambon.

Misanti, M. (2020). Model Pembinaan Akhlak Berbasis Sinergi Keluarga dan Sekolah (Studi Kasus Di MI Alam Islamic Center Ponorogo). [Disertasi], Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Mustika, M., & Wirdanengsih, W. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Program Mentoring Studi Kasus: SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Kota Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 109–119. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i2.18

Rahmawati, R. (2018). Peran Akhlak Tasawuf dalam Masyarakat Modern. Al-MUNZIR, 8(2), 229–246.

Sepwina, R. (2020). Perguruan Islam Ar Risalah: Kehidupan Siswi di Asrama 2004-2019. [Disertasi], Universitas Andalas.

Sofiana, N. E. (2020). PENDIDIKAN KEMANDIRIAN PEREMPUAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRIWATI DI ORGANISASI SISWA PONDOK MODERN AR-RISALAH PONOROGO. In Prosiding AnSoPS: Annual Symposium on Pesantren Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 1-15).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Satria, R. S., & Husna, S. F. (2022). Model mentoring pembinaan akhlak santriwati di Perguruan Islam Ar-Risalah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 411–423. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7761

Issue

Section

Artikel